Sabtu, 27 Agustus 2016

Pantai Punaga, Tempat Wisata Yang Keren!

Guys! Para backpackerlakukan perjalanan wisata kalian ke pantai memang mengasyikkan sebab saat ke pantai memang memberikan kesejukan angin laut, kalian juga dapa melihat putihnya pasir dan jernihnya air. Nah, kali ini penulis memberikan referensi tempat wisata yang enak bagi para pecinta beach.



Di daerah Sulawesi Selatan, punya cukup banyak pantai yang keren sangat terkenal ke berbagai penjuru loh. Namun ada sebuah pantai bernama Pantai Punaga di Kabupaten Takalar mungkin belum banyak yang tahu. Pantai Punaga adalah sebuah kawasan wisata yang baru dikembangkan dan terletak di ujung kabupaten Takalar. Lokasinya benar-benar di ujung jika kalian melihatnya pada peta, Pantai Punaga bukanlah pantai yang memiliki pasir putih melainkan sebuah pantai yang memiliki tebing batu karang cantik dipandang mata.

Kawasan pantai punaga cukup mudah di jangkau, pantai punaga terletak di Kabupaten Takalar, desa Punaga, Kecamatan Mangarabombang. Jika kalian berangkat dari kota  Makasar kalian hanya butuh waktu 1 jam untuk sampai disana. Dari jalan poros takalar anda masuk ke kawasan puntondo karena pantai ini dekat dari puntondo.

Selama di perjalanan kalian juga akan disuguhi pemandangan berupa padang rumput yang digunakan warga menggembalakan sapi, anda juga akan melihat warga yang asyik menata rumput laut yang akan di jemur maupun di tanam di pinggir laut. Mayoritas masyarakat disini memang bekerja sebagai pembudidaya rumput laut dan nelayan. Banyak-banyaklah bertanya kepada warga sekitar agar tidak salah jalur karena tempat ini cukup terpencil dan banyak jalan yang bercabang-cabang. Saat sudah mendekati kawasan kira kira sepanjang 10 km kalian pasti  akan melewati kawasan perkebunan disini tidak ada lagi warga yang kita temui, tetapi tidak usah khawatir ya, karena perjalanan selanjutnya kalian akan dituntun oleh petunjuk jalan yang dipasang pada setiap pertigaan menuju pantai Punaga sehingga setiap pengunjung dipastikan tidak akan tersesat selama mengikuti semua petunjuk tersebut.
Saat memasuki kawasan pantai punaga terlihat banyak pekerja yang merampungkan objek wisata ini, terlihat bahwa tempat ini sudah hampir 90% siap digunakan oleh pengunjung, biaya masuk ke tempat ini masih gratis karena belum diresmikan. Memasuki kawasan ini pengunjung disuguhi dengan tanaman yang tertata rapi, beberapa gazebo yang viewnya menghadap ke laut, beberapa buah pohon besar yang ada membuat kawasan ini sejuk walaupun di siang hari, di belakang gazebo terlihat akan dibangun kolam renang yang akan menambah nuansa keindahan tempat ini nantinya. Pada bagian ujung pantai ini terdapat tebing besar dan cukup luas, tebing ini dipertahankan dan dibiarkan modelnya tetap alami. Saat berada di tebing ini penulis  menyarankan sebaiknya kalian lebih hati-hati karena lantainya yang masih cukup tajam bagi kaki kita. Di pantai punaga tidak memiliki pasir putih tetapi air lautnya tetap jernih yang membuat siapa saja tertarik untuk mandi di ujung tebing pantai punaga, bagi pengunjung yang ingin mandi sudah disediakan beberapa anak tangga yang langsung menuju ke laut. Jikal kalian datang di sore hari cobalah untuk tinggal sejenak menunggu hingga datangnya cahaya orange dari matahari tenggelam. Dari lokasi ini nantinya kalian dapat leluasa menikmati keindahan sunset tanpa ada yang menghalangi pandangan. Kapan lagi coba kalian menyaksikan sunset yang indah di pantai? Sayang untuk dilewatkan ya sahabat backpacker!



Pantai Punaga, Tempat Wisata Yang Keren! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar