Rabu, 07 Mei 2014

House Of Sampoerna, Museum Rokok Megah Di Surabaya

House Of Sampoerna – Sebuah bangunan tua yang berdiri megah terletak di kawasan Surabaya lama. Bangunan tersebut adalah House of Sampoerna, sebuah bangunan bergaya Belanda yang didirikan pada tahun 1862. Dulunya gedung ini dijadikan panti asuhan sebelum digunakan untuk memproduksi salah satu produk rokok yang ternama di Indonesia. Di House Of Sampoerna sobat bisa berkeliling melihat beberapa koleksi yang menggambarkan sejarah panjang perjalanan Sampoerna.
House Of Sampoerna, Museum Rokok Megah Di Surabaya
Museum House Of Sampoerna Surabaya

Sejarah House Of Sampoerna

Pada zaman kolonila Belanda tepatnya pada tahun 1864, tempat ini merupakan sebuah panti asuhan. Kemudian pada tahun 1932 seorang imigran dari cina bernama Liem Seeng Tee yang juga merupakan pendiri Sampoerna membeli gedung ini untuk digunakan sebagai tempat produksi rokok. Bangunan utamanya memiliki aula yang cukup luas, atas ide dari istri Leem aula tersebut digunakan sebagai gedung bioskop yang bernama Sampoerna Theater. Pada masa itu Sampoerna Theater merupakan gedung theater terhebat di Indonesia, bahkan Charlie Chapin pernah berkunjung ke gedung bioskop tersebut. Saat ini, bangunan tersebut digunakan sebagai museum House Of Sampoerna.

Berkeliling di House Of Sampoerna

Museum House Of Sampoerna Surabaya
mesin cetak tua di House Of Sampoerna
Di ruangan pertama sobat akan menemukan sebuah replika warung rokok yang dulunya digunakan Leem untuk berjualan tembakau. Terdapat pula beberapa barang pribadi milik Leem seperti sepeda tua yang dulunya digunakan untuk berkeliling menjual rokok, hingga pakaian pribadi seperti sarung dan kebaya. Berjalan ke ruangan disebelahnya, sobat akan menemukan beberapa foto keluarga dan lukisan yang eksotis. Beralan ke ruang berikutnya tepatnya di ruangan paling belakang terdapat beberapa alat produksi rokok yang diguankan pada jaman dahulu. Ada juga sebuah mesin cetak tua yang dulunya digunkan untuk mencetak bungkus rokok. Menuju ke lantai 2, sobat akan menemukan took yang menjual aneka souvenir khas Surabaya. Dari lantai 2 ini sobat juga bisa menyaksikan proses produksi rokok milik Sampoerna. Di belakang bangunan utama ini, terdapat pabrik rokok yang cukup luas dan hingga saat ini masih digunakan untuk proses produksi. Setidaknya ada sekitar 200 an pekerja yang sedang memproduksi rokok di pabrik tersebut.

Mengunjungi Museum House Of Sampoerna bisa sobat jadikan pilihan untuk berakhir pekan. Selain berwisata disini sobat bisa belajar bagaimana cara berbisinis dari seorang pendiri Sampoerna yaitu Leem Seeng Tee. Untuk menuju House Of Sampoerna tidaklah sulit karena terletak ditengah kota Surabaya tepatnya di Jl. Taman Sampoerna no 6. Meskipun harus memasuki gang terlebih dahulu, namun beberapa plakat petunjuk arah akan membantu perjalanan sobat.

House Of Sampoerna, Museum Rokok Megah Di Surabaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar