Rabu, 30 September 2015

10 Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik dan Layak Dikunjungi

Tempat Wisata di Surabaya - Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia dan merupakan ibukota Propinsi Jawa Timur. Selain sebagai pusat bisnis dan pendidikan, kota ini memiliki banyak tempat wisata yang layak dikunjungi. Tidak hanya wisata kuliner dan hiburan malam, tetapi juga wisata pemandangan alam dan hiburan keluarga. Berikut ulasan mengenai tempat wisata di Surabaya yang menarik dan layak dikunjungi.

Tempat wisata di Surabaya

1. Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu, Photo credit
Jembatan ini termasuk jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang 5.500 meter yang melintasi Selat Madura. Suramadu menjadi ikon kota Surabaya karena menghubungkan dua pulau besar yaitu pulau Jawa dan pulau Madura. Tujuan awal dari pembangunan jembatan ini adalah untuk percepatan ekonomi dan infrastruktur di Madura, namun sekarang bangunan ini juga menjadi tempat wisata di Surabaya.

Berada di jembatan ini pada siang hari memberikan sensasi serasa melayang di tengah laut, dan ketika memandang ke arah Surabaya akan tampak patung Jalesveva Jayamahe dan kawasan Pantai Kenjeran. Ketika malam hari maka akan tersaji pemandangan lampu berkelap kelip yang menghiasi sepanjang jembatan. Sangat indah diabadikan dengan kamera.

Peta lokasi Jembatan Suramadu : klik disini.

2. Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark
Ciputra Waterpark Surabaya, Photo credit
Tempat ini adalah sebuah wahana wisata air yang terbesar di Surabaya dengan luas mencapai 5 hektar. Lokasinya berada di Surabaya barat, namun dapat diakses dengan mudah dari kota Surabaya. Tema dari wahana permainan air ini adalah dongeng Petualangan Sinbad, yang pastinya akan disukai anak-anak.

Peta lokasi Ciputra Waterpark via mapsgoogle : klik disini.

Kedalaman air di waterpark dirancang bukan untuk berenang, tapi untuk bermain. Kolam yang paling dalam hanya sedalam 1 meter, jadi tidak perlu takut tenggelam bagi yang belum bisa berenang. Harga tiket masuk Ciputra Waterpark Rp70.000 pada hari biasa dan Rp90.000 pada akhir pekan. Khusus untuk orang lanjut usia berusia di atas 60 tahun tidak dipungut biaya untuk masuk, cukup dengan menunjukkan KTP.

Baca juga Wisata Bahari Lamongan Tujuan Wisata Menarik di Jawa Timur.
Alamat Ciputra Waterpark Surabaya : CitraLAnd Surabaya Waterpark Boulevard Jawa Timur 60219.

3. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya (KBS)
Depan Kebun Binatang Surabaya (KBS), Photo credit
Sebagai tempat hiburan keluarga, Kebun Binatang Surabaya (KBS) adalah pilihan sebagian besar masyarakat. Letaknya berada di Jalan Setail, dekat dengan pusat kota. Pada masa kejayaannya KBS adalah kebun binatang terlengkap se-Asia Tenggara. Tapi akhir-akhir ini sering didengar berita tak menyenangkan dari kebun binatang ini mengenai kematian beberapa hewan koleksi KBS akibat kurang perawatan.

Peta lokasi Kebun Binatang Surabaya : klik disini.

Tiket masuk ke KBS adalah Rp15.000 perorang. Cukup murah untuk mengelilingi kebun binatang yang luasnya 37 hektar dengan berbagai koleksi binatang beraneka ragam. Kebun Binatang Surabaya adalah tempat wisata di Surabaya yang cocok dikunjungi bersama anak-anak.

4. House of Sampoerna

House of Sampoerna
House of Sampoerna, Photo credit
House of Sampoerna adalah tempat yang layak dikunjungi jika berwisata ke Surabaya. Gedung ini merupakan sebuah museum yang menarik karena memiliki gaya arsitektur Belanda dan sangat bersejarah. Pilar depan gedung berbentuk rokok yang menandakan bahwa Sampoerna adalah sebuah perusahaan yang memproduksi rokok.

Tempat ini dirawat oleh negara karena memiliki sejarah tembakau yang cukup panjang di Indonesia. Dalam museum dipajang alat pengolah tembakau dari masa ke masa, foto keluarga Sampoerna yang menjadi pengembang usaha tembakau sejak masa penjajahan Belanda. Di tempat ini juga dipamerkan koleksi pemantik api, replika kios, dan alat musik dan sebagainya. Sebagai tempat wisata di Surabaya, di sini kita juga bisa membeli souvenir dan proses pembuatan rokok di House of Sampoerna.

Baca juga 9 Tempat Wisata di Malang Paling Populer, Jawa Timur.

5. Wisata Hutan Mangrove di Wonorejo

Hutan mangrove Wonorejo
Hutan mangrove Wonorejo
Hutan mangrove Wonorejo adalah salah satu tempat wisata alam favorit di Surabaya. Tempat ini jauh dari keramaian kota Surabaya, dan berada dekat dengan Bandar Udara Juanda. Sangat tepat bagi pengunjung yang ingin mencari tempat yang tenang. Suasana alam yang masih asri ini menawarkan keindahan yang berbeda dengan wisata alam lain.

Disini pengunjung dapat menyusuri hutan melalui jembatan bambu yang didirikan di atas air. Alternatif lain yang bisa dilakukan pengunjung untuk menyusuri rimbunnya hutan mangrove adalah dengan menggunakan perahu.

Tempat wisata di Surabaya ini merupakan sarana yang tepat untuk memberikan pengetahuan pada anak-anak akan pentingnya hutan bakau dalam menjaga keseimbangan alam dan mencegah terjadinya abrasi. Saat ini wisata mangrove sangat digemari terutama bagi warga di perkotaan.

6. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam
Monumen Kapal Selam, Photo credit
Monumen ini merupakan sebuah museum yang berisi tentang sejarah pembebasan Irian Barat. Sesuai namanya, tempat yang dijadikan museum adalah sebuah kapal selam sebenarnya yang sudah dipensiunkan. Dulunya kapal selam ini pernah bertempur dalam pembebasan Irian Barat dari Belanda.

Peta lokasi Monumen Kapal Selam Surabaya : klik disini.
Alamat Monumen Kapal Selam Surabaya : Jl. Pemuda No.39 Genteng Kota SBY, Jawa Timur.

Museum yang berada di tengah kota, tepatnya di jalan Pemuda sangat menarik untuk dikunjungi. Kapan lagi dapat merasakan sensasi masuk ke kapal selam yang sebenarnya, sekaligus belajar sejarah perjuangan bangsa dalam mempertahankan kedaulatan NKRI.

7. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan
Tugu Pahlawan
Tugu Pahlawan adalah sebuah bangunan berupa monumen yang sangat terkenal di Surabaya. Monumen ini memiliki tinggi lebih dari 40 meter dan berbentuk seperti paku terbalik. Tugu Pahlawan berdiri di lahan seluas 1 hektar. Dibangun untuk memperingati dan menghormati para prajurit di Surabaya yang gugur dalam melawan penjajah pada pertempuran 10 November 1945.

Peta lokasi Tugu Pahlawan via mapsgoogle : klik disini.

Sebagai tempat wisata di Surabaya Tugu Pahlawan menyimpan dokumentasi perjuangan 10 November 1945. Berbagai foto dan segala hal yang berhubungan dengan peristiwa 10 November disimpan di dalam museum yang berada di area bawah tanah tugu.

Baca juga 9 Tempat Wisata di Banyuwangi Wajib Anda Datangi.

8. Taman Bungkul

Taman Bungkul

Taman ini berada di pusat kota, tepatnya di Jalan Raya Darmo. Tempat ini adalah tempat favorit warga Surabaya untuk berkumpul bersama teman atau keluarga. Fasilitas yang disediakan pemerintah kota untuk Taman Bungkul sangat lengkap. Di sini tersedia jogging track, tempat bermain skateboard, tempat bermain anak, amfiteater, kolam air mancur, jaringan internet, dan lapangan terbuka hijau.

Ada banyak acara kesenian dan hiburan masyarakat yang diadakan di salah satu tempat wisata di Surabaya ini. Terutama ketika akhir pekan, tempat ini menjadi sangat ramai dan selalu ada acara/event yang diadakan. Bagi yang ingin berwisata kuliner di taman ini juga berjajar pedagang makanan yang menjual hidangan khas Jawa Timur yang menggugah selera.

9. Rumah Batik

Rumah Batik

Rumah ini memiliki 2.000 lembar koleksi batik yang dipamerkan di setiap sudut ruangan. Gedung yang memang berbentuk rumah ini berada di Jalan Tambak Dukuh. Koleksi batik yang dimiliki museum ini memiliki motif dan corak yang beragam dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia.
Rumah Batik pernah membuat rekor dengan batik berlogo Surabaya terbesar di Indonesia. Jika tertarik dengan kesenian batik dan ingin mengetahui ciri khas corak dan motf batik yang ada di masing-masing daerah seluruh Indonesia, disinilah tempatnya.

10. Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran
Di Pantai Lama
Tempat wisata di Surabaya dengan suasana alam adalah Pantai Kenjeran. Pantai ini sangat terkenal di Surabaya dan menjadi tujuan wisata favorit warga Surabaya untuk menghabiskan liburan bersama keluarga.

Panta Ria Kenjeran ( Kenpark )
Gerbang Pantai Ria Kenjeran
Di tempat ini pengunjung tidak hanya menikmati pemandangan alam, tapi bisa juga melakukan kegiatan seperti memancing, membeli ikan segar, menyewa perahu untuk menyusuri sepanjang pantai. Tips untuk wisatawan yang ingin mengunjungi pantai ini sebaiknya membawa tikar untuk duduk-duduk santai di bawah pohon.

Baca juga 10 Tempat Wisata di Garut yang Sering Dikunjungi.

Sebenarnya ada dua Pantai Kenjeran yaitu Pantai Lama dan Panta Ria Kenjeran ( Kenpark ), Lokasi kedua pantai ini sangat berdekatan. Baca juga informasi mengenai tempat wisata menarik di wilayah Jawa Timur di LINK ini.

10 Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik dan Layak Dikunjungi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar