Kamis, 15 September 2016

Eling Bening, Wisata Keluarga Lengkap di Ambarawa Semarang

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan wisata di pusat Kota Semarang seperti Lawang Sewu, Sam Poo Kong, hingga Masjid Agung Jawa Tengah. Ya, wisata di tengah Kota Semarang memang lebih didominasi oleh wisata sejarah dan religi.

foto eling bening
keren ya. foto : _jakfarshodiqart


Nah, apabila kamu sudah bosan dengan jenis wisata tersebut, kini saatnya kamu beralih ke daerah Kabupaten Semarang, tepatnya di kawasan Ambarawa. Di Ambarawa terdapat sebuah tempat wisata yang sangat cepat menarik minat wisatawan untuk datang mengunjunginya, nama wisata tersebut adalah Eling Bening.

Apa yang Menarik di Eling Bening ?

Eling Bening sebenarnya adalah sebuah Restoran yang mengusung konsep wisata keluarga. Jadi selain sebagai tempat makan, Eling Bening juga menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Ambarawa. Objek wisata seluas kurang lebih 10 hektar ini terletak tak jauh dari Rawa Pening.

foto eling bening malam hari
pemandangan di malam hari. foto : ivakristantia


Eling Bening menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dengan view utama Rawa Pening dan background Gunung Merbabu, Andong dan Telomoyo yang terlihat berdiri dengan gagah. Wisata yang dibuka pada tahun 2015 ini dalam sekejap menarik banyak wisatawan dengan keindahan panoramanya tersebut.

Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di Eling Bening, mulai dari bermain outbond, trekking, hunting foto hingga mandi di kolam renang. Dengan berbagai macam fasilitasnya, tak heran jika Eling Bening kini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Kabupaten Semarang.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi menjadikan udara di kawasan Eling Bening cukup sejuk, terutama di pagi dan sore hari. Setiap harinya Eling Bening tak pernah sepi dari wisatawan, terutama kalangan anak muda yang mencari pemandangan alam indah sebagai background fotonya.

Tak cuma kalangan anak muda saja, para pecinta fotografi juga datang ke Eling Bening untuk berburu foto keren. Selain itu, Eling Bening bisa menjadi salah satu pilihan tempat wisata keluarga dan wisata romantis di Semarang lho.

Puas berburu foto kece, kini saatnya kita memanjakan perut. Seperti sudah dijelaskan diatas, Eling Bening merupakan sebuah Restoran dengan konsep wisata yang cukup lengkap. Eling Bening menawarkan berbagai menu khas Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau.

Kerennya lagi, tiket masuk ke kawasan Eling Bening bisa kita tukarkan dengan minuman lho. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata Eling Bening, sepertinya pengelola ingin menarik wisatawan agar tidak cuma berburu foto saja, tapi juga mencoba makanan di Restoran mereka.

Nah, dengan banyaknya keunggulan dan fasilitas dari objek wisata Eling Bening tersebut, apakah sudah membuatmu tertarik? Jadi kapan kamu berkunjung ke Eling Bening?


foto kolam renang eling bening
kolam renang outdoor. foto : dhesy_anggraeni



Fasilitas :
  • Outbond
  • Playground (Anak dan Dewasa)
  • Tempat Parkir
  • Mushola
  • Restoran
  • Camp Ground
  • Toilet
  • Kolam Renang Outdoor
  • Gardu Pandang
  • Meeting Room (kapasitas 40 orang)
  • Stage Ceremonial and Shows
  • Archery Area (Olahraga Panahan)
  • Hill Tracking Area
  • Wedding Party
  • Flying Fox.


Harga Tiket Masuk Eling Bening :
Rp. 16.000/orang
(tiket bisa ditukarkan minuman)

Jam Buka :
09:00 – 22:00 WIB

Akomodasi (Penginapan)
Bagi kamu yang ingin menginap, di kawasan Eling Bening sudah terdapat lokasi camp ground yang bisa kita gunakan untuk berkemah. Atau, jika kamu ingin mencari lokasi lain, bisa mencari hotel di daerah Ambarawa dan Bandungan.


Lokasi :

  • Alamat ; Jalan Raya Bawen – Ambarawa, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
  • 36 Km dari pusat Kota Semarang melalui Jl. Semarang – Surakarta (58 menit)
  • 16 Km dari pusat Kota Salatiga melalui Jl. Nasional 16 (32 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Rute Menuju Eling Bening Ambarawa

Akses menuju Eling Bening bisa dibilang cukup mudah, dari pusat Kota Semarang kamu tinggal mengikuti rute Semarang – Tembalang – Gombel – Ungaran – Bawen – Ambarawa – Eling Bening. Setelah kamu sampai di lampu merah Jalan Arteri (setelah terminal Bawen), terdapat petunjuk Jalan Kartini di kiri jalan, ikuti saja jalan tersebut, Eling Bening berada di kiri jalan tak jauh setelah Jalan Kartini.

Sedangkan apabila kamu dari Grobogan, cukup mengikuti rute Purwodadi – Godong – Kedung Jati – Bringin – Tuntang - Bawen –Ambarawa – Eling Bening. Setelah sampai di lampu merah Jalan Arteri, tinggal ikuti saja cara seperti diatas.

foto eling bening ambarawa
suasana di eling bening. foto : davidnuryahya



Tips Berlibur ke Eling Bening :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Eling Bening adalah di hari biasa (senin-jumat), sebab ketika weekend dan hari libur, tempat wisata ini akan penuh oleh wisatawan.
  • Harga makanan di Eling Bening berkisar diantara Rp.20.000 - Rp.40.000, jika kamu merasa cukup mahal, kamu bisa membawa makanan dari rumah.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Jika kamu ingin hunting foto di Eling Bening, waktu terbaik adalah di pagi dan sore hari.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor apabila kamu berkunjung di akhir pekan dan hari libur.




Lihat peta cara menuju ke eling bening



Wisata Terdekat Dari Eling Bening :

Goa Maria Kerep Ambarawa (12 menit)
wisata religi yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat katolik Kabupaten Semarang, selain sebagai tempat beribadah, Goa Maria Kerep ini juga bisa kita gunakan untuk hunting foto.

Rawa Pening (11 menit)
Rawa Pening adalah danau terluas di Kabupaten Semarang, di Rawa Pening kita bisa melihat aktivitas masyarakat sekitar yang sedang panen enceng gondok, selain itu kita juga bisa berkeliling rawa dengan perahu.

Goa Rong (19 menit)
sesuai namanya, Goa Rong merupakan sebuah tempat wisata dimana terdapat goa dan bukit yang menawarkan pemandangan alam Kabupaten Semarang, pemandangan di Goa Rong tak berbeda jauh dengan pemandangan di Eling Bening.


Eling Bening, Wisata Keluarga Lengkap di Ambarawa Semarang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar