Kamis, 29 Mei 2014

Berikut Tempat Wisata Di Solo Jawa Tengah Dan Sekitarnya

Surakarta atau yang lebih dikenal dengan solo merupakan sebuah kota di jawa tengah yang terletak di sebelah barat Yogyakarta. Letaknya cukup strategis karena terletak di jalur selatan yang biasa digunakan perjalanan dari Yogyakarta ke Surabaya ataupun sebaliknya. Maka tidaklah heran, jika banyak wisatawan yang singgah sementara untuk menikmati beberapa tempat wisata di Solo. Kota yang pernah dipimpin oleh jokowi ini memang memiliki beberapa tempat wisata menarik yang bisa sobat kunjungi.

Daftar Tempat Wisata di Solo dan sekitarnya Yang Menarik




  1. Pandawa Water World
    Pandawa Water World merupakan wahana air yang terletak di Solo Baru dengan berbagai wahana dan fasilitas yang lengkap. Sebuah pengalaman bermain wahana air yang menyenangkan bisa sobat nikmati bersama keluarga karena tempat ini cocok untuk semua umur. Harga tiket masuk Pandawa Water World adalah Rp 50 ribu untuk hari senin sampai jumat. Sedangkan untuk hari sabtu dan minggu tiketnya lebih mahal yakni Rp 100 ribu.
  2. Museum Manusia Purba Sangiran
    Di Museum Manusia Purba Sangiran, sobat akan menjumpai fosil-fosil manusia purba yang telah berumur 2 juta tahun lebih. Museum ini digadang-gadang sebagai museum purba terlengkap di Asia karena memiliki lebih dari 13.000 fosil manusia purba. Selain fosil manusia purba, ada juga fosil hewan, batu, tumbuhan dan berbagai peralatan yang digunakan oleh manusia purba.
  3. Keraton Surakarta
    Tak hanya di Yogyakarta yang mempunyai wisata keraton, di Solo juga ada sebuah keraton yang bernama keraton Surakarta. Dengan membayar tiket masuk keraton Surakarta sebesar Rp 10 ribu sobat sudah bisa berkeliling di dalam keraton melihat aneka benda kuno dan foto-foto dari prajurit keraton Surakarta. Ada juga kereta kencana yang cukup menarik perhatian para wisatawan.
  4. Taman Balekambang
    Taman Balekambang merupakan salah satu wisata Solo yang menarik yang terletak di Jalan Ahmad Yani. Luasnya mencapai 10 hektar dan terbagi menjadi dua bagian yakni Taman Air Partini dan Hutan Patinah. Taman Air Partini digunakan untuk bermain perahu sedang Hutan Patinah digunakan untuk tempat koleksi tanaman langka. Taman Balekambang beralih fungsi menjadi taman edukasi dan rekreasi ini sejak tahun 2008 lalu.
  5. Air terjun Jumog
    Air terjun jumog merupakan air terjun yang cukup terkenal di daerah Solo, Jawa tengah. Berjarak 40 Km dari pusat kota solo, air terjun ini menawarkan panorama alam yang indah. Dengan membayar Rp 5000,- sobat sudah bisa menikmati segala bentuk keindahan alam yang ada di air terjun jumog.
  6. Kampung Batik Kauman
    Solo memang cukup terkenal dengan batiknya. Salah satu daerah yang menjadi pusat kerajinan batik di Solo adalah Kampung Batik Kauman. Disinilah sobat akan melihat secara langsung proses pembuatan batik solo. Bahkan para wisatawan mancanegara sering dijumpai di wilayah ini. Rata-rata batik yang dibuat memiliki warna gelap yang dibalut dengan motif modern. Harga yang ditawarkanpun beragam dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
  7. Pasar Klewer
    Inilah pusat tekstil terbesar di Kota Solo. Setidaknya ada lebih dari 2 ribu pedagang yang berjualan di pasar yang terletak tak jauh dari alun-alun solo ini. Sobat bisa menemukan berbagai jenis batik disini. Tak hanya batik saja segala jenis pakaian juga dijual di Pasar Klewer Solo.
  8. Grojogan Sewu
    Lebih tapatnya Grojogan sewu ini terletak di tawangmangu kabupaten karanganyar. Berada di dataran tinggi dan di lereng gunung lawu, membuat suasana disini begitu sejuk. Grojogan sewu merupakan sebuah air terjun yang menawan. Untuk mencapainya tidaklah sulit dan hanya berjarak 37 Km dari Pusat Kota Solo. Harga tiket masuk ke Grojogan Sewu di Tawangmangu ini sebesar Rp 18 ribu setiap orang.
Demikianlah tempat-tempat wisata menarik di Solo Jawa Tengah yang bisa sobat kunjungi. Selepas dari solo mungkin sobat tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata menarik di Yogyakarta.

Berikut Tempat Wisata Di Solo Jawa Tengah Dan Sekitarnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar