Sabtu, 27 Agustus 2016

Menelusuri Indahnya Goa Hawang yang Tersembunyi di Pedalaman Kei


Guys! Mitos dan legenda merupakan salah satu hal yang seringkali ditemukan di setiap sudut tempat di Indonesia ya, para traveler. Tidak terkecuali juga dengan lokasi-lokasi wisata, yang terkadang selalu dikaitkan dengan mitos dan legenda yang dituturkan oleh masyarakat sekitar. Biasanya mengenai asal mula dari lokasi tersebut hingga bisa menjadi seperti yang terlihat sekarang. Selain itu para traveler juga biasanya mendengar mengenai hal apa yang tidak boleh dan boleh dilakukan ketika berada di lokasi tersebut.

Berbicara mengenai mitos dan lokasi wisata, maka hal tersebut juga bisa dirasakan di sebuah lokasi bernama Goa Hawang. Goa Hawang merupakan sebuah lokasi wisata yang terletak di Desa Letvuan, 15 km dari Langgur atau Tual, Kepulauan Kei. Perlu para traveler ketahui Goa ini dikenal sebagai destinasi wisata yang cukup tersembunyi loh. Hanya saja masih  memiliki mitos menarik di belakangnya yang akan membuat perjalanan para travelersemakin menarik.

Yuk  memabahas mengenai mitos yang paling terkenal di Goa Hawang sendiri. Mulanya mitos tersebut merupakan kutukan batu yang membuat seorang pria dan anjingnya berubah menjadi batu setelah mereka meminum air dalam goa tersebut namun kemudian malah mengeluarkan sumpah serapah. Kemudian nama Hawang sendiri juga jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti arwah, sebab sebagian besar masyarakat di sana masih percaya jika di goa yang memiliki keindahan berupa kolam air sangat jernih beserta stalagtit cantik tersebut masih banyak didiami oleh hantu.

Beralih dari mitos masyarakat, di lokasi wisata yang terletak di Desa Letvuan 15 km dari Langgur, ketika para traveler ke sana, mungkin para traveler akan menemukan daya tarik utama yang dimiliki adalah batuan stalagtit yang sangat menarik. Di sana juga para traveler bisa melihat bagaimana perwujudan dari batu kutukan yang dimitoskan oleh masyarakat sekitar tersebut. Selain itu yang paling pasti menjadi daya tarik dari tempat tersebut para traveler ketahui, adalah air dalam kolam alami di dalam goa yang sangat teramat indah berwarna biru dan sangat jernih.  Para traveler, perlu tahu juga ya, bahwa air tersebut ternyata berasal dari sumber air dalam tanah. Dimana lokasinya sendiri yang sangat menawan membuat banyak orang yang ingin datang ke goa Hawang tersebut dan juga bahkan hingga mencoba diving di lokasi yang sangat indah tersebut loh.

Tidak hanya itu saja para traveler. Sumber yang berhasil penulis temukan adalah terdapat dua buah lubang di goa Hawang ini, dan uniknya ya, lubang tersebut dihubungkan oleh sumber air bawah tanah, sehingga ketika saat mencoba divingdari satu lubang traveler akan muncul kembali dan tembus menuju ke lubang selanjutnya.
Selama berwisata menuju ke Goa Hawang, sebaiknya para traveler  membawa perbekalan secukupnya, sebab disana tidak ada kios atau warung yang dapat menjual makanan dan minuman di dekat Goa Hawang. Untuk menginap, mungkin para traveler bisa mencoba mencari penginapan atau guest house yang dekat dengan pantai Ngur Bloat yang hanya berjarak 20 menuju ke Goa Hawang.


Nah jika kalian tertarik berlibur dengan menikmati keindahan alam sekaligus dapat mengeksplorasi alam secara lebih dalam lagi, Mari ajak teman sahabat untuk dapat menjelajahi alam dengan cara membagikan artikel  ini atau mungkin langsung mengunjungi Goa Hawang.


Menelusuri Indahnya Goa Hawang yang Tersembunyi di Pedalaman Kei Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar