Sabtu, 27 Agustus 2016

Nih Guys! Tempat Wisata Keren di Poso Sulawesi Tengah

Guys! sering backpacker-an? Ayo coba sebutkan daerah mana saja yang sudah kalian datangi, nih? Tapi sudah menjamah destinasi di Kota Poso belum? Nah, Guys! Kota Poso itu terletak di bibir pantai menghadap teluk Tomini di salah satu lengkungan “lengan” pulau Sulawesi. Dalam artikel kali ini, Penulis akan mengulas tempat-tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi di  Kota Poso, dijamin bakalan ketagihan untuk mengunjunginya sesering mungkin deh.

1.Kepulauan Togean


Kepulauan Togean ini terletak di sebelah Utara kota Poso dan merupakan surga bagi penggemar olahraga menyelam (diving) ataupun snorkeling. Taman laut Togean juga berisi ribuan jenis ikan dan coral yang terlindung aman dibalik air laut yang jernih dan tenang. Penggemar olahraga laut maupun mereka yang sekedar ingin menikmati ketenangan alam dapat memilih Togean islands sebagai tujuan wisata.

2.Danau Poso


Danau Poso, terletak di daerah Tentena merupakan salah satu danau terdalam dan terindah di Indonesia dimana menawarkan keindahan alam yang menantang untuk dinikmati dan ditelusuri. Pinggirannya berpasir putih keemasan dan airnya yang jernih berombak seperti laut. Festival Danau Poso merupakan pekan budaya rakyat Poso yang diadakan setiap tahun di kawasan danau Poso. Keunikan budaya yang dipadu dengan keindahan alami danau Poso menarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menikmati festival ini setiap tahun
3.Cagar Alam Morowali
Cagar Alam Morowali merupakan hunian bagi berbagai satwa dan flora ekosistem asli Sulawesi. Cagar Alam Morowali menawarkan keindahan pesona alam yang lengkap mulai dari pantai, hutan mangrove, hutan alluvial dataran rendah, hutan rawa, hutan pegunungan dan hutan lumut pada ketinggian 2.600 meter di atas permukaan laut, dengan 3 sungai utama. Kawasan ini dihuni suku tradisional Wana.


4.Teluk Tomari

Taman Laut Teluk Tomori, Teluk yang tepat berada di depan Kolonedale ini dihuni oleh pulau-pulau kecil yang eksotis dengan keindahan alaminya. Sebut saja pulau Rumbia, Pengia dll serta gua-gua alam yang tak kalah menarik. Kehidupan dan aktivitas nelayan di kawasan ini juga menjadi attraksi tersendiri yang menarik perhatian wisatawan.

5.Gua Pamona dan Latea
Gua Pamona dan Latea, merupakan penanda tradisi Toraja yang hadir di kawasan ini sejak lama. Dalam gua ini dapat ditemukan tengkorak dan tulang-tulang mayat persis yang dapat dilihat di gua-gua alam pemakaman Tana Toraja. Gua ini terletak di daerah Tentena Poso.Danau di daerah ini memiliki sejumlah ikan, khususnya belut (Sogili) dan ikan kering. Sogili yang pernah ditangkap mencapai panjang 1,8 m dan berat 20 kg. Bagian dangkal danau itu memiliki sisi yang berbatu-batu dan bahkan goa. Goa kuno yaitu Goa Pamona merupakan goa prasejarah di bawah permukaan danau yang mungkin dijadikan kuburan bawah tanah karena banyak ditemukan tulang-tulang manusia disana.

Ruang goa yang ke 12 merupakan ruang goa terjauh yang dapat dimasuki seseorang, dan untuk masuk kesana diperlukan penunjuk jalan agar tidak tersesat. Jika kalian masuk di dalam goa tersebut, kalian akan melihat diaman terdapat Batu Gong yang kalau dipukul menimbulkan bunyi seperti bunyi gong. Di dasar danau diyakini ada fosil naga yang dapat dilihat ketika air tenang. Nah, sahabat taraveler!  Fosil tersebut dianggap keramat oleh masyarakat setempat dan memiliki legenda yang berhubungan dengan cara hidup masyarakat setempat loh. Ckckckck
.


Nih Guys! Tempat Wisata Keren di Poso Sulawesi Tengah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar