Sabtu, 07 Mei 2016

Tempat Wisata Magelang, Andalan Wisata Di Jawa Tengah

Sebelum kita membahas berbagai objek wisata yang ada di daerah Jawa Tengah, alangkah baiknya bila mengenal lebih dekat terlebih dahulu Provinsi Jawa Tengah. Jawa Tengah adalah salah satu provinsi yang ada di Jawa yang berada di bagian tengah Pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah berhadapan langsung dengan Jawa Barat dan juga Jawa Timur. Provinsi Jawa Tengah menjadi provinsi yang paling luas di Pulau Jawa yang memiliki luas sekitar 28,94% dari seluruh luas pulau Jawa. Wilayah Jawa Tengah juga meliputi daerah lain di sekitar yaitu Nusakambangan di bagian sebelah selatan, wilayah Karimun Jawa serta laut Jawa. Kota Semarang merupakan Ibu kota dari Jawa Tengah. Dari segi budaya di Indonesia, Jawa Tengah sangat dikenal sebagai ‘jantung’ dari Budaya Jawa. Suku-suku yang berada di provinsi ini pun juga beraneka ragam, yaitu mulai dari suku Jawa, Sunda, Tionghoa, Batak, Arab dan lainnya.

Selain kota Semarang ada juga kota lainya yang tidak kalah terkenalnya yaitu kota Magelang. Kota ini menjadi bagian dari Jawa tengah pada tahun 1907 yang bertepatan pada tanggal 11 April. Untuk saat ini kota Magelang mempunyai tiga kecamatan, diantaranya Magelang bagian Utara, Magelang bagian Selatan, serta Magelang bagia Tengah serta dibagi kembali lebih kecil sebagai kelurahan. Suku yang ada di Kota Magelang mayoritas didominasi oleh suku Jawa dan sebagian kecil ada suku Sunda. Sedangkan untuk pekerjaan dari masyarakat Magelang berupa pedagang serta jasa.

Dari segi wisata, wisata Magelang patut di perhitungkan sebagai destinasi wisata bagi wisatawan dan menjadi pesona wisata yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Magelang menjadi salah satu daerah wisata yang wajib Anda kunjungi apabila kita ingin travelling mengunjungi pesona alam yang ada di Indonesia. ada berbagai objek wisata yang menjadi alasan mengapa wisatawan tidak boleh melewatkanya sedikitpun. Salah satu objek wisata yang sudah tidak asing lagi di Magelang sekaligus merupakan situs bersejarah di Indonesia ialah Candi Borobudur. Candi ini tidak hanya terkenal di Indonesia saja, akan tetapi di seluruh dunia sudah mengakui keindahan dan pesona bangunannya yang di buat oleh manusia dan juga candi ini telah dinobatkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban Dunia. Saat berlibur di Candi Borobudur, kita tidak hanya menjadikan nya sebagai objek berfoto dan melihat pemandanganya saja tetapi kita dapat belajar bagaimana dari sejarah candi ini di bangun oleh penduduk Nusantara dahulu yang kini telah menjadi kebanggaan bagi masyaraat Indonesia.

Objek wisata di Magelang tidak hanya candi Borobudur saja, tetapi masih ada objek wisata lainya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, di Magelang kita dapat berkunjung ke objek wisata seperti air terjun, bukit yang indah, perkebunan stroberi sampai gunung. salah satu contoh objek wisata tersebut ialah Punthuk Setumbu.  Puntuk Setumbu sendiri merupakan bukit yang berada dekat dengan Candi Borobudur, sehingga jika Anda berlibur ke Candi Borobudur bisa langsung berkunjung naik bukit dan menikmati keindahan candi Borobudur dari atas bukit Puthuk Setumbu. Bukit ini sangat terkenal di Magelang sebagai bukit terbaik untuk melihat serta menikmati sunrise dan sunset. 
Candi Borobudur
Candi Borobudur

Bagi Anda yang tidak suka dengan pendakian bukit atau gunung, ada objek wisata lainya di Jawa Tengah yang bisa dinikmati  keindahanya, yaitu Ketep Pass. Ketep Pass merupakan salah satu tempat wisata yang terletak pada ketinggian sekitar 1200 mdpl sehingga untuk melihat pemandangan disekeliling nya bisa terlihat sangat indah bahkan kita dapat menikmati gunung berapi dari Ketep Pass. Di Ketep pass terdapat gazebo atau gardu untuk duduk yang bisa digunakan untuk santai-santai bagi pengunjung sehingga kita bisa melihat pemandangan alam yang indah dari gazebo tersebut sembari bercengkrama dengan keluarga maupun teman dan sahabat. Tidak hanya itu, Katep Pass juga menyediakan sebuah gedung yang digunakan untuk menonton sebuah film dokumenter tentang gunung berapi. Tentu saja perihal ini bisa memberikan khas tersendiri bagi para pengunjung. Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan disekelilingnya dengan ketinggian lebih, Anda dapat naik ke puncak yang bernama Arga, ini adalah puncak tertinggi dari Ketep Pass.

Ketep Pas

Bagi Anda yang ingin merasakan wisata alam di Magelang yang lebih seru, terdapat arung jeram yang berada di sungai Progo. Wisata alam ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencoba adrenalin lebih menantang karena sungai Progo menjadi sungai yang terkenal untuk melakukan aktifitas rafting atau biasa disebut arung jeram. Hal ini karena disebabkan arus yang ada di sungai Progo sangat kencang jadi sangat cocok untuk dijadikan arena arum jeram. Tidak hanya melakukan aktifitas arum jeram saja, Anda beserta keluarga ataupun teman-teman dapat menikmati suasana keindahan alam disekeliling sungai Progo dengan menggunakan sebuah perahu karet.

Bagi Anda yang menyukai wisata alam Magelang yang mempunyai arena indoor, tersedia juga salah satu bangunan yang mempunyai gaya arsitektur seni yang sangat tinggi. Bangunan tersebut memiliki bentuk seperti sebuah rumah tetapi tidak seperti rumah biasanya, namun rumah tersebut lebih seperti kamera DSLR, yang didalam nya memiliki gaya seperti galleri lukisan. Bangunan tersebut memiliki 4 lantai dan dari seluruh lantai terdapat pajangan hasil karya yang sangat cantik dari berbagai seniman terkenal. So, bagi Anda yang mempunyai hobby selfi atau groovy, objek wisata yang satu ini sangatlah cocok untuk Anda di kunjungi.

Sangat menarik ya dari kota Magelang sebagai salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki banyak tempat pariwisata yang indah dan dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi untuk berlibur dengan keluarga atau teman. Demikian informasi yang bisa kami berikan, selamat berlibur

Tempat Wisata Magelang, Andalan Wisata Di Jawa Tengah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar