Minggu, 28 Agustus 2016

DAFTAR TEMPAT WISATA DI LAMPUNG PALING FAVORIT

Wisatatiga.com-sebelum kita membahas tentang daftar objek wisata di Lampung alangkah baiknya mengenal terlebih dahulu tentang Lampung.

Lampung merupakan provinsi yang paling ujung di sumatra, tapi bukan Aceh loh karena letaknya paling selatan. Dalam sejarah, Lampung merupakan pecahan dari sumatera selatan yang kemudian membentuk provinsi sendiri guna pemekaran wilayah untuk mempermudah pengurusan administratif. wilayah timur, Lampung berbatasan dengan Laut Jawa, wilayah utara berbatasan dengan Sumatera Selatan dan barat bertemu langsung samudra hindia, sedangkan selatan berbatasan dengan banten. masyarakat Lampung sendiri secara umum terbagi mejadi dua yaitu abung dan pesisir, mereka mempunyai dua dealek dalam penggunaan bahasa diataranya dialek O dan Dialek Api. Di Provinsi Lampung sediri, masyarakat Asli menjadi masyarakat minoritas dan kebanyakan masyarakatnya berasal dari suku pendatang seperti generasi orang-orang Jawa, bahkan asli orang Jawa di Lampung Mencapai 60%. Dari segi pekerjaan, secara tradisional mereka lebih banyak berkebun ketimbang bertani . banyak dari mereka berkebun disektor seperti lada, kopi, duku/lansep dan kelapa.

Dalam sejarah penjajahan, Lampung mempunyai daya tarik tersendiri bagi hindia belanda dari hasil kebunnya, yaitu Lada. Hampir sejak penjajahan hingga kemerdekaan Lampung menjadi provinsi Lada terbesar, baik untuk menyuplai kebutuhan nusantara maupun dunia. Namun, saat ini lada begitu sepi dan banyak dari masyarakatnya mengganti dengan tanaman lain seperti seingkong, sawit dan kopi atau kopi coklat sehingga Indonesia hanya menjadi negara kedua penyuplai lada terbesar di dunia setelai vietnam. Padahal sebelumnya, Indonesia menjadi penyuplai lada terbesar di dunia hingga mampu memenuhi 80% dan sisinya 20% dipenuhi oleh negara-negara lain. saat ini ada beberapa sektor perkebunan dan sumber daya alam yang menjadi unggulan hingga  tinggkat nasional seperti Gula, Singkong, Udang dan wisata. Walapun dibidang wisata tidak menonjol, namun ada beberapa tempat wisata  telah di akui dunia seperti ombak Pantai Tanjung Setia, Lumba-lumba dan hutan sebagai tempat konservasi Gajah, Badak Jawa dan Harimau Sumatra.

Dari segi Wisata Alam Lampung, kebanyakan berada di Teluk Lampung yang berada di tiga kabupaten seperti Lampung Selatan khususnya Kalianda, Pesawaran dan Tanggamus serta sebagian kecil di Kabupaten Pesisir Barat dan Lampung Barat. Namun dua kabupaten tersebut memiliki tempat wisata yang masih Alami dan tidak kalah dengan pantai yang ada di Lombok.  Untuk pendakian, Ada beberapa gunung yang sering dijadikan pendakian bagi Mahasiswa Lampung, seperti Gunung Rajabasa, Gunung Betung dan Gunung Pesagi, dari ketiga gunung tersebut memiliki karakter kesulitan dan rintangan yang berbeda dan merekalah yang pernah mencoba satu persatu bisa mengunggkapkanya hehe.  sejak tahun 2009 pemerintah Lampung telah mencanangkan untuk meningkatkan wisata di Provinsi tersebut, hal itu didukung oleh Event-event dan Festival besar yang bertujuan untuk mempromosikan wisata di Lampung. beberapa Festival di antaranya Festival Sakura, Festival Krakatau, Festival Teluk Stabas, Festival Teluk Semaka dan Festival Way Kambas.

Lampung sendiri mempunyai tarian adat sebagai salah satu kekayaan budaya yang dimiliki. Ada dua tarian yang sangat terkenal yaitu Tari Sembah dan Tari Melinting, jika dalam acara resmi yang di adakan oleh pemerintah maka undangan akan di sambut dengan tarian sembah yang begitu elok untuk kita saksikan. Selain itu, Lampung juga mempunyai pakaian khas daerah, yang biasa disebut sebagai Pakaian Tapis yang mempunyai corak keemasan dengan sulaman bermotif. Saat ini pakaian khas Lampung lebih banyak di pakai ketika acara-acara besar seperti pernikahan. Ada beberapa muda-mudi yang melestarikan pakaian adat dengan motif lebih modern, hal itu dilakukan untuk menarik agar pemuda bisa lebih mencintai kekayaan budayanya.

BERIKUT DAFTAR TEMPAT WISATA DI LAMPUNG PALING FAVORIT

Ada banyak sekali tempat wisata yang ada di Lampung, baik itu lokal maupun wisata yang sudah terkenal hingga manca negara. Saat ini Lampung masih terbilang tidak begitu banyak wisatawan yang datang ke Lampung baik dari Provinsi lain dan juga Mancanegara jika dibandingkan dengan Lombok, Bali dan Yogyakarta. Sebenarnya tempat-tempat wisata Lampung tidak kalah indah dari tiga provinsi yang telah disebutkan, mungkin karena kurang promosi, Infrastruktur tidak mendukung dan kepedulian masyarakatnya akan kearifan lokal sangat minim. Baiklah, mari kita simak beberapa tempat wisata yang harus anda kunjungi di Provinsi Lampung.

Taman Nasional Way Kambas
Jalan-jala di Way Kambas bersama pawang gajah

Segerombolan Gajah Penghuni Way Kambas

Tempat wisata di Lampung ini mungkin tidak asing lagi bagi warga negara Indonesia, salah satu taman nasional yang menjadi tempat konservasi hewan yang bertubuh besar. Yah disini anda bisa menemui puluhan bahkan ratusan gajah, baik itu liar maupun jinak. Pada umumnya gajah liar berjalan bergerombolan ditengah hutan sehingga anda agak sulit untuk enemukanya kecuali dengan panduan petugas disana. Yang menjadi sangat menarik disini ialah anda akan merasakan lebih dekat dengan gajah-gajah, biasanya mereka bersama sang pawang ketika beraktivitas siang hari dan itu yang jinak loh. Nah, jika anda datang ke Way Kambas jangan lupa untuk persiapakan makanan, biasanya mereka suka dengan buah-buahan. Apabila anda tidak mempunyai uang cukup untuk membeli buah-buahan, cukup membawa pelepah kelapa muda yang banyak. Disinilah sensi yang menyenangkan, memberi makan gajah secara bebas. Untuk memberi makan, biasanya lebih bagus ketika mereka sedang mandi karena anda bisa mengambil foto tanpa takut terinjak. untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel berikut: Wisata Ke Taman Nasional Way Kambas

Wisata di Teluk Kiluan
sekolompok lumba-lumba

Wisatawan sedang menyaksikan lumba-lumba

Nah, ini ni tempat yang sangat cocok bagi kamu yang penyuka binatang. Di tempat ini anda akan bertemu puluhan bahkan ratusan lumba-lumba, Asyik bukan ?. di teluk kiluan memang menjadi surganya mamalia pintar, karena tempat tersebut merupakan perlintasan atau jalur migrasi lumba-lumba. Maka tak heran,  jika kamu akan memukannya dengan mudah. Jika anda ingin bertemu lumba-lumba, maka harus siap-siap ke pantai lepas di teluk tersebut. Untuk mencapainya, anda bisa menggunakan perahu masyarakat setempat yang biasa digunakan untuk mengantarkan wisatawan bertemu lumba-lumba. Jika perlu, anda meminta untuk bertemu sedekat mungkin kepada nahkoda kapal, dannn jangan lupa bawa foto untuk mengabadikan moment tersebut. Oleh karena itu, Teluk Kiluan menjadi Tempat Wisata Favorit di Lampung . untuk lebih lengkapnya, anda bisa membaca artikel berikut

Wisata di Tanjung Setia
Aktifitas Peselancar

Aktifitas Peselancar

Tempat ini menjadi destiniasi wisata Lampung berkelas internasional, maka tidak heran yang datang ketempat ini banyak dari turis. Mereka hanya mencari ombak yang tinggi untuk berselancar, jauh-jauh dari negaranya,  mereka hanya datang untuk berselancar menikmati ombak Tanjung Setia. Tidak hanya ombak nya saja yang menjadi daya tarik, keindahan pantai ini juga memicu rasa penasaran untuk datang. biasanya turis yang datang ke pantai ini ketika ombak sedang besar, itu berarti, pantai tanjung setia tidak selalu ramai oleh turis, hanya waktu-waktu tertentu. Namun, bukan berarti wisata di pantai tersebut sepi, hanya berkurang pengunjungnya. Nah, untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel berikut ini: Indah Wisata Tanjung Setia Lampung Barat

Pantai Mutun
Suasana di Akhir Pekan

Pulau Tangkil

Wahana di Pantai Mutun

Mutun menjadi salah satu Wisata Pantai di Lampung yang banyak dikujungi oleh masyarakat lokal. Hampir tiap hari pantai tersebut mendapat kunjungan, baik muda mudi maupun orang dewasa. Pantai tersebut memang mejadi tempat untuk rekreasi keluarga, karena dekat dengan pusat kota maka mayoritas yang datang kebanyakan berasal dari Bandar Lampung. untuk masuk kepantai tersebut anda akan dikenakan uang sebesar 10,000. Banyak yang bisa anda nikmati di pantai ini, mulai dari berenang dipinggir pantai, bermain seluncur dan snorkling juga bisa anda lakukan. Untuk sampai ke Pantai Mutun, anda memerlukan waktu 1 jam perjalanan dari Bandar Lampung dengan kecepata santai. Oh iya, anda juga dapat menikmati pulau disebrang pantai ini yaitu Pulau tangkil. jika anda muda-mudi bisa jadi ini pilihan yang tepat. 

Pantai Klara
Kejernihan Air di Pantai Klara

Pintu Gerbang Masuk Pantai Klara

Suasana Pantai yang Nyaman

Pantai ini menjadi tempat wisata pantai alternatif di Lampung, walapun demikian bukan berarti tempat ini tidak bagus, bahkan sangat indah. Disini kamu akan dimanjakan oleh hamparan pasir putih bersih, air yang jernih dan suasana tenah. Setiap akhir pekan, pantai ini ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan dari liburan anak-anak sekolah, muda-mudi hingga keluarga. Karena pantainya landai, anda tidak perlu khawatir berenang menikmati air laut, siapa tahu anda bisa menemukan binatang laut yang indah seperti bintang laut biru atau sebagainya. Nah, untuk datang ke Pantai Klara, anda tinggal jalan lurus dari arah Pantai Mutun. Pasti tidak tersesat ko karena berdekatan, mungkin perlu perjalanan 15 menit dari Pantai Mutun, oke semoga anda bisa liburan ke Pantai Klara ya.

Pantai Pasir Putih
Suasana Pantai

orang-orang sedang menikmati bermain air

Pasir putih juga menjadi  wisata andalan  Lampung, selain pemandangannya memang indah hamparan pasir putih mejadi daya tarik pantai ini. pantai ini menjadi salah satu sekian banyak pantai yang ada di Lampung yang dikelola sudah cukup lama. Tah hayal, jika pantai ini tidak ada yang tidak mengenalnya di masyarakat Lampung. Pasir Putih biasanya di kujungi oleh anak-anak yang sedang tour untuk berlibur dan keluarga. Seperti pantai pada umumnya, Pasir Putih ramai ketika akhir pekan. Jika anda berminat untuk mengeksploitasi Pantai Pasir Putih, silahkan datang ke Kalianda, Lampung Selatan. Dari Bandar Lampung memakan waktu 1 Jam. Untuk info yang lebih lengkap anda bisa membaca artikel berikut ini: Wisata Pasir Putih, Lampung

Kepuluan Krakatau
Perjalanan Menuju Kepulauan Krakatau

Turis sedang melihat pemandangan saat di perjalanan

Lokasi wisata di Lampung ini berada di dekat provinsi banten.  di kepulauan krakatau anda dapat melihat gunung aktif dengan letusan terkuat di dunia, walapun tinggal anaknya anda dapat belajar dan mengingat sejarah bagaimana ledakan dasyat bisa tejadi.  Saat ini kepulauan krakatau dijadikan sebagai wisata edukasi di Lampung, karena kamu akan banya mengetahui bagaimana gunung anak krakatau tersebut terbentu dan mengetahui tentang  vulkanik. Tidak hnya edukasi yang aka kamu dapet, karena keindahan gunung tak kalah mempesona, lingkungan yang menarik untuk kamu rasakan dan juga suasana baru dalam berwisata. Untuk pembahasan yang lebih mendalam, silahkan anda membaca pada artikel berikut ini: Wisata Kepulauan Krakatau, Lampung

Air Terjun Putri Malu
Air Terjun di Padati pengunjung


Lampung juga memiliki air terjung yang cukup indah, ini artinya anda dapat menikmati wisata air terjun di Lampung. Air terjun tersebut bernama Air Terjun Putri Malu, malu bisa diidentikan keberadaanya yang jauh dari keramaian. Air terjun tersebut tidak pernah sepi pengunjung, rata-rata mereka ingin menikmati suasana alam dan mandi di area Air terjun. Jika anda sewaktu-waktu datang ke Lampung bisa menyempatkan untuk datang dan menikmati air terjun ini, apalagi anda menempuh perjalanan jauh dari provinsi lain, pasti rasa lelah akan hilang seketika. Jika sudah sampai dan menikmati, jangan lupa mengabadikan moment tersebut dengan berfoto-foto atau selfi.

Lembah Hijau

Salah satu wahana di Lembah hijau

Lembah hijau adalah tempat wisata keluarga di Bandar Lampung yang mudah di jangkau bagi masyarakat perkotaan. Di tempat ini anda dapat menemukan berbagai satwa dan burung, bahkan beberapa satwa liar sudah jinak, andapun bebas untuk memegangnya dan foto bersama. Selain itu, ada beberapa wahana yang bisa anda nikmati seperti air, kolam berenang dan sebagainya. Tempat ini memang cocok bagi kamu yang ada di Bandar Lampung yang ingin berlibur tanpa harus meninggalkan rumah terlalu jauh. Biasanya terdapat pertunjukan disetiap satwa setiap hari libur, tentunnya anda dapat melihat lucunya hewan yang tampil.

Taman Purbakala Pugung Raharjo
Tempat singgah yang ada di kawasan situs

Gunung Berundak-undak yang penuh misterius

Salah satu peninggalan prasejarah

Bagi anda yang suka sejarah dan peninggalan purba, anda bisa mencoba Wisata Sejarah di Lampung dengan mengunjungi Taman Purbakala Pugung Raharjo yang terletak di Kabupaten Lampung Timur. Di tempat ini anda bisa melihat jejak manusia purba yang tinggal di wilayah Lampung dengan peninggalan-peninggalan yang masih terjaga dengan baik. Untuk sampai ketempat ini, anda harus menempuh 52 KM dari Kota Bandar Lampung dan memerlukan waktu 1 sampai 2 jam. berikut ini penjelasan lebih panjang ; Inilah Situs Purbakala Lampung Timur  dan Lampung, Penyimpan Banyak Sejarah Megalitik

Menara Siger
Menara siger

Suasana di malam hari

Jika anda datang ke Lampung dari pulau Jawa menggunakan kepal laut, tentu anda akan di sambut oleh menara siger. Menara ini sebagai tanda titik nol Jalan lintas sumatra, dana pembangunan yang mencapai miliaran ini menjadi kebanggaan masyarakat Lampung. anda dapat mengunjungi Menara Siger dengan uang masuk murah karena dipergunakan sebagai parkir dan kebersihan saja. Anda juga dapat melihat pemandangan lalu  lalang kapal di pelabuhan Bekauheni. Tempat ini memang cocok untuk bersinggah ketika berpergian ke Provinsi lain di sumatra atau ingin ke Pulau Jawa.

Pantai Sari Ringgung
Pengunjung

Aktifitas yang ada di wisata sari ringgung

Ada satu lagi yang masuk daftar tempat wisata di Lampung, yaitu Pantai Sari Ringgung. Pantai ini wajib bagi anda yang ingin berlibur bersama teman-teman, keluarga dan karib kerabat. kamu akan menemukan pasir putih bersih, air yang jernih dan suasan alam yang dapat menghilangkan rasa penat dan lelah.

Demikian beberapa wisata favorit yang ada di Lampung, semoga bermanfaat.

DAFTAR TEMPAT WISATA DI LAMPUNG PALING FAVORIT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar