Sabtu, 17 September 2016

Pantai Goa Cemara, Pantai Fotogenik di Jogja, Yuk Kesana!

Mungkin kamu berpikir jika di Jogja hanya di Kabupaten Gunung Kidul saja yang memiliki pantai-pantai indah. Tapi jangan salah, di Kabupaten Bantul juga terdapat pantai-pantai dengan pemandangan tak kalah cantik dengan deretan pantai di Gunung Kidul lho.

foto pantai goa cemara
keren ya. foto : arfhaahmad

Salah satu pantai di Bantul yang sudah sangat populer adalah Pantai Parangtritis, namun, selain pantai tersebut, masih terdapat pantai lainnya yang tak kalah keren untuk kita kunjungi, yaitu Pantai Goa Cemara.

Apa yang Menarik di Pantai Goa Cemara ?

Pantai Goa Cemara memang masih kalah populer dengan pantai lainnya di Kabupaten Bantul, seperti Pantai Depok dan Parangtritis. Walaupun begitu, Pantai Goa Cemara memiliki karakteristik unik yang memikat hati wisatawan agar datang mengunjunginya.

foto cemara di pantai goa cemara
yuk bersepeda di pantai. foto : ichfan17

Hanya berjarak sekitar 20 Km dari Pantai Parangtritis, kedua tempat wisata Jogja ini sebenarnya memiliki karakteristik yang hampir sama. Pantai Goa Cemara juga memiliki pasir coklat kehitaman dengan garis pantai yang cukup panjang, namun bukan pasirnya yang menjadi daya tarik utama dari wisata ini.

Sesuai namanya, di kawasan Pantai Goa Cemara terdapat banyak sekali pohon cemara yang tumbuh rimbun disekitar pantai. Pepohonan cemara inilah yang menarik minat wisatawan untuk datang. Saking rimbunnya, untuk bisa menuju ke bibir pantai kita harus berjalan diantara pepohonan cemara tersebut.

View itulah yang menjadi asal usul nama dari tempat wisata Jogja satu ini, rimbunnya pohon cemara seakan menciptakan sebuah goa dengan pemandangan yang sangat keren. Panjang goa ini sekitar 200 meter menuju bibir pantai.

Karena keunikannya, kini Pantai Goa Cemara menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Jogja, terutama bagi pecinta fotografi, formasi-formasi dari pohon cemara di pinggir pantai membuat para fotografer tertarik untuk mengabadikannya kedalam kamera.

baca juga : daftar tempat keren untuk melihat sunrise dan sunset di Jogja

foto sunset di pantai goa cemara
sunset di pantai goa cemara. foto : endrarezkyanur

Sama halnya dengan kebanyakan pantai di Jogja, Pantai Goa Cemara juga memiliki ombak yang cukup besar, jadi bagi kamu yang ingin berenang, diharapkan untuk tetap hati-hati. Dan bagi kamu yang tidak ingin berenangpun masih terdapat banyak kegiatan seru yang bisa kita lakukan di Pantai Goa Cemara.

Seperti bermain ATV, bersantai di pinggir pantai, hunting foto, melihat sunset hingga sunrise. Selain itu, lokasinya yang bersebelahan dengan Pantai Pandansari menjadikannya kian menarik, karena di Pantai Pandansari terdapat sebuah mercusuar yang bisa kita naiki baik melalui Pantai Pandansari itu sendiri ataupun melalui Pantai Goa Cemara.

Dari puncak mercusuar kita bisa melihat keindahan pantai-pantai di Bantul, terutama Pantai Goa Cemara ini. Setelah puas berkeliling, kamu bisa bersantai di warung-warung pinggir pantai sambil menyantap makanan atau minum kelapa muda.

Selain beragam kegiatan seru diatas, masih terdapat satu kegiatan lagi yang sangat sayang untuk dilewatkan. Di Pantai Goa Cemara terdapat Balai Konservasi Penyu, dimana pada bulan tertentu akan melakukan pelepasan tukik (anak penyu) ke laut lepas.

Nah, jika beruntung kamu bisa ikut bergabung dalam kegiatan sosial ini lho guys, tentunya kamu harus mencari waktu yang tepat, kapan pelepasan penyu ini dilakukan.

Pantai Goa Cemara bisa menjadi alternatif wisata pantai di Jogja ketika kamu sudah pernah mengunjungi pantai-pantai populer lainnya seperti Pantai Kukup, Baron, Krakal dan Nglambor. Jadi kapan kamu kesini?

foto mercusuar pantai goa cemara
pemandangan dari atas mercusuar. foto : dellyverolika


Fasilitas :
  • Toilet
  • Warung Makan
  • Toko Souvenir
  • Mercusuar
  • Tempat Parkir
  • ATV
  • Mushola


Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cemara :
Rp. 5.000/orang

Jam Buka :
24 Jam

Akomodasi (Penginapan)
Bagi kamu yang ingin menginap, terdapat dua pilihan, pertama dengan berkemah di pinggir pantai (membawa peralatan sendiri), kedua dengan mencari penginapan disekitar Pantai Parangtritis yang terletak tak jauh dari Pantai Goa Cemara.

Lokasi :

  • Alamat ; Jalan Lintas Selatan, Desa Patehan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Jogja.
  • 29 Km dari pusat Kota Jogja melalui Jl. Bantul-Jl. Pantai Samas (1 jam 2 menit)
  • 38 Km dari Bandara Adi Sucipto melalui Jl. Pantai Samas (1 jam 12 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)


Rute Menuju Pantai Goa Cemara

Akses menuju Pantai Goa Cemara sangatlah mudah, dari pusat Kota Jogja kamu tinggal menuju kearah Pojok Benteng Kulon, dilanjutkan dengan melalui Jalan Bantul. Ikuti saja jalan tersebut hingga kamu sampai di Gerbang Retribusi Pantai Samas.

Setelah sampai di Gerbang Retribusi, silahkan bertanya pada penjaga gerbang mengenai arah Pantai Goa Cemara, lokasinya tak jauh dari gerbang masuk tersebut.

foto keren sore hari di pantai goa cemara
cocok buat hunting foto nih. foto : fotofahmi


Tips Berlibur ke Pantai Goa Cemara :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Goa Cemara adalah saat musim kemarau dan di hari biasa, karena saat weekend dan hari libur biasanya cukup ramai oleh pengunjung.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.
  • Sangat cocok untuk lokasi hunting foto di Jogja.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.




Wisata Terdekat Dari Pantai Goa Cemara :

Pantai Pandansari (3 menit)
Pantai Pandansari memiliki karakteristik pasir berwarna hitam dengan garis pantai yang cukup panjang, selain itu di pantai ini juga terdapat mercusuar yang bisa kita gunakan untuk melihat pemandangan alam sekitar.

Pantai Samas (6 menit)
Pantai Samas merupakan salah satu pantai unik di Jogja, di sekitar pantai terdapat sungai dan danau air tawar, jadi selain bermain di pantai kita juga bisa berkunjung danau tersebut. Danau di kawasan Pantai Samas biasanya digunakan untuk perikanan dan konservasi penyu.

Pantai Kuwaru (7 menit)
Tempat wisata alternatif di Bantul apabila objek wisata populer sudah terlalu banyak pengunjung, kamu bisa menjadikan Pantai Kuwaru alternatif tujuanmu. Pantai Kuwaru memiliki pemandangan dan karakteristik tak berbeda jauh dengan pantai di Bantul lainnya.


Pantai Goa Cemara, Pantai Fotogenik di Jogja, Yuk Kesana! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

1 komentar: