Senin, 28 September 2015

9 Daftar Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kamu Kunjungi

9 Daftar Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kamu Kunjungi - Kota Solo menjadi salah satu kota yang selalu menjadi tujuan wisata dari pengunjung dalam dan luar negeri. Solo memiliki ciri khas yang sangat kental dengan budaya dan juga nilai perjuangan leluhur bangsa. Anda bisa datang ke kota Solo dengan berbagai akses seperti pesawat terbang, kereta api dan juga bus. Solo juga kota yang sangat ramah dan hampir semua penduduknya memiliki sifat yang ramah dan baik hati dengan pengunjung. Jika Anda berencana datang ke kota Solo selama 2 atau 3 hari, berikut ini beberapa tempat wisata di Solo yang terkenal yang layak masuk ke daftar tujuan Anda.

1. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Siti Hinggil Keraton Surakarta
Siti Hinggil Keraton Surakarta, Wikipedia
Salah satu bukti bahwa kota Solo memang menyimpan sejarah dan ikatan budaya yang kuat adalah adanya keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Keraton ini memang berbeda dengan keraton yang ada di Yogyakarta yang memegang pemerintahan istimewa. Bangunan keraton masih berdiri dan tidak ada satupun bagian keraton yang mengalami kerusakan. Pihak keraton selalu memelihara semua peninggalan ini. Pengunjung bisa datang ke keraton antara pukul 08:00 – 16:00. Anda bisa menikmati berbagai jenis peninggalan keraton yang sangat lengkap. Anda juga  bisa mengunjungi beberapa bagian keraton namun tetap tidak bisa masuk ke akses dalam keraton karena alasan tertentu. Pada tanggal 1 Suro maka keraton akan melepaskan kebo yang dinamai dengan Kebo Kyai Slamet yang akan diarak keliling kota.

Baca juga 10 Tempat Wisata Di Jogja Yang Sayang Dilewatkan.

2. Museum Radya Pusataka

Museum Radya Pusataka
Museum Radya Pusataka
Museum Radya Pustaka terletak di pusat Taman Sriwedari di Jalan Slamet Riyadi. Ini adalah salah satu museum yang paling tua di Indonesia. Di dalamnya Anda bisa melihat berbagai peninggalkan benda benda bersejarah. Termasuk semua jenis benda yang berhubungan dengan keraton Surakarta hingga berbagai koleksi Napoleon Bonaparte. Berbagai jenis koin kuno dari berbagai negara juga bisa Anda lihat. Anda bisa mempelajari semua peninggalan ini lengkap dengan data yang disajikan di dekat berbagai benda kuno.
Peta lokasi Museum Radya Pusataka : klik disini.
Alamat Museum Radya Pusataka : Jl. Brigjen Slamet Riyadi No. 275 Penumping Laweyan Solo Jawa Tengah Sriwedari Laweyan.

3. Museum Batik Danar Hadi Solo

Museum Batik Danar Hadi Solo
Ndalem Wuryodiningratan
Solo memang terkenal dengan batik yang menjadi salah satu bagian sejarahnya. Hal ini bisa Anda lihat dari Museum Batik Danar Hadi. Produsen batik ini menjadi salah satu penghasil batik paling terkenal dan telah membuka toko dan butiknya di berbagai kota di Indonesia. Museum ini menggambarkan berbagai sejarah panjang awal batik di Indonesia. Anda juga bisa menikmati  berbagai koleksi batik dengan nilai sejarah yang sangat unik. Berbagai motif dan ciri khas memang terlihat sangat indah. Selepas Anda lelah mengelilingi museum maka Anda bisa belanjar berbagai jenis pakaian yang ada di outlet.
Peta lokasi Museum Batik Danar Hadi : klik disini.
Alamat Museum Batik Danar Hadi : Jalan Slamet Riyadi , Solo 57141, Indonesia.

Baca juga 12 Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya yang Populer.

4. Pasar Malam Ngarsopuro

Pasar Malam Ngarsopuro
Pasar Malam Ngarsopuro
Salah satu pasar malam yang masih hidup hingga saat ini di kota Solo adalah pasar malam Ngarsopuro. Pasar ini diadakan setiap malam minggu yang dipenuhi dengan pengunjung dari dalam dan luar kota. Bahkan banyak turis yang sangat menikmati keramaian pasar malam ini. Kawasan pasar ini terletak di Jalan Diponegoro. Letaknya sangat strategis dan dari tempat ini Anda bisa mengunjungi berbagai jenis tempat lain. Hal yang paling menarik dari salah satu tempat wisata di Solo ini adalah sangat nyaman untuk berkumpul bersama teman atau keluarga. Anda juga bisa menemukan berbagai jenis oleh-oleh seperti batik, kerajinan dan jika perut Anda lapar maka temukan kuliner yang sangat lezat. Pasar ini akan dibuka mulai pukul 7 hingga 11 malam.
Peta lokasi Pasar Malam Ngarsopura : klik disini.
Alamat Ngarsopura Night Market Solo : Jl Diponegoro, Solo

5. Pusat Grosir Solo

Pusat Grosir Solo
Pusat Grosir Solo via pusatgrosirsolo
Salah satu tempat wisata di Solo lain yang selalu tidak pernah terlewatkan oleh pengunjung adalah Pusat Grosir Solo. Sesuai dengan namanya maka Anda bisa berbelanja murah di tempat ini dengan jumlah banyak. Namun untuk pembelian eceran tentu memiliki harga yang berbeda. Pusat  belanja ini khusus menyediakan berbagai koleksi busana seperti batik, sepatu dan tas yang semuanya dari batik. Anda juga bisa menemukan kaos khas Solo dengan gambar dan tulisan identik kota Solo. Jika Anda datang ke Solo maka jangan lewatkan untuk mampir dan berbelanja oleh-oleh. Lokasi tempat ini terletak di dekat alun-alun kota Solo.

6. Galabo Solo

Galabo Solo
Galabo Solo
Galabo adalah salah satu wisata di Solo yang menyajikan berbagai jenis makanan atau kuliner khas Solo. Galabo merupakan salah satu pusat makanan yang terdiri dari singkatan Gladak Langen Bogan. Tempat ini terletak di kawasan Gladak yang menjadi pusat kota. Anda bisa menikmati tempat ini setiap malam namun untuk akhir pekan biasanya memang sangat ramai. Anda bisa menikmati berbagai jenis sajian masakan seperti gule kambing, sate, nasi hik dan berbagai jenis hidangan lain. Bahkan beberapa kuliner terkenal di Solo bisa Anda cicipi di sini.

7. Kampung Batik Laweyan Solo

Kampung Batik Laweyan Solo

Banyak tempat di Solo yang memang identik dengan batik karena sejarah batik memang sangat kental di sini. Jika Anda ingin melihat bagaimana proses pembuatan batik secara langsung maka datanglah ke kampung batik Laweyan. Anda bisa masuk ke kawasan sentra batik yang bangunan rumahnya sangat khas rumah jaman dulu. Bahkan tempat ini memang dikembangkan oleh pewaris keluarga pembatik yang dulu hubungannya memang berdagang dengan tamu keraton Solo. Anda juga bisa berbelanja di pusat batik yang berada di dalam rumah. Ada berbagai jenis motif dan warna yang bisa Anda pilih. Tidak hanya baju batik tapi juga sepatu, tas dan kaos dengan ciri khas batik.

Baca juga Tempat Wisata Dieng Wonosobo, Wisata Alam dan Budaya.

8. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran
Bagian depan Pendopo Ageng Pura Mangkunegaran, wikipedia
Pura Mangkunegaran menjadi salah satu tujuan wisata di Solo yang tidak bisa Anda lewatkan. Tempat ini sangat dekat dengan sejarah di Solo. Ketika itu kerajaan Mataram dipecah oleh Belanda yang kemudian memisahkan keraton Yogyakarta dan Solo. Dua tahun setelah peristiwa ini maka kembali kasunan Surakarta terbelah menjadi dua yaitu kasuanan Surakarta dan Mangkunegaran. Raden Mas Said kemudian diangkat menjadi raja di Mangkunegaran. Jika Anda datang ke tempat ini maka Anda bisa melihat berbagai koleksi peninggalan. Koleksi seputar beberapa benda yang pernah digunakan pada masa Raja Mangkunegaran.

Baca juga 9 Tempat Wisata di Banyuwangi Wajib Anda Datangi.

9. Taman Hiburan Sriwedari Solo

Taman Sriwedari

Hingga saat ini Solo memang masih menyelanggarakan berbagai jenis acara tradisional untu melestarikan kebudayaan bangsa. Jika Anda ingin melihat beberapa seni tradisional seperti tari Ramayani, ketoprak atau wayang kulit maka Anda bisa mengunjungi Taman Hiburan Sriwedari. Taman ini khusus digunakan untuk menggelar berbagai acara seni. Masyarakat Solo hingga saat ini juga masih menyukai berbagai acara seni. Bahkan banyak wisatawan asing yang selalu datang ke berbagai pertunjukan. Namun tidak hanya acara seni saja sebab Anda bisa datang pagi, siang atau sore hanya untuk bermain di taman. Selain itu tempat ini juga biasanya dilakukan untuk menggelar berbagai acara hiburan seperti keroncong atau dangdut. Jadi mengapa Anda tidak mengunjungi salah satu tempat wisata di Solo yang menarik ini.

9 Daftar Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kamu Kunjungi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar