Senin, 19 Mei 2014

Candi Kalasan, Candi Budha Tertua di Yogyakarta

Bagi sobat yang gemar berkunjung ke tempat-tempat bersejarah, jangan sampai melewatkan tempat yang satu ini ketika sedang berlibur di jogja. Candi kalasan namanya, sebuah candi yang letaknya tak jauh dari Candi Prambanan dan berjarak sekitar 15 km dari pusat kota jogja. Untuk mengunjungi candi yang berukuran tidak terlalu besar ini sanga mudah karena hanya berjarak 50 m saja dari jalan utaman jogja-solo. 
Candi Kalasan, Candi Budha Tertua di Yogyakarta
Candi Kalasan, Candi Budha Tertua di Yogyakarta

Candi Kalasan juga sering disebut juga candi kali bening, hal dikarenakan lokasinya yang terletak di dusun kali bening, kecamatan Kalasan, Sleman, DIY. Hingga saat ini Candi Kalasan tercatat sebagai candi Budha tertua di Yogyakarta dan di Jawa Tengah. Saat sobat mengunjungi candi kalasan ini tidak menemukan candi yang utuh lagi karena sudah termakan usia. Pada bagian atas candi seharusnya terdapat sebuah lonceng yang bentuknya menyerupai stupa, namun kini sudah tidak ada lagi. Meski sudah dilakukan pemugaran pada tahun 1927 dan 1929, namun beberapa bagian candi sudah tidak utuh lagi. Meski demikian, Candi Kalasan masih tetap berdiri kokoh dan terlihat bagus. 

Sejarah Candi Kalasan

Candi Kalasan didirikan oleh Rakai Panangkaran dari dinasti Sanjaya pada tahun 778 M. Dari prasasti kalasan yang ditemukan tak jauh dari lokasi candi, diketahui bahwa maksud dan tujuan pendirian candi kalasan adalah untuk penyembahan Dewi Tara serta digunakan untuk Vihara bagi pendeta Budha pada masa itu. 

Lapisan Semen Kuno di Candi Kalasan

Keunikan dari candi kalasan adalah pahatanya yang begitu halus serta pada ornament dan relief pada dinding candi terdapat lapisan semen kuno yang dikenal dengan Valjaralepa. Penggunan Valjaralepa pada dinging candi ini bertujuan untuk melindungi candi dari jamur dan lumut. Selain itu Valjaralepa juga membuat pahatan menjadi halus dan memberikan warna keemasan. Di candi-candi yang ada di kecamatan kalasan hanya ada dua buah candi yang menggunakan Valjaralepa yaitu candi kalasan dan candi sari.

Berwisata di Candi Kalasan, Candi Budha Tertua di Yogyakarta memberikan banyak pengetahuan bagi kita tentang sejarah umat Budha di Indonesia terutama di pulau jawa. Candi Kalasan adalah saksi bisu tentang 2 dinasti besar yang ada di Jawa Tengah yakni dinasti Sanjaya dan dinasti Syailendra.

Candi Kalasan, Candi Budha Tertua di Yogyakarta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar