Selasa, 22 September 2015

10 Tempat Wisata Kuliner di Semarang yang Wajib Dicoba

Tempat Wisata Kuliner di Semarang - Anda sudah pernah mengunjungi Semarang? Tak lengkap rasanya bila mampir ke Semarang tidak mencicipi makanan atau minuman khas dari Semarang. Semarang selain terkenal dengan keeksotisan wisata bangunan peninggalan bersejarah juga terkenal dengan wisata kuliner Semarang, baik yang baru buka maupun yang sudah melegenda. Cita rasa yang nikmat membuat orang untuk terus mampir mencoba lagi dan lagi. Berikut kami rekomendasikan beberapa wisata kuliner Semarang yang bisa jadi menjadi favorit Anda!

1. Angkringan Gaul Ampiran 3

Angkringan Gaul Ampiran 3
Angkringan Gaul Ampiran 3
Tidak hanya di Yogyakarta saja kita dapat menjumpai kuliner berkonsep angkringan. Bila Anda mulai merindukannya, langsung saja berkendara ke wisata kuliner Semarang Jl. Durian Raya Banyumanik, yaitu Angkringan Gaul Ampiran 3. Dari namanya saja sudah menarik, memberikan identitas bahwa angkringan ini ingin disebut berbeda dari yang lainnya. Ya, angkringan ini lebih berkonsep lebih ke ‘muda-mudi’ dan ‘gaul’. Tentu saja menu utama angkringan sudah dipatenkan, pasti ada nasi kucing serta beragam lauk pauk pelengkap, seperti tempe bacem, tahu, sate telur puyuh, dan aneka gorengan menggugah selera lainnya. Hanya saja bedanya dari segi desain lokasi yang nyaman untuk nongkrong, fasilitas internet gratis, ada pertunjukan musik juga.

2. Bakmi Jawa Pak Gareng

Bakmi Jawa Pak Gareng
Bakmi Jawa Pak Gareng via vintaandherhobby
Ada angkringan, adapula bakmi jawa. Tidak usah khawatir apabila Anda ingin menikmati bakmi jawa yang mantap namun Anda saat ini berada di Semarang, karena jika Anda bergerak menuju Jl. Wot Gandul Dalam, di situ Anda akan menemukan warung Bakmi Jawa milik Pak Gareng. Seperti warung bakmi pada umumnya terdiri dari bakmi kuah atau godog dan bakmi goreng, dimasak satu persatu menggunakan tungku arang, jadi apabila memesan menu bakmi dalam jumlah banyak, Anda harus menunggu dengan sabar. Topping yang disajikan ada bermacam-macam serta menggugah selera, ayam goreng disuwir, telor bebek, sayur-mayur seperti kol dan sawi segar. Apabila menginginkan menu lain selain mie, di sini juga menyediakan sate untuk menambah nafsu makan Anda saat di Semarang.

Peta lokasi Bakmi Jawa Pak Gareng via googlemaps : klik disini.
Alamat Bakmi Jawa Pak Gareng : Jl. Wot Gandul Dalam No.173 Semarang Tengah Kota Semarang, Jawa Tengah 50135

Baca juga 8 Tempat Wisata Di Semarang Yang Menarik Dan Wajib Dikunjungi.

3. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Wisata kuliner Semarang yang menyediakan menu kambing? Jangan khawatir, ada di warung gulai kambing bustaman Pak Sabar. Memang tidak seperti kebanyakan restoran atau rumah makan, hanya berupa warung kaki lima, tapi jangan salah, peminatnya sudah meluber karena rasanya yang nikmat. Bila Anda sudah mulai lapar dan tergiur setelah membaca artikel ini, langsung saja berkunjung ke alamat kawasan daerah kota tua Semarang. Gulai dengan bahan baku kambing ini dimasak dengan kuah yang bening, ditaburi bubuk kelapa sangrai kering atau biasa disebut koya gurih. Benar-benar sajian berkelas, karena tidak menimbulkan eneg berlebihan akibat kuah gulai yang biasanya cenderung kental berlemak.

4. Mie Siang Kie

Mie Siang Kie
Semangkukl Mie Siang Kie via yukmakan
Berikut kami sajikan menu mie (lagi). Eits, tunggu dulu. Mie ini beda dengan bakmi jawa sebelumnya. Menu makanan yang kental dengan nuansa Chinese food ini menghidangkan pangsit mie yang toppingnya adalah daging babi yang lezat. Ayo, pecinta mie segera berkendara ke suatu tempat di Semarang, yaitu Gang Lombok. Racikan mie ini dipastikan membuat anda ingin menambah beberapa porsi lagi, daging babi yang manis dan beraroma kuat, dikombinasikan dengan mie yang kenyal serta lezat, ditaburi bawang goreng serta sayur segar.

5. Soto Bangkong

Soto Bangkong
Soto Bangkong Semarang
Apa itu soto bangkong? Wisata kuliner Semarang berikutnya kami hadirkan di Jl. Brigjen Katamso. Bagi angkatan era 50an pasti sudah paham dengan menu makanan ini. Dinamakan soto bangkong tentu bukan tanpa alasan, karena dulu tempat berdirinya warung soto ini berada di Jl. Bangkong. Tentunya soto ini menjadi menu khas Semarang dengan campuran istimewa antara bihun atau soun, suwiran ayam goreng, kecambah, siraman kuah panas yang bening, serta taburan bawang goreng yang renyah. Soto yang berdiri sejak lama ini sudah merintis sejak awal karirnya dari soto berkeliling sampai mempunyai lahan sendiri untuk mendirikan warung hingga saat ini.

Peta lokasi Soto Bangkong Semarang via googlemaps : klik disini.
Alamat Soto Bangkong Via googlemaps : Ruko Bangkong Plaza Jl. Brigjen Katamso No.1 Jawa Tengah.

6. Bebek Goreng Pak Thori

Bebek Goreng Pak Thori

Bosan dengan menu ayam? Kali ini kami akan mengajak Anda untuk menikmati sajian menu bebek goreng milik Pak Thori. Dengan bumbu khas serta sambal yang dipercaya bisa membuat Anda berkeringat serta kepanasan saking pedasnya. Tidak sulit untuk mencari warung ini, langsung saja berkendara ke Jl. Raya Gunungpati Semarang.
Bebek pada umumnya berdaging keras, berbau khas amis, apabila tidak pandai mengolah dan membersihkannya. Tapi di sini itu semua tidak berlaku, daging lembut yang dihasilkan karena pemasakan yang benar serta teruji, serta perawatan daging bebek sehingga tidak menimbulkan bau amis. Sudah sampai di sini, tapi masih tidak suka bebek? Bisa memilih menu lain seperti ayam, lele serta olahan lainnya.

7. Rumah Makan Asem-asem Koh Liem

Rumah Makan Asem-asem Koh Liem
Rumah Makan Asem-asem Koh Liem
Namanya yang unik dapat menarik perhatian konsumen, ada apa sih di rumah makan ini? Mungkin sajian yang ditawarkan sering dijumpai di tempat lain, tapi ada yang menjadi primadona di rumah makan Jl. Karanganyar ini, yaitu menu masakan asem-asem. Paduan daging lembut dari sapi pilihan kemudian disiram kuah asam khas yang berasal dari belimbing wuluh dan potongan dadu tomat merah.  Masakan yang sehat ini dapat melepaskan dahaga serta mengenyangkan perut Anda.

Peta lokasi Rumah Makan Asem-asem Koh Liem via googlemaps : klik disini.
Alamat Rumah Makan Asem-asem Koh Liem : Jl. Karanganyar Blok C-4/28, Brumbungan Jawa Tengah 50135.

8. Rumah Makan Kampung Laut

Rumah Makan Kampung Laut
Suasana Rumah Makan Kampung Laut via lytampfamily.wordpress.com
Ingin berwisata kuliner sekaligus wisata rekreasi seperti memancing? Anda bisa menuju ke Rumah Makan Kampung Laut tepatnya Jl. Anjasmoro Semarang. Di sini Anda bisa berwisata kuliner ikan segar tanpa awetan hasil pancingan Anda sendiri. Hiburan sejuk karena seperti makan di pedesaan dengan sawah serta kolam air, di bawah naungan saung bambu. Untuk anak-anak, tidak usah bingung, di sini ada hiburan menyenangkan seperti mainan perosotan, ayunan kecil, dan mainan anak lainnya.

Peta lokasi Rumah Makan Kampung Laut via googlemaps : klik disini.
Alamat Rumah Makan Kampung Laut : Komplek Puri Maerokoco, PRPP, Jl. Anjasmoro Tawang Mas Kota Semarang Jawa Tengah.
Baca juga 12 Tempat Wisata Kuliner Bandung Paling Populer.

9. Restoran Pesta Keboen

Restoran Pesta Keboen
Restoran Pesta Keboen via seputarsemarang
Mari kami ajak sedikit ke tempat makan yang eksotis dan unik di Semarang. Dengan bangunan unik seperti jaman 80an karena memang tema dari restoran ini adalah nostalgia atau retro. Tentunya apabila melewati daerah sekitar Jl. Veteran, anda akan segera dengan mudah menemukan restoran jadul ini.
Disediakan tempat di dalam seperti restoran pada umumnya, juga konsep garden di luar dengan view yang romantis serta syahdu semilir angin. Semua terserah Anda ingin memilih meja yang mana, sama menariknya. Dengan konsep restoran masa kini tapi tema nostalgia bersama pertunjukkan musik, menjanjikan wisata kuliner di Semarang yang tak terlupakan.

Peta lokasi Restoran Pesta Keboen via googlemaps : klik disini.
Alamat Restoran Pesta Keboen : Jl Veteran 29 Semarang.

10. Waroeng Semawis

Waroeng Semawis
Pasar Semawis
Mungkin Anda mengira tempat ini sebuah warung seperti pada umumnya, tapi Anda salah, karena di sini berkonsep pujasera jajanan dan kuliner Chinese food, tepatnya di pusat pecinan kota Semarang. Kebanyakan menu yang dihadirkan adalah masakan yang mengandung daging babi, jadi harus cermat bagi Anda yang muslim agar dapat turut menikmati masakan yang halal di tempat ini.
Peta lokasi Waroeng Semawis via googlemaps : klik disini.

Baca juga informasi mengenai Objek wisata di Provinsi Jawa Tengah.

Demikian sekilas ulasan mengenai sepuluh tempat wisata kuliner semarang yang patut untuk dicoba semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.[]

10 Tempat Wisata Kuliner di Semarang yang Wajib Dicoba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar