Rabu, 11 Mei 2016

8 Tempat Wisata Di Jombang Paling Menarik Yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat Wisata Di Jombang - Kabupaten Jombang selama ini dikenal sebagai kota santri karena banyak pondok pesantren berdiri disini. Letaknya juga cukup strategis karena berada di jalur persimpangan untuk menuju kota kota besar lainya di Jawa Timur. Selain itu daerah ini ternyata juga memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik. Umumnya tempat wisata disini adalah wisata alam seperti air terjun, goa, sendang dan lain sebagainya. Kendati sebagian besar belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai, namun tempat tempat wisata berikut ini layak untuk kamu kunjungi ketika berada di Jombang atau sekitarnya.

Tempat Wisata Di Jombang Paling Menarik 

1. Air Terjun Tretes Jombang


 

Air terjun tretes merupakan salah satu air terjun tertinggi di Jawa Timur dengan ketinggian mencapai 158 meter. Lokasinya berada sekitar 1250 meter diatas permukaan air laut sehingga udara disini lumayan sejuk. Air terjun tretes berada di kawasan Tahura atau Taman Hutan Raya Raden Soeryo komplek Gunung Anjasmoro. Secara administratif Air Terjun Tretes berada di Dusun Pengajaran, Galengdowo, Wonosalam, Jombang, Jatim.

2. Goa Sigolo Golo

Goa Sigolo golo bisa menjadi destinasi selanjutnya ketika berada di Jombang. Lokasinya berada di dusun kraten, panglungan, Wonosalam, Jombang. Goa ini berada di lereng gunung welirang sehingga untuk menuju mulut goa para pengunjung harus berhati hati. Akses jalan menuju lokasi sudah cukup bagus, tapi untuk ke mulut goanya harus berjalan melewati jalan setapak yang lumayan terjal dan licin. Dari Goa ini para pengunjung bisa menikmati keindahan tebing tebing dan bebatuan yang eksotis. Masyarakat setempat menganggap Goa ini cukup keramat, lantaran dahulu kala pernah digunakan untuk meditasi damar Mulan pada era Kerajaan Majapahit.

3. Goa Sriti

Masih di Kecamatan Wonosalam, terdapat juga Goa Sriti yang tak kalah bagusnya. Di dalam Goa ini juga terdapat stalagtit dan stalagmit yang menjadi dekorasi alami. Memang untuk menuju ke lokasi dibutuhkan perjuangan karena harus berjalan melewati jalan setapakn yang lumayan jauh.

4. Kedung Cinet

Kedung cinet yang berlokasi di desa Pojok Plitih ini juga wajib kamu kunjungi. Bebatuan yang khas dengan air yang jernih menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu para pengunjung untuk menuju lokasi harus menyusuri sungai Brantas dan melewati jembatan gantung yang menantang. Masyarakat setempat meyakini kedung cinet digunakan sebagai tempat beristirahat dan mandi para prajurit Kerajaan Majapahit.Lokasi kedung cinet berada di tengah hutan yakni di desa Pojok Klitih, Plandaan, atau sekitar 10 km dari Jembatan brantas Ploso.

5. Tirta Wisata

Untuk Tempat Wisata Di Jombang yang kelima ini berupa wisata buatan. Tempat wisata ini berada di desa Keplaksari, Peterongan tepat berada tepi jalan raya Jombang - Surabaya. Didalam taman ini juga terdapat kolam pemancingan, kolam renang, balekambang, lapangan tenis dan juga panggung hiburan.

6. Wanawisata Sumberboto

Wanawisata sumbermoto merupakan wahana wisata binaan perhutani. Suasana disini cukup sejuk dengan pepohonan yang lebat. Didalamnya terdapat pula kolam renang dengan air hangat untuk menenangkan diri. Sumbermoto terletak di desa Groboogan, mojowarn, jombang.

7. Perkebunan Panglungan

Selanjutnya ada wisata agro yakni di Perkebunan Panglungan desa Sambirejo, Wonosalam, Jombang. Kawasan perkebunan dengan latar belakang pegunungan tentu menjadi destinasi yang asik di akhir pekan. Tanaman utama yang ada disini adalah kakou, cengkeh, kopi dan melinjo.

8. Argo Wayang

Argi wayang merupakan kelompok desa wisata yang berada di galengdowo, Wonosalam, Jombang yang diprakarsai oleh alumni institut pertanian Bogor. Desa wisata ini memiliki minat khusus dalam hal pendidikan, pertanian dan pelestarian lingkungan. Para wisatawan akan diajak oleh para tour guide ke kebun salak, kandang sapi perah hingga tracking ke hutan Argo wayang yang masih dalam wilayah pegunungan Anjasmoro.

Itulah setidaknya 8 Tempat wisata di Jombang paling menarik yang bisa kamu jadikan tujuan berakhir pekan. Gimana tertarik dengan salah satu dari tempat wisata diatas? semoga info kali ini bermanfaat. Baca juga tempat tempat wisata di Indonesia lainya hanya di sobatpetualang.com

8 Tempat Wisata Di Jombang Paling Menarik Yang Wajib Kamu Kunjungi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar