Selasa, 08 September 2015

13 Tempat Wisata di Bogor Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Kota Bogor masuk ke dalam provinsi Jawa Barat, namun letak kota ini, berada dekat dengan Ibukota Jakarta tepatnya sekitar 53 km ke arah Jakarta Selatan. Daerah ini mempunyai banyak sekali tujuan wisata unik yang patut untuk Anda kunjungi. Tentunya ini akan menjadi sebuah liburan yang praktis dan juga ekomonis. Bagaimana tidak, karena kawasan ini lebih dekat dengan daerah Ibukota. Secara otomatis ada banyak sekali warga Ibukota yang berkunjung ke daerah ini ketika liburan singkat tiba.

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Bogor yang patut Anda kunjungi ketika berada di daerah Bogor ini ;

1. Kebun raya bogor

Kebun raya bogor
Suasana sejuk dan asri di Kebun Raya Bogor via eibidiei
Jika Anda menginginkan liburan yang menarik dengan suasana kebun yang indah, tentunya Anda dapat  mengunjung kawasan yang satu ini. Tempat ini dijadikan sebagai kebun botani tertua di Asia, dimana di dalam kebun ini terdapat 15.000 jenis pohon yang tumbuh di kawasan tersebut.

Jika Anda berjalan-jalan ke bagian belakang kebun Raya ini, maka Anda akan menemukan sebuah danau yang sanga indah, dan tidak jauh dari tempat itu terdapat sebuah jembatan gantung yang tentunya tidak dapat ditolak bagi Anda para penggemar selfie. Jika Anda merasa lapar, maka Anda dapat mengunjungi  Cafe De Daunan yang berada di kawasan tersebut. Di kawasan ini juga terdapat beberapa macam satwa yang sengaja ditangkarkan dan juga dipelihara.

Kebun raya bogor
Kolam di Kebun Raya, Photo credit
Di kawasan ini juga terdapat sebuah istana yang disebut juga dengan Istana Bogor, dahulu istana ini dsebut dengan nama Istana Biutenzorg, dan didalam istana inni terdapat berbagai macam benda seni yang indah.

2. Museum Etnobotani

Museum Etnobotani
Koleksi Museum Etnobotani Bogor via rucitradeasy
Museum Etnobotani ini diresmikan pada tahun 1982 oleh Mestistek kala itu yaitu BJ. Habibie, dimana di dalam museum tersebut dipamerkan sekitar 1700 benda khas dari setiap suku yang ada di Indonesia. Benda-benada tersebut berada di ruang kaca, dengan sistem penomoran yang cukup jelas. Di tempat ini Anda akan belajar banyak mengenai manfaat dari beberapa tumbuhan tertentu yang sering digunakan oleh beberapa suku yang ada di Indonesia.

3. Museum PETA

Museum PETA
Patung Jendral Sudirman di Museum PETA
Museum PETA
Beberapa benda koleksi Museum PETA via pecinta wisata
Museum PETA atau singkatan dari Museum Pembela Tanah Air, ada banyak sekali catatan perjuangan yan g ada di tempat ini. Ini adalah cikal bakat lahirnya Tentara Nasional Indonesia. Di tempat ini Anda akan melihat berbagai macam hal yang tentunya dapat  meningkatkan rasa semangat dan cinta tanah air.

4. Situ Gede

Situ Gede
Situ Gede dengan latar belakang Hutan Penelitian Dramaga dan di kejauhan, instalasi pengukur cuaca Stasiun Klimatologi Dramaga, Photo credit
Situ Gede, Situ yang berarti danau dalam bahasa sunda dan Gede yang berarti besar, jadi Situ gede artinya danau besar. Di tempat inilah banyak warga yang sering memancing ikan, karena ikan di tempat ini cukup banyak. Jika Anda tertarik untuk memancing di tempat ini, Anda dapat menyewa perahu dan memancing ke daerah tengah. Tempat ini juga pernah dijadikan sebagai lokasi shooting salah satu sinetron yang ditayangkan di salah satu Stasiun Televisi Swasta.

5. Warso Farm

Warso Farm Bogor
Agrowisata long life education Warso Farm via harjo
Warso Farm adalah tempat wisata di Bogor yang patut untuk Anda kunjungi berikutnya. Objek wisata ini adalah untuk Anda yang menyukai durian. Tempat ini memiliki luas sekitar 8,5 Hektar, dan termasuk salah satu pelopor agrowisata durian yang ada di Indonesia. Terdapat sekitar 900 pohon yang ada di kawasan ini, dengan jumlah varietas durian sekitar 19 jenis.
Di tempat ini Anda dapat menikmati berbagai macam kuliner yang terbuat dari bahan durian.

6. Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang
Pertunjukan kesenian tari di Kampung Budaya Sindangbarang via awibowo325
Kampung Budaya Sindangbarang adalah tempat wisata di Bogor yang dapat Anda kunjungi berikutnya. Kawasan inni termasuk kedalam kawasan budaya dengan kearifan lokal dan tradisi yang masih dipegang teguh. Daerah ini sudah ada sejak abad ke-12, menurut catatan Babad Pajajaran, dan berdasarkan patun Bogor ini adalah sebuah tempat atau keraton untuk salah satu istri prabu Siliwangi. Di kampung ini adakalanya disuguhkan berbagai macam kesenian khas Jawa Barat, seperti angklung gubrag, dll.

7. Prasasti batu Tulis

Prasasti batu Tulis
Salah satu prasasti yang ada di komplek Prasasti Batu Tulis Bogor via cisadane update
Apakah Anda ingin melihat sejarah masa lalu, maka Anda dapat mengunjungi prasasti batu tulis. Di tempat wisata di Bogor yang satu ini, Anda dapat menyaksikan batu dengan tapak kaki Prabu Surawisesa dan juga beberapa batu lainnya  yang menjadi saksi tentang masa lalu Pajajaran.

8. The Jungle Water Adventure

The Jungle Water Adventure
Wisata air di The Jungle Water Adventure Bogor via skynawa
Untuk Anda yang menyukai wisata air, dapat mengunjungi tempat wisata di Bogor yang satu ini. Dengan  latar belakang gunung Salak, dan juga gunung Pangrango membuat tempat wisata yang satu ini menjadi lokasi yang menarik untuk dikunjungi. Di tempat ini juga disediakan berbagai macam jenis wahana permainan air yang sangat menyenangan. Orang dewasa dan juga anak-anak juga dapat bermain di tempat ini. Salah satu wahana yang mendebarkan dan tentunya patut untuk Anda coba adalah Tube Slide yang memiliki panjang lintasan sekitar 100 meter dengan ketinggian sekitar 12 meter.

9. Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari
Wisata keluarga di tengah taman buah Mekarsari via jakartajasautamatravel
Banyak dari Anda yang sudah mengetahui tempat wisata di Bogor yang satu ini, Taman Wisata Tamasari. Ini juga yang menjadi maskot kota Bogor. Tempat ini menjadi salah satu wisata favorit warga Jakarta dan juga wisatawan lainnya. Karena di tempat ini Anda akan dapat menyaksikan berbagai macam buah-buahan dan juga tanaman lainnya. Selain itu taman yang mempuyai luas 264 hektar ini mempunyai berbagai macam wahana yang menyenangkan untuk dikunjungi seperti wahana Water Kingdom, dll.

10. Taman Safari

Taman Safari
Taman Safari Indonesia Bogor
Apakah Anda ingin melihat binatang liar dari jarak dekat.  Tentunya Anda dapat mengunjungi tempat wisata di Bogor Taman Safari. Di tempat ini ada banyak sekali hewan liar dengan menangkaran khusus. Taman safari ini juga menyajikan program taman Safari malam, dimana anda dapat menikmati dan juga melihat berbagai kegiatan yang dilakukan oleh binatang liar pada malam hari. Untuk siang hari tempat ini dibuka sejak pulul 9 pagi hingga 11.30 siang, sedangkan untuk tiket masuk sekitar Rp 140 ribu per orang.

11. The Highland Park Resort

The Highland Park Resort
Tempat permainan anak dan kolam renang di The Highland Park Resort via wisnu wisdiarta

The Highland Park Resort adalah sebuah resort dengan nuansa Mongolia. Bentuk rumahnya menyerupai tenda orang Mongolia, namun jika Anda masuk ke dalam tenda tersebut maka ada berbagai macam fasilitas khas sebuah resort. Di tempat ini Anda juga dapat menikmati gunung Salak yang menawan. Ada beberapa wahana seperti flying fox, futsal, dll yang disediakan disini.

12. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Mekarsari
Menyusuri sungai dengan perahu naga di Taman Wisata Matahari bogor via 2dheart
Tempat wisata di Bogor berikutnya adalah taman Wisata Matahari. Ini adalah tempat yang paling nyaman untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta. Di dalam tempat ini ada berbagai macam wahana menarik bahkan beberapa sangat memacu adrenalin, seperti arung jeram, flying fox, ATV, dll. Untuk anak-anak ada beberapa wahana edukatif seperti menanam di sawah, wisata danau, dll.

13. Taman Riung Gunung

Taman Riung Gunung
Taman riung gunung via yuk piknik
Taman Riung Gunung adalah tempat wisata di Bogor berikutnya. Jika anda menyukai pemandangan alam yang sejuk, dan juga ingin menikmati kebuh teh yang menghampar, tidak ada salahnya untuk mengunjungi kasawan yang satu ini. Di tempat ini Anda akan menikmati hamparan tanaman teh yang menghijau. Untuk urusan menginap tidak perlu khawatir, karena di tempat ini juga ada beberapa penginapan. Baca juga ulasan menarik tentang 10 Tempat Wisata Menarik Yang Ada di Lembang.

Demikianlah ulasan mengenai tempat wisata di Bogor, ini tentu akan menjadi panduan yang menarik bagi Anda yang hendak mengunjungi kawasan Bogor ini.[]

13 Tempat Wisata di Bogor Yang Menarik Untuk Dikunjungi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar