Sabtu, 10 September 2016

Eksotisme Pantai Widuri Pemalang Jawa Tengah

Datang ke Pemalang, Jawa Tengah, tidak akan lengkap tanpa berkunjung ke wisata pantainya. Salah satu objek wisata pantai di Kabupetan Pemalang yang menjadi favorit banyak wisatawan ialah Pantai Widuri. Masyarakat setempat juga mengenal Pantai Widuri dengan nama Tlincing.


Senja di Pantai Widuri, Pemalang, Jawa Tengah. Via: tripadvisor.com

Sejarah

Nama pantai Widuri tidak lepas dari legenda keberadaan Nyi Widuri. Dia adalah wanita sangat cantik yang tinggal di desa ini. Jika Anda berada di alun-alun Kota Pemalang, maka cobalah untuk menghadap ke utara. Anda akan melihat jalan lurus dari tempat Anda berdiri hingga ke Pantai Widuri. Menurut legenda masyarakat Pemalang, jalan lurus ini dibuat oleh seorang Patih yang sakti mandraguna. Apabila diperintah, sang Patih selalu menjawab dengan kata sampun (sudah terlaksana). Karena kebiasaan itu, ia dikenal dengan nama Patih Sampun.

Lokasi

Jaraknya yang sangat dekat dengan pusat kota, yakni hanya butuh waktu sekitar lima sampai tujuh menit saja dari alun-alun Pemalang, membuat Pantai Widuri selalu dipadati oleh pengunjung. Jika Anda sedang di Jl. Raya Pantura pemalang-Tegal, pantai ini bahkan lebih dekat lagi. Tidak jauh dari perempatan antara Jl. Prof. Mohammad Yamin, Jl. Yossudarso dan Jl. R.E Martadinata terdapat makam Pagaran. Untuk menuju Pantai Widuri, Anda harus melalui Jl. Yossudarso menuju arah utara dengan jarak sekitar 1,5 km.

Panorama Pantai Widuri
 

Sebagai objek wisata andalan di Pemalang, Pantai Widuri senantiasa dipenuhi pengunjung terlebih jika hari libur tiba. Meskipun garis pantainya tidak terlalu panjang, Pantai Widuri tetap menyajikan arena wisata yang sayang untuk dilewatkan. Di dekat pantai, banyak pohon-pohon besar yang umurnya sudah puluhan tahun. Selain itu, ada banyak tempat duduk yang disediakan untuk pengunjung guna dapat menikmati panorama Pantai Widuri yang akan bertambah cantik ketika pagi dan sore hari. Karena apa? Di pantai ini Anda dapat menikmati pemndangan sunrise dan sunset sekaligus. Objek wisata Pantai Widuri dikelilingi tembok pembatas yang luasnya mencapai 10 ha.

Aktivitas
 

Di area Pantai Widuri, terdapat arena bermain air bernama Widuri Water Park. Arena bermain ini sangat cocok bagi Anda yang datang bersama keluarga. Untuk bermain di sini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000/orang. Masih di lokasi Pantai Widuri, Anda dapat mencicipi sirkuit balap motor yang kerap digunkan untuk berbagai kejuaraan roadrace mulai tingkat daerah hingga nasional. Jika lapar mendera, Anda dapat langsung mendatangi tempat-tempat makan yang terletak di sebelah barat Widuri Water Park. Di tempat ini ada banyak menu makanan yang dijajakan. Beragam olahan sefood seperti ikan bakar juga tersedia di tempat ini.

Menikmati pasir pantai yang lembut dengan membuat rumah-rumahan, menyelupkan diri dan menikmati kesegaran air laut, atau sekedar duduk di bawah pohon ditemani tempe mendoan dan segelas es teh untuk menikmati panorama pantai dengan hembusan angin sepoi-sepoi adalah serangkaian aktivitas lain yang dapat Anda nikmati di Pantai Widuri.

Fasilitas

Pantai Widuri memiliki fasilitas yang tergolong cukup lengkap. Jika berkunjung kemari, Anda akan menemukan beragam fasilitas mulai dari panggung untuk pagelaran musik, tempat makan yang menjadi arena wisata kuliner, objek wisata air, lapangan tenis, arena bermain anak hingga sirkuit balap motor.

Harga Tiket Masuk 2016

Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Widuri, harga tiket yang dikenakan sangat terjangkau. Anda hanya akan diminta membayar sebesar Rp 2.000/orang untuk hari-hari biasa. Sedangkan untuk hari libur, harga tiket menjadi Rp 6.000/dua orang. Bila Anda membawa kendaraan pribadi, petugas juga akan mengenakan biaya parkir pada Anda.

Eksotisme Pantai Widuri Pemalang Jawa Tengah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar