Selasa, 29 September 2015

10 Tempat Wisata di Garut yang Sering Dikunjungi

Tempat Wisata di Garut yang Sering Dikunjungi - Siapa yang tidak kenal dengan kota Garut? Kota yang dikenal dengan dodolnya ini menyimpan sejuta pesona di setiap sudut daerahnya. Salah satu kota di Jawa Barat ini berada di lingkungan alam pegunungan dan pantai. Oleh sebab itu, banyak spot-spot menarik yang bisa dijadikan tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Berikut adalah ulasan mengenai tempat wisata di Garut.

1. Pantai Santolo

Pantai Santolo
Sunset di Pantai Santolo Garut, Photo credit
Pantai ini terletak di Kecamatan Sikelet Kabupaten Garut. Tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi terutama pada akhir pekan. Wisatawan yang memadati tempat ini kebanyakan berasal dari Bandung. Pemandangan alam yang disuguhkan sungguh mempesona dengan deburan ombak pantai Laut Selatan yang dikenal buas. Selama masih berada di batas aman pinggir pantai, pengunjung masih bisa bermain air.

2. Situ Bagendit

Situ Bagendit
Situ Bagendit
Situ dalam bahasa Sunda berarti danau. Situ Bagendit sendiri berada di Kecamatan Banyuresmi. Tempat wisata ini sangat populer di masyarakat. Situ ini terkenal dengan legenda yang menyelimutinya. Cerita mengenai terbentuknya danau dari tongkat yang dicabut seorang pengemis dari tanah kemudian menciptakan mata air.

Menuju lokasi tempat wisata di Garut ini sangat menyenangkan, sebab pemandangan alam sepanjang jalan sangat indah dengan komposisi gunung dan bukit dipadukan dengan sawah terasering. Pemandangan danau yang berjarak sekitar 4 km dari kota Garut ini sangat tenang dengan airnya yang jernih.

Tiket masuk ke Situ Bagendit sangat murah, hanya Rp1.000. Di sini juga disewakan rakit, perahu dan sepeda air kepada pengunjung. Sewa rakit hanya Rp20.000. Sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga.

Baca juga 13 Tempat Wisata di Bogor Yang Menarik Untuk Dikunjungi.

3. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya
Pantai Rancabuaya
Tempat wisata di Garut yang terkenal salah satunya adalah pantai Rancabuaya. Pantai ini masih termasuk dalam deretan pantai Laut Selatan yang berhubungan langsung dengan Samudera Hindia. Seperti karakter pantai Laut Selatan lainnya, pantai Rancabuaya juga memiliki ombak yang cukup besar. Di sini pengunjung dapat bermain air diantara batu karang dan pasir pantai yang bersih.

4. Curug Orok

Curug Orok
Curug Orok
Curug atau air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Terletak di desa Cikandang, air terjun ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari luar daerah untuk menikmati keindahan pemandangannya. Memang Curug Orok adalah satu objek wisata air terjun yang mudah diakses dari kota Garut. Berada di sebelah selatan kota Garut, sepanjang 25 km perjalanan akan disuguhi bentangan alam gunung Papandayan dan gunung Cikuray.

Tiket masuk salah satu tempat wisata di Garut ini adalah Rp10.000. Sedangkan untuk parkir kendaraan dikenakan tarif parkir normal antara Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

5. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan
Gunung Papandayan
Gunung ini cukup populer di kalangan masyarakat Jawa Barat. Lokasi gunung ini berada di kecamatan Cisurupan. Gunung Papandayan adalah salah satu gunung yang masih aktif. Potensi wisata di gunung ini adalah pemandangan alam yang indah dengan kawahnya yang cantik, serta sumber air panas yang bisa digunakan untuk mandi. Kawah di gunung ini cukup banyak, ada 14 kawah, namun yang paling besar adalah Kawah Mas. Dari area parkir menuju kawah hanya membutuhkan waktu 20 menit berjalan kaki.

Baca juga 10 Tempat Wisata Menarik Yang Ada di Lembang.

Beberapa pendaki juga sering melakukan pendakian di gunung Papandayan untuk mendapatkan pengalaman mendaki serta menikmati keindahan matahari terbit dari atas gunung. Jalan menuju gunung Papandayan sangat bagus dan mulus.

6. Air Panas Cipanas

Air Panas Cipanas
Air Panas Cipanas
Tempat wisata di Garut ini merupakan salah satu tempat wisata yang sudah sangat dikenal masyarakat. Lokasinya cukup dekat dengan kota Garut hanya sekitar 6 km perjalanan. Sepanjang jalan pemandangan yang terbentang masih tampak sangat asri dan alami. Pemandian air panas ini sering digunakan masyarakat untuk mandi, selain menyegarkan air yang ada di pemandian dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Pemandian air panas yang juga dikenal pemandian Cisolok ini bersumber dari geyser, yaitu air panas yang keluar dari kerak bumi. Ini berbeda dengan air panas lainnya yang bersumber dari mata air. Untuk menambah sensasi pemandangan air panas, penduduk sekitar menyusun batu di antara celah sumber air sehingga menciptakan semburan air yang bisa mencapai 3 meter. Jika pengunjung ingin mandi secara lebih privat bisa memanfaatkan pemandian air panas yang dikelola warga.
Menuju tempat ini wisatawan akan melewati jembatan gantung sederhana. Tentu saja ini menambah sensasi bagi pengunjung salah satu tempat wisata di Garut.

7. Candi Cangkuang

Candi Cangkuang
Candi Cangkuang
Candi Cangkuang berada di lokasi yang tidak jauh dengan Situ Bagendit. Namun, sayang jalan menuju tempat wisata di Garut ini sempit dan jelek. Sampai di tempat wisata pengunjung tidak akan langsung menemukan candi di sana, karena candi Cangkuang berada di pulau seberang situ. Memang candi Cangkuang terletak di pulau kecil di tengah Situ Cangkuang.

Untuk menuju pulau tersebut pengunjung dapat menyewa rakit seharga Rp15.000. Situ Cangkuang terlihat lebih bersih daripada Situ Bagendit. Pemandangan alamnya dilatari pegunungan, salah satunya adalah Gunung Haruman.

Candi Cangkuang sendiri berdiri di tengah pulau dengan ukuran yang tidak terlalu besar, namun masih bisa dimasuki. Candi peninggalan Hindu ini menyimpan arca dewa Siwa di dalamnya. Di sebelah candi terdapat makam Eyang Embah Dalem Arif Muhammad, seorang tokoh yang menyebarkan agama Islam di daerah Cangkuang. Disebut desa Cangkuang karena memang di tempat ini banyak ditumbuhi tanaman cangkuang, yaitu sejenis pandan-pandanan.

8. Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha
Sumber: tripgabungan.com
Wisata pantai di Garut seakan tidak ada habisnya. Pemandangan alam yang indah sesuai ciri khas masing-masing pantai memberikan sensasi berbeda di setiap tempat. Salah satu pantai tempat wisata di Garut adalah Pantai Puncak Guha. Keunikan dari pantai ini adalah pemandangan yang tersaji hanya dapat dinikmati dari atas bukit.

Jika pengunjung membawa anak-anak pastikan berada di bawah pengawasan, sebab tempatnya yang berada di ketinggian. Fasilitas yang ada di tempat ini belum dikelola dengan baik, karena belum adanya campur tangan pemerintah untuk mengembangkan tempat ini sebagai tempat wisata. Letak pantai ini tidak jauh dari pantai Rancabuaya, jadi pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di Rancabuaya. Tiket masuk ke pantai Puncak Guha cukup murah, hanya Rp5.000 perorang.

Baca juga 10 Tempat Wisata di Bandung yang Jarang Diketahui Orang.

9. Makam Godog

Makam Godog
Makam Godog via sobatadventure
Makam Godog dianggap istimewa karena dipercaya sebagai makam Prabu Kian Santang atau dikenal dengan nama Syekh Sunan Rohmat putra Prabu Siliwangi dari kerajaan Pajajaran. Makam ini berada di lereng gunung Karacak, tepatnya di desa Lebak Agung kecamatan Karangpawitan. Tempat ini dikeramatkan masyarakat maka banyak dikunjungi peziarah.

10. Talaga Bodas

Talaga Bodas

Satu lagi tempat wisata di Garut yang layak dikunjungi adalah Kawah Talaga Bodas. Dalam bahasa Sunda ‘talaga bodas’ berarti telaga putih. Kawah ini berada di ketinggian 1512m di atas permukaan laut. Berada di desa Sukamenak kecamatan Wanaraja dengan jarak tempuh sekitar 14km dari kota Garut. Kondisi jalan menuju tempat ini juga cukup baik.

Baca juga 9 Daftar Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kamu Kunjungi.

Penduduk sekitas memanfaatkan lahan di sekitar lereng gunung dengan menanam sayuran, seperti kol dan tomat. Sehingga pemandangan alam di sekitar kawah sangat asri. Kawah Talaga Bodas sendiri berbentuk danau berwarna putih dengan asap yang mengepul. Tiket masuk ke tempat wisata di Garut ini Rp10.000 yang dapat dibeli di pos penjagaan.

10 Tempat Wisata di Garut yang Sering Dikunjungi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar