Sabtu, 17 Mei 2014

Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan, Dari Wisata Pantai Hingga Museum

Pulau Selayar adalah sebuah pulau yang terisolasi di selatan Provinsi Sulawesi Selatan. Meski wilayahnya didominasi hutan, tapi sobat bisa menemukan hamparan pasir putih dengan perairan yang super jernih. Secara keseluruhan Selayar memiliki panjang 80 Km yang terdiri dari 21 pulau dan atol. Atol merupakan gugusan pulau yang membentuk cincin dimana ditengahnya terdapat air laut sehingga terlihat seperti danau atau laguna jika dilihat dari atas. Nah atol di Selyar ini merupakan atoll terbesar ketiga di dunia setelah Marshal dan Maladewa. Aktifitas snorkeling ataupun Diving tidak bisa dilepaskan ketika berlibur disini karena memiliki keindahan alam bawah laut yang tak kalah menarik dengan wilayah lain di Indonesia.
Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan
Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan

Benteng merupakan kota terbesar di Selayar, disini banya dijumpai kendaraan bermotor dan becak. Ketika sobat menyusuri sampai ke tengah kota, maka akan menemukan sebuah penjara tua yang merupakan peninggalan dari Belanda. Meski dibangaun pada tahun 1890 benteng tersebut masih kokoh berdiri hingga sekarang. Selain itu di pusat kota ada sebuah alun-alun dimana sering diadakan kegiatan seni dan budaya ataupun hiburan lainya.

Gendang Dongson
Gendang Dongson
Pantai Baloiya adalah pantai favorit di Selayar. Pantai ini memiliki pasir putih yang membentang sejauh 3 km, jika sobat sedang beruntung akan melihat tarsius atau celeng yang sedang bermain hutan dekat pantai. Pantai lain yang mungkin bisa sobat kunjungi di Selayar adalah Pantai Je’neya dan Pantai Pinang yang dapat ditempuh dari Benteng selama 60 hingga 80 menit perjalanan. Selain snorkeling dan diving sebagai kegiatan utama ketika berlibur di Pulau Selayar, sobat bisa menemukan benda-benda bersejarah disini. Gendang Dongson adalah daya tarik lain selain keindahan alam bawah laut di Selayar. Gendang Dongson yang diperkirakan sudah berusia lebih dari 2000 tahun ini disimpan di Museum Tunggal sekitar 3 Km dari Benteng. Dengan tingginya mencapai 5 cm dan diameter 115 cm membuat Gendang Dongson menjadi yang terbesar di Dunia. Selain Gendang Dongson di museum tunggal ini sobat bisa menyaksikan jejak sejarah dari kapal-kapal kuno yang berlayar di perairan Selayar Sulawesi Selatan.

Setelah berjalan-jalan menyusuri pantai pasir putih dan museum, cobalah untuk menikmati kuliner khas Selayar. Menu utama disini adalah nasi yang dimasak dengan santan kelapa. Sebagai lauknya ada ikan bakar baronang yang dicampur dengan aneka bumbu khas Selayar. Untuk menikmati kuliner khas Selayar, sobat bisa menuju ke pasar lama benteng tepatnya di jalan Aroeppala. Untuk bisa ke Pulau Selayar, sobat bisa menuju Makassar kemudian dilanjutkan ke Tanjung Bira. Perjalanan menuju Selayar bisa dicapai menggunakan kapal ferry selama 2 jam perjalanan. Alternatif lain bisa menggunakan SMAC yakni pesawat kecil yang terbang dari Makassar ke selayar setiap selasa, kamis dan jumat.

Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan, Dari Wisata Pantai Hingga Museum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar