Selasa, 31 Mei 2016

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur 2016


Saat hari libur tiba, mencari tiket masuk tempat wisata tentu sudah menjadi hal biasa dan sebagian mencarinya sejak jauh-jauh hari. Sedangkan tempat wisata yang bisa kita kunjungi ada banyak sekali, mulai dari wisata pantai, waterpark, kebun binatang, taman hiburan, pengunungan sampai wisata bersejarah. Salah satu wisata sejarah yang tidak boleh Anda lewatkan saat liburan  ialah Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan peninggalan sajarah nusantara yang sudah mendunia bahkan sudah masuk sebagai 7 keajaiban dunia. Candi terbesar di dunia ini memiliki pesona yang sangat menakjubkan dengan arsitektur indah yang dibangun oleh nenek moyang bangsa Indonesia. Candi yang di bangun pada masa kejayaan Budha yang kini menjadi salah satu situs peninggalan berharga  bagi Indonesia ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata sejarah dan wisata edukasi untuk keluarga, anak sekolah dan teman kuliah. Tidak sedikit wisatawan dari penjuru dunia yang datang ke Indonesia sangaja datang untuk melihat pesona Candi Borobudur.
Candi Borobudur

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat wisata unggulan di Magelang ini, banyak yang harus Anda persiapkan. Akomodasi serta biaya menjadi salah satu hal yang harus di prioritaskan agar perjalanan lebih nyaman. Hal yang tidak kalah penting ialah tiket masuk ke candi borobudur 2016. Sebelum berangkat ke Candi Brobudur sebaiknya Anda juga perlu mengetahui tarif masuk candi Borobudur pada saat Anda akan berkunjung. Dengan mengetahu sebelum berangkat Anda bisa melakukan persiapan kapan sebainya berangkat kesana tau setidaknya Anda bisa melakukan perjalanan disaat tiket masuk ke Candi Borobudur lebih murah dari harga normal atau disaat harga tiket sedang melonjak, dengan begitu Anda bisa lebih menghemat. 

Harga tiket masuk ke Candi Borobudur yang ditetapkan oleh pihak pengelola memiliki perbedaan antara wisatawan lokal dan mancanegara. Selain itu terdapat perbedaan juga antara wisatawan lokal yang berasal dari pelajar dengan wisatawan umum. Tarif tiket masuk tipe pertama pada hari biasa dan hari libur seperti libur nasional atau weekend bagi wisatawan  lokal yang memiliki usia diatas 6 tahun dikenakan tarif masuk sebesar 30.000 perorang sedangkan tipe kedua untuk anak yang masih dibawah usia 6 tahun serta pelajar atau mahasiswa yang datang dengan rombongan akan diberi tarif yang lebih murah yaitu sekitar 12.500 perorang. Pada tipe kedua ini khusus untuk pelajar atau mahasiswa harga tiket  masuk berlaku apabila jumlah rombongan sudah mencapai diatas 20 orang. Sedangkan harga tiket yang ditetapkan oleh pihak pengelola untuk wisatawan asing cukup besar yaitu sekitar 20 USD atau 250.000 perorang. 

Jika Anda akan berwisata dengan rombongan tentu akan menjadi suatu keuntungan tersendiri karena Anda akan mendapatkan potongan. Karena potongan yang ditetapkan oleh pengelola hanya bagi masyarakat umum dan pelajar atau mahasiswa yang datang dengan rombongan. Besar diskon yang diberikan mencapai 10% untuk rombongan masyarakat umum yang berjumlah minimal 30 orang sedangkan pelajar atau mahasiswa minimal 20 orang. Yang perlu Anda tahu, diskon yang akan Anda dapatkan bukan dalam bentuk potongan harga pada tiket, tetapi dalam bentuk voucher tiket masuk secara gratis.

Jika Anda ingin mendapatkan dispensasi atau tiket masuk gratis maka Anda terlebih dahulu wajib memenuhi syarat-syarat yang harus dipenuhi yang telah diberlakukan oleh pihak pengelola Candi Borobudur.Berikut ini beberapa infrmasi yang harus Anda ketahui;

Pengunjung Pelajar 

Pertama,  status pelajar (Siswa Sekolah, Mahasiswa, Lembaga Pendidikan, Pondok Pesantren, Taman Pendidikan anak-anak, Lembaga Kursus Informal maupun Formal, LPK maupun Sejenisnya). 

Kedua, Anda harus mengajukan surat permohonan dispensasi yang  ditujukan kepada Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur oleh Kepala sekolah atau ketua lemaga pendidikan dengan diberi stempel lembaga pendidikan yang bersangkutan (bukan fotocopy). 

Ketiga, pada surat harus mencantumkan hari dan tanggal kunjungan yang akan anda laksanakan. Selain itu terdapat keterangan Jumlah siswa, guru atau pendamping. 

Keempat, harus memenuhi jumlah rombongan pelajar dengan batas minimal 20 orang, selain itu ketentuan yang berlaku bagi guru yang memperoleh bebas biaya masuk hanya sebesar 10% dari total siswa yang ikut, selebihnya guru diwajibkan membeli tiket sendiri seperti biasa.

Golongan Umum
Pada golongan umum yang akan masuk ke Candi Borobudur, dispensasi bisa diberikan apabila memenuhi syarat berikut. 

Pertama, total rombongan batas minimal 30 orang. 

Kedua, ketua kelompok atau rombongan langsung datang ke petugas tiket untuk memberikan informasi jumlah rombongan yang ikut dan langsung membayarkan tarif untuk semua pengunjung tersebut. Jadi, pengunjung tidak membayar tiket sendiri-sendiri, tetapi mengumpulkan uangnya menjadi satu kepada kepada ketua kelompok atau rombongan agar ketua  yang membayarkan. seperti golongan pelajar, dispensasi atau potongan yang diberikan sebesar 10 % dari jumlah rombongan dan selebihnya membayar tiket seperti harga normal.

Demikian harga tiket masuk Candi Borobudur 2016.

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur 2016 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar