Minggu, 27 September 2015

9 Tempat Wisata di Banyuwangi Wajib Anda Datangi

Tempat Wisata di Banyuwangi Wajib Anda Datangi - Banyuwangi menjadi salah satu kabupaten di Indonesia yang sedang mengembangkan daya tarik pesona wisata. Bahkan pemerintah daerah Banyuwangi telah mengadakan berbagai jenis acara kebudayaan untuk menarik pengunjung dari Indonesia. Letak kota Banyuwangi yang memiliki banyak pesona pantai dan dekat dengan Bali menjadi salah satu poin yang menarik. Jika Anda pergi ke Bali dengan jalur darat maka bisa singgah beberapa hari dulu di Banyuwangi. Sekarang pengunjung Banyuwangi tidak hanya wisatawan lokal tapi juga mancanegara. Berikut ini adalah tempat wisata di Banyuwangi yang paling menarik untuk dikunjungi.

1. Kawan Ijen

Kawah Ijen
Kawah Ijen dan penambang belerang, Photo credit
Kawah Ijen adalah salah satu kawan paling indah di Indonesia. Jika Anda sampai ke puncak maka Anda akan melihat kaldera dengan tinggi sekitar 300 hingga 500 meter. Kawah ini terletak diketinggian sekitar 2368  meter di atas permukaan laut. Pemandangan yang indah dengan warna danau biru yang terpancar dari belerang bersuhu lebih dari 210 derajat Celcius ini sangat menarik bagi semua wisatawan.  Untuk menikmati semua pemandangan ini maka sebaiknya  wisatawan harus mendaki pada tengah malam atau dini hari. Ketika Anda menaiki puncak maka Anda akan sangat takjub dengan banyaknya pekerja tambang yang membawa belerang dengan dipikul. Jalanan yang berat sama sekali tidak menghalangi para pekerja tambang. Bahkan beban lebih dari 100 kg membuat para pekerja sama sekali tidak merasa keberatan. Mereka juga akan menyapa ramah semua wisatawan dan bersedia menjawab semua rasa ingin tahu Anda.

Baca juga Alasan Menikmati Wisata Gili Trawangan Lombok Saat Liburan.

2. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung
Ombak Pantai Plengkung, Photo credit
Pantai Plengkung menjadi daya tarik bagi wisatawan dalam negeri dan luar negeri karena pesona ombaknya yang bisa mencapai ketinggian lebih dari 5 meter. Ombak pada musim Juli hingga September menjadi ombak tertinggi sepanjang tahun. Pesona pemandangan yang indah inilah yang membuat banyak wisatawan mancanegara selalu ingin kembali. Bahkan karena keindahan pemandangan dan ketangguan ombaknya, pantai ini dijuluki setara dengan keindahan pantai di Hawaii. Anda bisa menyewa semua perlengkapan untuk berselancar. Tapi jika Anda tidak berminat berselancar maka Anda bisa menikmati perjalanan indah di sekitar tepi pantai.

3. Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol
Pantai Watu Dodol, Photo credit
Untuk mencapai Pantai Watu Dodol maka Anda bisa melakukan perjalanan singkat dari Pelabuhan Ketapang dengan jarak sekitar 2 km saja. . Pantai ini memiliki ciri khas berupa patung penari khas Banyuwangi yang sering disebut dengan Gandrung yang tepat berdiri di atas batu dengan ukuran besar. Jika Anda lapar mak Anda bisa menikmati sajian makanan warung yang ada di sekitar pantai. Pantai indah dengan air biru akan menjadi pesona yang tak terlupakan.

4. Teluk Hijau

Teluk Hijau atau Green Bay
Teluk Hijau atau Green Bay, Photo credit
Teluk Hijau atau juga dikenal dengan nama Green Bay menjadi teluk yang memiliki pemandangan sangat indah. Dengan warna air hijau yang sangat mempesona maka Anda pasti selalu ingin kembali lagi. Teluk Hijau terletak di Taman Nasional Meru Betiri terlihat sangat indah dengan pasir putih. Angin sejuk yang bertiup dari hutan tropis di sekitar teluk akan menyajikan suguhan yang sangat istimewa. Beberapa hal menarik yang bisa Anda lakukan adalah seperti menyelam, bermain bola di pasir, memanting juga berenang. Jika Anda sudah sampai di tempat ini maka jangan lupa untuk mengunjungi Air Terjun Bidadari yang terletak di kawasan pantai. Air terjun menyajikan pemandangan yang sangat indah dengan ketinggian lebih dari 7 meter. Dalam legenda yang beredar ini adalah air terjun yang digunakan para bidadari untuk mandi dan merawat kulit mereka.
Baca juga Inilah Tempat Wisata di Lombok yang Paling Menarik.

5. Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi
Pantai Rajegwesi
Pantai Rajegwesi adalah pantai yang terletak di Desa Sarongan dan termasuk dalam kecamatan Pesanggaran. Wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini umumnya ingin melihat jejak sejarah berupa bunker yang menjadi jejak peninggalkan Jepang di masa perjuangan Indonesia mendapatkan kemerdekaan. Hal paling unik dari pantai Rajegwesi adalah memiliki pasir dengan warna coklat yang sangat lembut. Di sekitar pantai terdapat puluhan kapal yang digunakan oleh nelayan penduduk setempat untuk mencari ikan. Jika Anda datang pada pagi atau siang hari maka cobalah untuk naik ke kapal dan merasakan kehidupan masyarakat setempat.

6. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah
Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Photo credit
Banyuwangi memang tidak bisa dipisahkan dengan pesona pantai indah dengan warna tertentu. Salah satunya adalah pantai Pulau Merah yang dinamakan seperti ini karena ada sebuah bukit kecil di ujung pantai dengan warna tanahnya yang merah. Jika Anda datang ke pantai saat air surut maka Anda bisa mencoba untuk menginjakkan kaki di tanah merah ini. Tapi jika Anda tidak ingin datang ke bukit ini maka cukup  menikmati pemandangan tanah merah dengan hiasan pohon-pohon alami yang menghijau. Anda bisa datang ke tempat wisata di Banyuwangi ini yang terletak di Kecamatan Pesanggaran. Hal lain yang menarik ditempat ini adalah salah satu pura untuk ibadah umat Hindu yang digunakan untuk keperluan ibadah masyarakat sekitar penganut Hindu. Anda bisa mencoba untuk menyelami kehidupan masyarakat sekitar dengan menginap satu atau dua hari.
Baca juga Wisata Bahari Lamongan Tujuan Wisata Menarik di Jawa Timur.

7. Air Terjun Lider

Air Terjun Lider
Air Terjun Lider
Jika Anda sudah mendatangi tempat wisata di Banyuwangi yang dipenuhi dengan deretan pantai indah, maka cobalah untuk mengunjungi Air Terjun Lider. Lokasi tempat wisata ini terletak di Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon. Namun untuk mencapai ke lokasi ini memang tidak mudah karena letaknya yang berada di atas ketinggian sekitara 1300 meter di atas permukaan laut. Tapi semua rasa lelah Anda akan segera terbayar karena pemandangan di air terjun ini sangat indah. Perjalanan dengan wisata alam menjadi hal yang tidak akan terlupakan. Tidak hanya satu air terjun, karena Anda akan melihat beberapa anak air terjun yang sangat indah.

8. Air Terjun Kalibendo

Air Terjun Kalibendo
Air Terjun Kalibendo Banyuwangi
Tempat wisata di Banyuwangi memang memberikan pemandangan alam yang sangat indah dan tak kalah dengan tempat wisata lain. Salah satunya adalah Air Terjun Kalibendo yang terletak sekitar 20 km dari kota Banyuwangi. Hal yang paling indah di tempat ini adalah pemandangan yang sangat tenang. Airnya sangat jernih dan bening lengkap dengan sungai yang mengalirkan airnya. Jika Anda datang ke tempat ini maka jangan lupa untuk menyiapkan pakaian ganti karena Anda mungkin akan basah dan kedinginan. Jika Anda ingin menikmati pemandangan indah sebelum menuju Air Terjun maka bisa mencoba lewat jalur Kampung Anyar, Glagah. Dari sini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam khas perkebunan teh dan kopi.
Baca juga 9 Tempat Wisata di Malang Paling Populer, Jawa Timur.

9. Agrowisata Kali Klatak

Agrowisata Kali Klatak
Agrowisata Kali Klatak, Photo credit
Agrowisata Kali Klatak melewati sejarah kepemilikan yang cukup panjang. Pada awalnya tempat wisata di Banyuwangi ini dimiliki oleh salah satu perusahaan asal Belanda yang bernama Mij Moorman & Co.Setelah itu kemudian diambil alih oleh R Soehoed Prawiroatmodjo. Tempat ini sangat menarik karena berada di atas ketinggian 460 meter di atas permukaan laut. Beberapa varietas yang tumbuh di agrowisata ini adalah seperti tanaman karet, kelapa, buah-buahan, coklat dan berbagai jenis rempah-rempah. Di tempat wisata di Banyuwangi ini jika Anda datang pada tanggal 17 April maka Anda bisa melihat proses adat sedekan bumi sebagai ungkapan syukur atas berkah perkebunan yang melimpah. Untuk info menarik tentang wisata di Jawa Timur kamu bisa membaca di halaman Tempat Wisata di Jawa Timur.

9 Tempat Wisata di Banyuwangi Wajib Anda Datangi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar