Kamis, 08 September 2016

Grojogan Sewu, Air Terjun Paling Populer di Tawangmangu

Tawangmangu merupakan sebuah daerah di kaki Gunung Lawu yang masih berada dalam Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, di daerah ini memang terdapat banyak sekali tempat wisata keren, terutama wisata alam, jadi tak heran jika wisatawan lebih mengenal Tawangmangu daripada Karanganyar itu sendiri.


foto grojogan sewu
wajib dikunjungi nih. foto : miko_haryono


Nah, salah satu objek wisata di Tawangmangu yang sudah sangat  populer adalah Air Terjun Grojogan Sewu, sebuah wisata alam yang juga menjadi ikon wisata di daerah ini, air terjun tersebut masih termasuk dalam kawasan Hutan Wisata Grojogan Sewu.

Grojogan Sewu berasal dari bahasa jawa yaitu “Grojogan”  berarti “air terjun” dan “sewu” yang berarti “seribu”, penamaan ini bukan karena air terjunnya yang berjumlah seribu, melainkan berasal dari seribu pecak, atau satuan jarak yang digunakan pada zaman dulu untuk mengukur ketinggian air terjun. Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa. Grojogan Sewu sendiri memiliki tinggi sekitar 80 meter.

Wisata alam Grojogan Sewu memiliki dua pintu masuk, yaitu melalui jalur atas dan jalur bawah, jika kita melewati jalur atas maka kita harus menuruni puluhan anak tangga untuk sampai di lokasi air terjun, sedangkan jika kita melewati jalur bawah, maka kita akan melewati sebuah jembatan yang terkenal memiliki mitos tentang cinta.

Nah, mitos mengenai jembatan ini adalah, apabila sepasang kekasih yang belum menikah melewati jembatan ini, maka hubungan mereka akan berakhir, walaupun ternyata jembatan tersebut menjadi salah satu spot keren untuk berfoto lho.

Saat kamu berada di gerbang masuk, baik jalur atas maupun bawah, kita bisa melihat kera-kera liar bergelantungan di pohon dan disekitar jalan, walaupun kera di objek wisata Grojogan Sewu terbilang jinak, tapi kita harus tetap hati-hati untuk menjaga barang bawaan kita agar tidak diambil kera tersebut ya.

baca juga : daftar air terjun terindah di Jawa Tengah, mana favoritmu ?

foto suasana di grojogan sewu tawangmangu
suasana di wisata grojogan sewu. foto : ochunadia


Memasuki kawasan air terjun, kita akan merasakan sejuknya udara sekitar dengan pepohonan rindang yang mengelilinginya, air terjun Grojogan Sewu akan mulai terlihat dari jauh dengan debit airnya yang sangat deras.

Karena derasnya aliran air inilah pengunjung tidak boleh mandi dibawah air terjun, sebab apabila ada kerikil atau bebatuan yang jatuh dari atas dan terkena badan kita maka akan berakibat fatal, sebagai alternatif kita bisa mandi di aliran sungai dari Grojogan Sewu ini.

Sebagai tempat wisata populer di Karanganyar, Grojogan Sewu tak hanya menawarkan wisata air terjun saja, banyak fasilitas penunjang di Grojogan Sewu yang bisa kita coba, salah satunya adalah mini rafting dan flying fox, jadi kamu tidak perlu kecewa karena tidak bisa mandi di bawah air terjun.

Puas bermain, kini saatnya kita mengisi perut, Grojogan Sewu Tawangmangu ini sudah dilengkapi dengan banyak warung makan yang menawarkan berbagai jenis menu, salah satu menu paling favorit di Grojogan Sewu adalah sate kelinci, makanan satu ini memiliki rasa yang sangat lezat lho, jadi kamu harus coba.

foto air terjun grojogan sewu tawangmangu
pemandangan dari kejauhan. foto : surya_dannie



Rute Menuju Grojogan Sewu Tawangmangu

Akses menuju wisata Karanganyar satu ini sangatlah mudah, apabila kamu dari Semarang, kamu tinggal mengikuti rute Solo – Palur – Karanganyar Kota – Terminal Tawangmangu – Grojogan Sewu, sesampainya di kawasan wisata Tawangmangu, ditandai dengan jalan yang naik turun dan berkelok kelok, silahkan menuju ke lokasi wisata Grojogan Sewu (sudah terdapat banyak petunjuk jalan, jadi tidak perlu kawatir tersesat).

Apabila kamu menggunakan transportasi umum, dari terminal Tirtonadi Solo atau dari Palur Raya naik bus jurusan Tawangmangu dan turun di terminal Tawangmangu, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkot atau ojek menuju lokasi Grojogan Sewu.

foto grojogan sewu karanganyar
cantik ya. foto : andinydianaputri



Fasilitas :

  • Warung Makan
  • Tempat Parkir
  • Penginapan
  • Flying Fox
  • Kolam Renang
  • Pusat Informasi
  • Mini Rafting
  • WC
  • Tempat Bermain Anak
  • Guide


Harga Tiket Masuk Grojogan Sewu Tawangmangu :
Rp. 15.000/orang

Jam Buka :
07:00 – 17:00 WIB

Akomodasi (Penginapan)
Sudah terdapat banyak sekali hotel disekitar wisata Grojogan Sewu, tinggal pilih dan sesuaikan saja dengan seleramu.


Tips Berlibur ke Grojogan Sewu Tawangmangu :


  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Grojogan Sewu adalah saat hari biasa (senin-jumat), sebab jika kamu berkunjung di akhir pekan maka akan sangat ramai oleh pengunjung.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor, karena jalannya yang naik turun, berkelok-kelok dan cukup sembit apabila kita berpapasan dengan bus.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Bagi kamu yang tidak mau capek, pilihlah jalur pintu masuk bawah, agar kita tidak perlu naik turun tangga.
  • Jangan lupa membawa baju ganti untuk berjaga jaga.




Lokasi :


  • Alamat ; Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.
  • 21 Km dari pusat Kabupaten Karanganyar melalui Jl. Lawu (37 menit)
  • 42 Km dari pusat Kota Solo melalui Jl. Lawu (1 jam 17 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Lihat peta cara menuju grojogan sewu tawangmangu


Wisata Terdekat Dari Grojogan Sewu :

Candi Cheto (45 menit)
Candi Sukuh (27 menit)
Air Terjun Jumog (29 menit)

Grojogan Sewu, Air Terjun Paling Populer di Tawangmangu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

1 komentar:

  1. Pokies, Table Games, Poker, and Poker in Oklahoma
    Pokies, 윈윈 벳 먹튀 Table Games, Poker, 벤 델핀 and Poker in Oklahoma offers non-smoking poker tables and 축구 토토 slot 마틴게일 전략 machines. It has multiple game types like roulette, blackjack,

    BalasHapus