Minggu, 13 September 2015

10 Destinasi Wisata Kuliner Jogja yang Unik dan Istimewa

Inilahtempatwisata - 10 Destinasi Wisata Kuliner Jogja yang Unik dan Istimewa - Yogyakarta dan sejuta pesonanya. Mulai dari destinasi wisata berbudaya yang menarik, wisata alam yang menantang, pantai, air terjun, wisata Goa, hingga wisata kuliner Jogja yang menggugah selera. Ada banyak panganan khas Yogyakarta yang sayang bila Anda lewatkan bila sedang berada di kota pelajar ini. Selain makanan khasnya, tentunya tempat makan atau spot untuk wisata kuliner Jogja yang unik dan menarik menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Tentunya mengutamakan tempat dengan desain nyaman, fasilitas internet, live music, juga yang menjadi primadona adalah makanan dan minuman yang punya ciri khas masing-masing. Berikut ulasannya untuk Anda, kami berikan 10 tempat kuliner pilihan dari berjuta wisata kuliner Jogja yang ada untuk memanjakan Anda di Jogja tercinta!

1. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon
Sepiring nasi Gudeg Pawon
Tak komplit rasanya bila ke Jogja tanpa mencicipi legit dan gurihnya gudeg khas kota ini. Masih bosan dengan gudeg yang itu-itu saja? Ini sensasi barunya Gudeg Pawon, santapan kuliner gudeg nangka dengan suasana berbeda seperti di dapur tradisional. Seperti namanya, spot utama dari wisata kuliner Jogja ini adalah pelayanannya langsung dari dapur mengebul! Dengan tungku tradisonal menggunakan kayu bakar berjajar di tempat ini, sungguh aroma yang menambah rasa lapar. Langsung saja menyantap gudeg andalannya bersama lauk tambahan seperti ayam lalu ditambah dengan minuman teh hangat khas Jogja. Bisa juga buat oleh-oleh lho.. langsung saja datang lebih awal jam 10 malam untuk mengantre dengan sabar! Beralamat di Jl. Dr. Soepomo, rasakan sensasi berbeda menyantap gudeg!

Peta lokasi : klik disini
Alamat Gudeg Pawon : Jl. Janturan 36-38, Warungboto, Yogyakarta, Indonesia
Jam buka : 22.00 WIB
Baca juga 12 Referensi Hotel Murah Di Jogja.


2. Sate Klathak

Sate Klathak
Sepiring Sate Klathak
Wisata kuliner Jogja selanjutnya adalah sate klathak milik Pak Pong. Belum pernah mendengar sate klathak? Ya, sate yang terbuat dari daging kambing ini mempunyai keunikan tersendiri beda dengan sate yang lainnya, karena tusukan sate yang biasanya bambu, diganti dengan besi panjang. Ya, sebenarnya penggunaan besi ini mempunyai alasan, untuk meratakan kematangan dari daging sate tersebut. Nah penamaan dari klathak sendiri karena bunyi suara dari pembakaran sate ini seperti bunyi ‘klathak klathak’ begitu, unik bukan?
Dengan bumbu racikan secara turun temurun, sederhana tapi menggoyang lidah, sate klathak Pak Pong ini selalu ramai dikunjungi. Ayo serbu ke daerah Imogiri di Bantul!

Alamat Sate Klathak Pak Pong : Jalan Imogiri Timur, Bantul, Yogyakarta
Jam buka : 10.00 - 24.00 WIB

3. Gudeg Manggar Manding

Gudeg Manggar Manding
Gudeg Manggar Ayam Dada
Gudeg lagi? Tenang.. yang ini ada perbedaannya dari gudeg sebelumnya dan termasuk unik. Wisata kuliner Jogja yang letaknya di Jl. Parangtritis ini menawarkan gudeg dengan bahan baku yang lain dari biasanya. Tadinya gudeg yang berasal dari nangka yang masih muda, kali ini diganti dengan bunga muda dari tanaman kelapa yang disebutnya sebagai manggar dalam bahasa jawa. Jangan lupa masakan pelengkap gudegnya seperti tempe dan krecek. Bahan manggar yang memiliki banyak khasiatnya ini dulu menjadi santapan khas kerajaan lho.. wow, spesial menunya!

Peta lokasi : klik disini
Alamat Manggar Manding : Jl. Parangtritis Km. 11,5 Manding, Bantul, Yogyakarta, Indonesia


4. Angkringan Lik Man

angkringan lik man
Kopi joss di Angkringan Lik Man
Mari kita beranjak ke wisata kuliner Jogja yang unik lainnya, yaitu angkringan, dimana di sini kita berkunjung ke Angkringan Lik Man. Angkringan sudah menjamur saat ini, karena kepopulerannya menjadikan tempat asyik untuk bersantap juga nongkrong menikmati malam Jogja. Banyak kalangan pendatang seperti mahasiswa memilih tempat ini untuk bercengkrama asyik sambil menyantap panganan khas Jogja murah meriah seperti nasi kucing, pelengkapnya ada bermacam-macam gorengan seperti tempe tahu ayam. Jangan lupa juga untuk mencicipi minuman khas di sini yaitu kopi yang dicelupkan arang panas saat pembuatannya, bunyinya yang khas serta rasanya yang mantap membuat menu ini menjadi andalan di angkringan Lik Man. Langsung saja menyambangi tempat ini di sekitaran Stasiun Tugu pada sore hari.

Alamat Angkringan Lik Man : Jl. Wongsodirjan, Yogyakarta 55271 ( kawasan stasiun Tugu Jogja )

5. Bong Kopitown

Bong Kopitown

Bong Kopitown adalah tempat wisata kuliner di Jogja unik lainnya. Bila kita memasuki kawasan ini, langsung disuguhkan pemandangan epic serta menakutkan, karena terdapat nuansa penjara di sekitarnya. Setiap tempat meja kursi dibatasi oleh pagar besi seperti penjara. Jadi bila ingin menikmati makanan atau memesan, kita langsung bilang kepada pelayannya yang berperan sebagai sipir atau penjaga penjara, nantinya makanan akan diantar ke setiap sel penjara buatan ini. Kita bisa menikmati makanan seperti makanan ala café serta bacaan tentang pertama kali tempat makan didirikan.

Peta lokasi : klik disini.
Alamat Bong Kopitown : Jl. Sagan kidul 4 Yogyakarta, Indonesia.


6. Kalimilk

Kalimilk

Di Kalimilk Anda disuguhkan menu berbeda yaitu menu panganan berbahan susu yang banyak digemari oleh berbagai kalangan tak terbatas usia. Menjamurnya warung kopi atau café membuat tempat ini bereksperimen dengan susu, entah dibuat minuman beraneka macam, kue-kue menarik dan lezat. Ada juga disediakan dengan porsi besar bisa dinikmati ramai-ramai.
Model desain tempat yang dibuat outdoor memungkinkan angin semilir menyusup menambah semarak tempat ini tanpa adanya pendingin ruangan. Langsung saja ajak teman-teman serta pasangan untuk mengunjungi tempat ini, di Jl. Kaliurang Yogyakarta.

Alamat Kalimilk : Jl. Kaliurang KM 4,9, Yogyakarta.

7. House of Raminten

House of Raminten
House of Raminten
House of Raminten. Siapa sih yang tidak mengenal tempat ini? Kemasan menarik santapan khas Yogyakarta dengan sentuhan modern menjadikan tempat ini mudah diingat serta menjadi destinasi wisata kuliner Jogja yang ramai dikunjungi. Apabila anda berada di sekitaran Jl. FM Noto daerah Kota Baru, dengan mudah tempat ini bisa ditemukan karena desain tempat ini yang nyentrik serta berbeda dari bangunan di sekelilingnya. Aroma dupa yang khas di sini serta para waiter/s yang berbusana ala adat jawa kental mewarnai suasana tradisonal namun tetap keren ini. Bebunyian gamelan tradisional pun tak luput menyemarakkan tempat makan ini. Silakan datang ke tempat ini, ajak kerabat saudara, dan teman kapan saja waktunya, karena buka selama seharian penuh setiap harinya!

Alamat House of Raminten : Jl. FM Noto no 7 Kotabaru, Yogyakarta.

8. Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng Beringharjo
Nasi Goreng Beringharjo
Bukan berarti tempat makan ini letaknya di pasar Beringharjo yang terkenal itu ya, namun hanya namanya saja, untuk ke sini langsung ke Jalan Pabringan Yogyakarta. Karena sudah lama berdiri sejak tahun 60-an tempat ini terkenal dengan kelezatan nasi gorengnya. Proses pemasakan yang sekaligus dalam porsi banyak, maka pemesanan dapat berlangsung cepat. Tersedia di sini menu nasi goreng dengan daging babi atau ayam, ada mie dan juga babi dimasak kecap. Tepat malam hari segera datang ke sini untuk menikmati wisata kuliner Jogja malam hari.

Alamat Nasi Goreng Beringharjo : Jl. Pabringan 1, Yogyakarta.


9. Mie Telap 12

Mi Telap 12
Mi Telap 12
Setelah dipuaskan dengan nasi goreng, mari kita ke wisata kuliner Jogja lainnya yang unik, yaitu Mi Telap 12 Jl. Pandean ini. Ada yang unik di sini, karena pemasakan mie instan yang biasa dibuat unik dan menarik memuaskan lidah para pelancong, dibuat sama seperti yang ditampilkan oleh bungkus mie instan tersebut.

Alamat Mie Telap 12 : Jl. Pandean 10B, Yogyakarta.

10. Banyu Mili Contry Club

Banyu Mili Contry Club
Banyu Mili Contry Club
Pada umumnya menyajikan wisata kuliner saja, tapi di sini semuanya menjadi lain, karena adanya tempat wisata untuk yang mengajak keluarganya. Ada tempat untuk berenang, piknik di rerumputan serta permainan air lainnya. Makanannya pun tetap juara di sini seperti masakan seafood yang digemari oleh banyak orang. Jika anda ingin tahu apa saja objek wisata di Jawa Tengah anda bisa membuka tautan berikut daftar tempat wisata di Jawa Tengah.

Alamat Banyu Mili Contry Club : Perumahan Griya Mahkota, Jalan Godean KM 4,5, Yogyakarta.

Semoga informasi mengenai Tempat Wisata Kuliner di Jogja di atas bermanfaat bagi pembaca semua salam.[]

10 Destinasi Wisata Kuliner Jogja yang Unik dan Istimewa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar