Sabtu, 21 Mei 2016

39 Tempat Wisata Terbaik di Banten

Banten adalah sebuah provinsi di Tatar Pasundan, serta wilayah paling barat di Pulau Jawa, Indonesia. Provinsi ini pernah menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat, namun menjadi wilayah pemekaran sejak tahun 2000, dengan keputusan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000. Pusat pemerintahannya berada di Kota Serang.

Banten sendiri merupakan sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata yang sangat indah diantaranya seperti wisata alam, wisata religi serta wisata sejarah semua ada di Banten, jika anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara, pasangan maupun keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut 39 daftar Tempat Wisata Terbaik di Banten yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Banten.

1. Pantai Anyer


Pantai Anyer merupakan salah satu tempat wisata di Banten yang paling ramai dan populer dikunjungi. Pantai ini berlokasi di Kabupatan Serang, Banten, Pantai Anyer adalah pantai yang memiliki pasir putih yang indah dan menarik. Dinamakan Pantai Anyer karena pantai ini berada di sepanjang Kecamatan Anyer, Banten. Aktifitas yang dapat anda lakukan di Pantai Anyer adalah berenang, bermain pasir, bermain olahraga air, berselancar, menyelam, menikmati pemandangan pantai, hingga menyantap hidangan laut yang nikmat di pinggir pantai. Apabila ingin menginap, tidak perlu kuatir karena banyak sekali hotel di sekitar Pantai Anyer.

2. Pantai Ciputih



Pantai Ciputih salah satu dari banyak pantai di Banten yang cukup menarik dan memiliki pasir pantai berwarna putih, Pantai ini lokasinya berada di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Untuk bisa menikmati Pantai Ciputih ini anda bisa melakukan perjalanan melewati rute Serang – Pandeglang – Panimbang – Cibaliung – Sumur. Pantai Sambolo. Apabila anda menyukai olahraga air, anda bisa memilih Pantai Sambolo sebagai destinasi wisata. Mengajak keluarga untuk berlibur di sini, tentu akan sangat menyenangkan. Aktivitas yang bisa dilakukan tatkala berada di sini antara lain adalah berenang, selancar, menikmati kuliner di sekitar kawasan Sambolo. Keindahan pantai yang mempesona dengan pasir putihnya, membuat kita betah untuk tinggal lebih lama. 

3. Pantai Cibeureum




Pantai Cibeureum Anda suka suasana pantai yang teduh? Pantai Cibeureum menjadi pilihan tempat wisata di banten yang tepat untuk anda. Di sini banyak terdapat pepohonan kelapa dan lokasi pantai juga dipelihara dan dirawat dengan baik oleh warga sekitar. Salah satu cara menikmati wisata Pantai Cibeureum adalah dengan mencicipi kuliner Pantai Cibeureum yang dijajakan oleh warga sekitar. Banten yang terkenal dengan kuliner unik seperti rabeg yang menjadi menu andalah dan istimewa pada saat zaman kesultanan banten yang cukup melegenda.

4. Pantai Marina



Pantai Marina BantenTempat wisata di banten selanjutnya adalah pantai marina. Pantai Marina sangat pas bagi anda yang senang dengan wahana permainan air karena di sini terdapat banyak permainan air. Lebih dari yang ada di Pantai Sambolo. Anda bisa puas menikmati beragam wahana yang tersedia. Selain itu keunggulan dari obyek wisata Pantai Marina adalah tersedianya sarana akomodasi berupa penginapan, villa, atau resort, yang memadai dan banyak pilihannya. Fasilitasnya pun tergolong lengkap, jadi kita akan nyaman saat berwisata. Dengan fasilitas yang cukup lengkap ini membuat pantai marina unggul dan banyak diminati sebagai destinasi wisata untuk berlibur.

5. Pantai Jambu




Pantai Jambu Tempat wisata di banten berikutnya adalah pantai jambu. Pantai di Banten yang memiliki keindahan alam mempesona adalah Pantai Jambu. Pasirnya berwarna lebih putih serta butirannya halus. Pantai ini suasananya begitu alami dan masih asli. Pantai ini terletak tak jauh dari Pantai Karang Bolong dan sangat mudah untuk dijangkau. Keindahan alam dan hamparan laut biru menjadi pemandangan utama saat pengunjung tiba di tempat ini. Suasana yang tak begitu ramai menjadi nilai tambah karena suasana yang masih asri. Oleh karenanya wisata pantai jambu menjadi pilihan yang tepat bagi sebagai orang untuk berlibur di kawasan pantai dan suasana yang tenang.

6. Pantai Pasir Putih Florida



Pantai Pasir Putih Florida Destinasi wisata di Banten yang populer selanjutnya adalah Pantai Florida. Hamparan pasir putihnya lebih luas dibandingkan pantai lain di Banten. Dari sinilah kita dapat melihat pemandangan matahari tenggelam yang menakjubkan serta pesona pantai nan cantik. Aktivitas lain yang dapat dilakukan ketika liburan kemari adalah bermain dan santai di tepi pantai atau main voli pantai. Pantai inipun tak pernah sepi pengunjung, setiap hari pastinya ada saja wisatawan yang datang dan menikmati keindahan pantai ini dengan rasa takjub. Pasir pantai yang putih dan lembut ini membuat pengujung rela membuka alas kaki mereka untuk merasaka langsung keindahan alam pantai pasir putih florida.

7. Pantai Sawarna



Pantai Sawarna merupakan kawasan dari wisata pantai di Banten yang masih tergolong baru. Pantai Sawarna sa'at itu mulai ramai dikunjungi para wisatawan sekitar tahun 2000 karena promosi dari internet.  Pantai Sawarna terletak di Ds. Sawarna, dengan jerjarak lebih kurang sekitar 150 Km dari Rangkasbitung. Pantai Sawarna dikunjungi oleh ratusan wisatawan pada setiap harinya, baik dari sekitar Jawa Barat, hingga dari luar negeri. Biasanya para wisatawan asing datang ke Pantai Sawarna untuk berselancar karena Pantai Sawarna ombak di Pantai Sawarna cukup besar sehingga cocok untuk berselancar. Perlu anda ketahui sekarang sudah banyak disediakan penginapan di sekitar Pantai Sawarna. Pantai Sawarna terdiri dari beberapa pantai yang bisa dikunjungi seperti Pantai Ciantir Sawarna, Pantai Pulau Manuk dan Pantai Tanjung Layar yang terkenal dengan ikon batu karangnya yang berbentuk seperti kerucut serta lain sebagainya.

8. Pantai Tanjung Lesung



Pantai Tanjung Lesung merupakan salah satu pantai terbaik yang ada di Banten. Kegiatan wisata seperti menyelam, olahraga air, dan memancing bisa anda lakukan di objek wisata ini. Selain itu anda bisa menginap di villa yang ada disekitar pantai. Pada saat musim hujan, pantai tanjung lesung memiliki ombak yang cukup besar. Kegiatan yang dapat dilakukan di Tanjung Lesung yaitu bermain pasir, menyelam, bermain olahraga air, memancing, dan menginap di villa yang sangat bagus. Apabila anda datang pada musim hujan, berhati-hatilah karena ombak di Tanjung Lesung cukup besar. Berlokasi di Kabupaten Pandeglang, Banten, Tanjung Lesung memiliki luas sekitar 1500 hektar dengan fasilitas lengkap dan merupakan tempat wisata di Banten yang harus anda kunjungi. Tak hanya itu, pantai yang ditumbuhi pohon-pohon kecil di sekitarnya ini menambah nilai plus pantai dengan kerindangannya dan lingkungan yang masih asri.

9. Pantai Bagedur



Pantai Bagedur adalah sebuah tempat wisata di Banten yang berjarak sekitar 115 KM dari Rangkasbitung, tepatnya di Kecamatan Malingping. Bagi anda yang bukan penduduk Banten, mungkin baru pertama kali mendengar nama Pantai Bagedur, wajar saja memang Pantai Bagedur tidak begitu populer, namun bagi warga Banten, tempat ini sudah tidak asing lagi karena pantai ini masih asri. Dengan panjang pantai sekitar 10 KM, lebar sekitar 50 meter, dan pasirnya yang coklat, Pantai Bagedur mendapatkan banyak pengunjung setiap harinya. Karena pasirnya yang berkarakter padat, pasir pantai ini dapat dilewati oleh kendaraan bermotor. Kita juga bisa menikmati deruan angin di tepi pantai atau mau bersantai memandang matahari terbenam dengan pasangan, teman, atau keluarga.

10. Pantai Carita




Pantai Carita terletak di pesisir barat Provinsi Banten, Kabupaten Pandeglang, Pantai Carita adalah salah satu tempat wisata di Banten yang paling terkenal di Indonesia. Yang paling menarik dari Pantai Carita adalah anda dapat melihat Gunung Krakatau dari tepi pantai. Karakteristik ombak di Pantai Carita adalah ombak kecil yang menghembus tepian pantai dengan pasir putihnya. Seperti selayaknya kawasan wisata populer lainnya, tentu saja fasilitas yang dimiliki Pantai Carita sangatlah lengkap, jadi anda tidak perlu kuatir dengan fasilitas yang ada di Pantai Carita. Pantai Carita adalah salah satu tempat wisata di Banten yang paling terkenal di Indonesia. Di pantai ini anda dapat melihat Gunung Krakatau dari tepi pantai. Karakteristik ombak di Pantai Carita adalah ombak kecil yang menghembus tepian pantai dengan pasir putihnya. 

11. Pantai Karang Bolong



Pantai Karang Bolong berlokasi sekitar 40 KM dari kota Serang, Banten, dekat dengan Pantai Anyer. Pantai Karang Bolong adalah pantai yang sangat unik. Sesuai dengan namanya, Pantai Karang Bolong adalah pantai yang berada di dalam sebuah karang yang bolong karena hempasan ombak. Anda tidak dapat berenang di Pantai Karang Bolong karena banyak karang di lokasi ini sehingga dapat membahayakan anda. Pantai Karang Bolong adalah pantai yang sangat unik. Sesuai dengan namanya, Pantai Karang Bolong adalah pantai yang berada di dalam sebuah karang yang bolong karena hempasan ombak. Anda tidak dapat berenang di Pantai Karang Bolong karena banyak karang di lokasi ini sehingga dapat membahayakan anda.

12. Pantai Ciputih



Sesuai dengan namanya, pantai Ciputih memiliki pasir pantai yang putih bersih, tidak kalau dengan pantai-pantai di Bali. Pantai yang masih alami ini terletak di kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang, Banten. Jaraknya tidak begitu jauh, kurang lebih 112 KM dari pusat kota Serang. Jika kalian datang dari Jakarta, kalian butuh sekitar 6 jam untuk mencapai Pantai Ciputih ini. Lokasi tepatnya pantai ini ada di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Untuk bisa menikmati Pantai Ciputih ini anda bisa melakukan perjalanan melewati rute Serang – Pandeglang – Panimbang – Cibaliung – Sumur.

13. Pantai Cihara



Pantai CIhara yang letaknya tidak jauh dari kota Malingping, di tempat ini anda akan disuguhkan pemandangan pantai yang cukup memukau dan di pantai ini anda juga dapat melihat banyaknya karang yang berpadu deburan ombak laut menjadikan tempat ini tidak boleh di lewatkan untuk di kunjungi. Di sepanjang jalan menuju pantai ini juga anda dapat menikmati pemandangan hamparan sawah yang luas sehingga suasana alami pedesaan anda dapat rasakan di sana, tetapi kelemahannya adalah sedikitnya pasir pantai yang ada sehingga kebanyakan wisatawan yang datang hanya kebanyakan menikmati panorama pemandangan alamnya saja.

14. Pantai Karang Taraje



Pantai Karang Taraje ini karangnya cukup luas dan terdapat tangga – tangga yang anda dapat lalui untuk lebih dekat dengan deburan ombak, tetapi anda harus tetap waspada karena deburan ombaknya bisa menghempaskan kita. Anda juga dapat berfoto ria di pantai ini, pemandangannya sangat menakjubkan di pantai ini, jadi sangat sayang sekali untuk dilewatkan. 

15. Pantai Karangsongsong Cibobos 



Pantai Karangsongsong Cibobos lokasinya ada di Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, Banten. Disini anda dapat melihat pemandangan pasir pantai dan karang yang cukup indah, selain itu disana anda juga dapat melihat banyak sekali tanaman Jati dan Mahoni, dan tempat ini sangat dilindungi sehingga menjadi wilayah tanaman hutan yang dilindungi.

16. Pantai Mabak 



Pantai Mabak ini anda dapat melihat pulau kecil yang bernama “Pulau Merak Kecil” sehingga cukup indah di lihat dari sepanjang pantai. Namun agak disayangkan karena disana adanya kekurangan pihak Pemerintah untuk mengelola pulau merak kecil karena sangat disayangkan pulau ini tidak terawat karena ulah manusia karena ketidak sadaran membuang sampah pada tempatnya. Pantai Mabak memberikan pemandangan yang sangat indah, apalagi menjelang sore hari, anda bisa melihat keindahan sunset disini.

17. Gunung Karang



Gunung Karang  adalah gunung alami yang sangat asri, anggrek tumbuh dengan subur di kawasan hutan hujan gunung. Gunung ini menarik banyak perhatian para pendaki gunung yang penasaran dan tertarik untuk menaklukan puncak sumur tujuh dari gunung ini. Ada 2 jalur pendakian yang bisa Anda tempuh, yakni jalur Kaduengang serta jalur Ciekek, bila ingin mendaki dalam waktu 4-5 jam, Anda bisa memilih jalur Kaduengan sedangkan jalur Ciekek membutuhkan waktu selama 7-8 jam hingga menucu puncaknya.

18. Gunung Krakatau



Gunung Krakatau adalah gunung berapi yang pernah meletus dengan hebat dan berdampak tidak hanya kepada Indonesia, namun juga mancanegara suara letusannya terdengar sampai dengan Benua Australia, awan panasnya pun sampai ke beberapa tempat di Eropa. Letusan itu membentuk sebuah gunung baru yang kini dikenal dengan nama Gunung Anak Krakatau. Sekarang ini, Gunung Krakatau adalah salah satu tempat wisata di Banten yang paling disukai pendaki gunung. Krakatau juga terkenal karena medan yang menantang. Kegiatan utama dan paling favorit di sini adalah mendaki Gunung Krakatau, banyak sekali agen tur yang menawarkan paket mendaki Gunung Krakatau mulai dari paket 1 hari, hingga paket 4 hari.

19. Gunung Pulosari 



Dengan tinggi 1346 meter dari permukaan laut, gunung yang satu ini cocok buat pendaki pemula. Selain pemandangan hijaunya alam yang membuat segar mata, Gunung Pulosari juga memiliki banyak tempat menarik yang harus dikunjungi.

20. Air Terjun Di Curug Betung



Curug yang berarti air terjun ini terletak di dekat Carita, Curug Betung masih sedikit diketahui orang. Wisata satu ini menawarkan pemandangan indah dari air terjunnya. Terdapat dua jenis, yakni yang kecil dan besar yang tingginya mencapai 10 meter. Namun, untuk air terjun yang besar masih belum diizinkan untuk menuju puncaknya karena medan yang berbahaya dan dekat dengan jurang.

21. Air Terjun Cihear 



Air Terjun Cihear merupakan obyek wisata yang sangat menarik dan indah, dengan aliran air yang sangat deras mencapai ketinggian 25 meter, dengan lebar sekitar 6 meter. Ada beberapa air terjun yang menarik untuk kita kunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Cihear yang ada di di Gunung Leutik di dalam Kawasan Gunung Halimun Salak antara Desa Cigobang dan desa Ciladaeun Kecamatan Lebak Gedong kabupaten Lebak. Air Terjun ini berdekatan dengan wisata Arung Jeram Sungai Ciberang, ditempuh dengan dengan jarak 5 km melalui jalur pendakian dari kampung Muhara selama 3 jam, dan 1,5 km dari Desa Cigobang dengan waktu 1 Jam. Selain menikmati pemandangan, anda juga dapat menjumpai berbagi fauna langka seperti : Elang Jawa, Monyet, dll.

22. Air Terjun Gendang



Air Terjun Gendang dinamai oleh masyarakat karena air terjun gendang ini suara air terjunnya yang mirip dengan suara gendang atau tambur, masyarakat setempat kemudian menamainya Curug Gendang. Air Terjun Gendang ini memiliki terjunan air setinggi 7 meter dengan kedalaman kolamnya 13 meter dan luas 10 meter. Konon kawasan Curug Gendang merupakan tempat yang cukup bersejarah bagi perjuangan bangsa pada masa penjajahan Belanda dahulu karena sempat dipakai sebagai wilayah persembunyian para pahlawan saat peperangan.

23. Air Terjun Curug Putri 



Air Terjun Curug Putri Lokasinya ada di Desa Cilentung, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Curug dalam bahasa Indonesia yang memiliki arti Air Terjun. Terletak dikawasan Gunung Pulosari membuat lokasi curug ini berada ditempat ketinggian, sehingga untuk mencapainya memerlukan pendakian yang berliku dan stamina yang prima, namun dengan keindahan alam pegunungan pulosari yang dikekelilingi oleh hamparan hutan tropis, pendakian tidak akan terasa melelahkan karena pengunjung akan disuguhi keindahan alam yang menakjubkan, serta sumber air terjun yang sangat dingin. Wisata ini cocok bagi pengunjung yang mencintai lintas alam, fotografi, hiking, sepeda gunung bahkan untuk rekreasi. Untuk memacu adrenalin, perjalanan dapat diteruskan sekitar sepanjang 800 meter menuju Kawah Pulosari, selain wisata air terjun dan kawah di desa Cilentung terdapat pula objek potensial lainnya yaitu sumber air panas.


24. Taman Nasional Ujung Kulon



Taman Nasional Ujung Kulon tidak hanya mencakup kawasan daratan yang ada di Pulau Jawa saja, melainkan juga termasuk beberapa pulau di sekitar ujung barat Pulau Jawa. Kegiatan utama yang dapat dilakukan di Taman Nasional Ujung Kulon adalah trekking, berkemah, dan melihat alam liar. Fungsi utama Taman Nasional Ujung Kulon selain sebagai tempat wisata adalah sebagai tempat perlindungan badak. Taman Nasional Ujung Kulon mengajarkan kita suatu hal penting yaitu pentingnya menjaga kelestarian alam di sekitar kita. Kegiatan yang dapat dilakukan di Taman Nasional Ujung Kulon adalah trekking, berkemah, dan melihat alam liar. Fungsi utama Taman Nasional Ujung Kulon selain sebagai tempat wisata adalah sebagai tempat perlindungan badak.  Sebagai taman nasional dengan hutan hujan tropis terluas di Pulau Jawa, Anda bisa menelusuri pepohonan dan menikmati kekayaan alam.

25. Arung Jeram Sungai Ciberang



Sungai Ciberang, Banten adalah salah satu lokasi arung jeram di sekitar Jakarta yang paling saya sukai. Hal ini dikarenakan kondisi pegunungan yang dilalui Sungai Ciberang masih sangat asri dan hijau, sehingga perjalanan menuju ke lokasi arung jeram sangatlah menyejukan hati. Begitu pula dengan sungainya, pemandangan yang di dapat ketika melakukan pengarungan sangatlah indah. Namun, terkadang sungai ini kering, jadi sebelum memesan paket arung jeram Sungai Ciberang, sebaiknya anda bertanya terlebih dahulu bagaimana kondisi air Sungai Ciberang. Perjalanan menuju lokasi arung jeram Sungai Ciberang akan melewati jalan yang terjal dan berliku.

26. Rawa Dano



Rawa Dano terletak di Kabupaten Serang dengan jarak sekitar 100 KM dari Jakarta, Rawa Dano adalah salah satu tempat wisata di Banten yang menawarkan keindahan alam. Rawa Dano sesuai dengan namanya, adalah kawasan yang memiliki danau, rawa-rawa, dan hutan. Di tempat seluas kurang lebih 2,500 hektar ini, banyak hidup berbagai jenis reptil seperti ular dan kadal. Menurut cerita, dulunya Rawa Dano adalah sebuah gunung berapi yang sudah tidak aktif lalu berubah menjadi sebuah danau yang di atasnya terdapat rawa-rawa. Aneka macam pepohonan banyak tumbuh di sini. Hewan-hewan yang ada di Rawa Dano antara lain adalah berbagai reptil, setidaknya ada 250 jenis burung yang habitatnya adalah Rawa Dano.

27. Danau Tasikardi



Nama Danau Tasikardi berasal dari bahasa Sunda dengan arti danau buatan. Danau Tasikardi yang terletak di Kecamatan Kramatwatu adalah salah satu peninggalan Sultan Banten dengan luas sekitar 5 hektar. Danau Tasikardi dulunya digunakan sebagai sebuah tempat rekreasi bagi keluarga Sultan, namun sekarang sudah menjadi tempat wisata di Banten yang bebas untuk umum. Berlokasi sektiar 6 KM di sebalah barat kota Serang, Danau Tasikardi juga berfungsi sebagai penampung air Sungai Cibanten dan juga untuk mengairi sawah. Yang dapat anda lakukan di Danau Tasikardi adalah memancing, berkemah, bermain perahu air, menikmati suasana sejuk, hingga menyeberang ke tengah danau untuk mengunjungi pulau yang memiliki peninggalan Sultan banten.

28. Pulau Dua / Pulau Burung



Pulau Dua atau sering disebut juga dengan nama Pulau Burung. Objek wisata di banten yang satu ini memiliki luas sekitar 30 hektar yang berada di lepas pantai Banten. Pulau dua atau pulau burung dihuni oleh beraneka ragam jenis burung yang sangat banyak. Pulau ini memiliki keunikan yaitu seperti tempat arisan atau ngumpul-ngumpul bermacam-macam jenis burung, karena pada bulan April sampai dengan Agustus, banyak burung-burung dari berbagai daerah datang berkunjung ke tempat ini. Setelah musim itu berlalu, burung-burung tersebut kembali ke daerah asalnya. Ada sekitar 60 jenis burung dari bermacam negara yang datang pada bulan April-Agustus.

29. Pulau Sangiang



Pulau Sangiang adalah sebuah pulau yang terletak di Selat Sunda, Banten. Pulau Sangiang dapat dicapai dengan menggunakan perahu dari Pantai Anyer selama kurang lebih 45 menit. Pulau Sangiang adalah milik swasta dan sepenuhnya dikembangkan menjadi sebuah kawasan wisata oleh pihak swasta tersebut. Jenis wisata yang dapat anda nikmati di pulau dengan luas sekitar 700 hentar ini adalah wisata bahari, wisata budaya, wisata ilmiah, dan wisata alam. Kegiatan yang dapat anda lakukan di Pulau Sangiang adalah bersepeda, mendaki gunung, berkemah, menyelam, memancing, berjemur di pantai, hingga menikmati sisa perang dunia berupa benteng Jepang. Karena jumlah pengunjungnya yang belum terlalu ramai, jangan heran jika Anda merasa seperti berada di pulau pribadi. 

30. Pulau Umang




Pulau Umang berlokasi dekat dengan Tanjung Lesung, Banten, sekitar 180 KM dari Jakarta. Pulau Umang adalah pulau dengan luas sekitar 5 hektar dan di khususkan sebagai tempat wisata yang dikelola oleh pihak swasta. Fasilitas yang dimiliki Pulau Umang sangat lengkap, mulai dari kolam renang, karaoke, sarana olahraga, ruang pertemuan, permainan air, dan lain-lain. Apabila anda berminat untuk berwisata ke Pulau Umang, jangan lupa membawa tabir surya. Pulau Umang menjadi salah satu tempat wisata favorit di Banten yang tidak boleh anda Lewatkan. Lokasinya ada berdekatan dengan Tanjung Lesung, Banten, sekitar 180 KM dari Jakarta. 

31. Pulau Panaitan 



Pulau Panaitan terkenal akan ombaknya yang menantang para surfer. Anda juga bisa melihat arca Ganesha dan banyak peninggalan kerajaan zaman Hindu kuno lainnya di Puncak Gunung Raksa. Karena memang masih dalam area konservasi, pulau ini tidak memiliki resor atau hotel untuk menginap. Namun berkemah di pinggir pantai yang berpasir putih bisa menjadi pilihan yang tepat.

32. Pulau Peucang



Meski mengunjungi pulau ini harus menghabiskan waktu sekitar 6-8 jam dari Jakarta, namun perjalanan Anda yang melelahkan akan terbayar. Di antara Pulau Sangiang dan Pulau Panaitan, Pulau Peucang merupakan yang paling banyak dikunjungi di area Taman Nasional Ujung Kulon.

33. Air Panas Cisolong



Air Panas Cisolong Lokasinya ada di Desa Sukamanah, Kecamatan Kadu Hejo, Pandeglang – Banten. Pemandian air panas Cisolong ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Banten. Pemandian ini banyak dikunjungi para pelancong khususnya pada waktu libur. Nah, bila kita mau berkunjung kepemandian ini tidaklah sulit. Sebab lokasinya tidak jauh dari kota Pandeglang sekitar 10 KM. Bila  dari jalan raya Pandeglang – Labuan sekitar 5 KM.


34. Pemandian Cikoromoy





Pemandian Wisata Cikoromoy merupakan tempat pemandian yang sangat sederhana yang disekitarnya, dikelilingi oleh warung warung lesehan yang menjajakan makanan dari hasil tangkap ikan air tawar seperti ikan bakar, ikan goreng dll.

35. Kandank Jurank Doank



Kata Doank dalam nama lokasi tempat ini pasti mengingatkan kalian pada nama seseorang. Ya, tepat, musisi Indonesia, Dik Doank. Dik Doank mendedikasikan tempat ini untuk rekreasi anak, kegiatan outbond, pentas seni, dan tempat untuk bersenang-senang bersama keluarga. Berlokasi di daerah Ciputat, Kandank Jurank menjadi tujuan rekreasi penduduk di sekitarnya.

36. Kampung Baduy



Kampung Baduy adalah kampungnya suku Baduy. Suku Baduy adalah suku yang masih kental adat sundanya, dan merupakan salah satu suku asli yang ada di Banten. Kampung Baduy yang berada di Kabupaten Lebak, Banten ini memiliki penduduk sekitar 8,000 jiwa dan terbagi menjadi 2, yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar. Suku Baduy Dalam adalah Suku Baduy yang menolak dunia luar, sedangkan Suku Baduy Luar adalah suku Baduy yang lebih terbuka pada dunia luar. Kampung Baduy ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di Banten. Masyarakat Baduy masih menjaga adat dan budaya sunda dengan kental. Suku Baduy hidup benar-benar mengandalkan alam dan sangat menyatu dengan alam. Suku ini merupakan suku asli Banten.

37. Masjid Agung Banten



Masjid Agung Banten adalah sebuah peninggalan sejarah yang sangat penting. Berdiri sejak tahun 1569, Masjid Agung Banten memiliki arsitektur bangunan yang kental dengan arsitektur jaman dahulu dan merupakan perbaduan dari berbagai macam budaya yang berbeda, di antaranya budaya Hindu, China, Jawa, dan Eropa. Bukan hanya Masjid saja yang dapat ditemui di lokasi ini, melainkan juga peninggalan dari kerajaan Islam yang pernah ada di Banten, lengkap dengan makam orang-orang yang berjasa dalam pengembangan agama Islam di banten. Selain ramai dikunjungi penziara dan umat Islam, Masjid Agung Banten setiap harinya juga ramai dikunjungi wisatawan yang tertarik dengan sejarah Islam. Bukan hanya Masjid saja yang dapat ditemui di lokasi ini, melainkan juga peninggalan dari kerajaan Islam yang pernah ada di Banten, lengkap dengan makam orang-orang yang berjasa dalam pengembangan agama Islam di banten.

38. Kota Banten Lama 



Meski banyak bangunan yang hanya tersisa reruntuhannya saja, namun hal tersebut membuat kota Banten Lama menarik untuk dikunjungi.  Ada beberapa tempat yang bisa kunjungi, di antaranya Istana Keraton Kaibon, Masjid Agung Banteng, Istana Keraton Surosowan, Benteng Speelwijk, dan Vihara Avalokitesvara.

39. Water World Citra Raya



Water world citra raya merupakan tempat wisata di Banten lokasinya ada di Perum Citra Raya, JL. Citra Raya Boulevard Madigras – Citra Raya Cikupa Tangerang. World of wonders ini mempunyai aneka tema budaya, seperti: Jurrasic Park, Mesir, Roma, China, dan Perancis. Wahana permainannya juga lumayan banyak, tapi memang kebanyakan cocok untuk anak-anak sampai remaja.

39 Tempat Wisata Terbaik di Banten Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar