Selasa, 20 Mei 2014

Kusuma Agrowisata Batu Malang, Petik Apel Sendiri Sepuasnya

Kusuma Agrowisata yang berada di Batu Malang ini, bisa dikatakan pioneer dari wisata agrowisata yang ada di Indonesia. Dengan luas awalnya yang hanya 4 ha, Kusuma Agrowisata didirikan pada tahun 1989 oleh ir. Edy Antoro. Berada dalam ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut, suasana disini begitu sejuk. Sobat bisa sepuasnya memetik aneka buah-buahan yang ada di Kusuma Agrowisata. Namun jika dibawa pulang, sobat harus membayar biaya tamabahan. Selain wisata petik buah Kusuma Agrowisata juga menawarkan berbagai wisata lainya mulai dari outbound hingga mengendarai ATV.

Kusuma Agrowisata terletak di Jl. Abdul Ganis Atas, atau sekitar 2,5 Km dari pusatkota Batu. Dari pertama kali dibuka, Kusuma Agrowisata mengalami pembangunan yang bertahap setiap tahunya. Pada tahun 1992 pembangunan diawali dengan membangun cottage yang memiliki 16 kamar. Pada tahun berikutnya kamar cottage tersebut ditambah sehingga menjadi 66 buah dan dilengkapi dengan kolam tenang, restaurant, serta ruang pertemuan. Pada tahun 1995 di Kusuma Agrowisata ini dibangun hotel tiga lantai dengan kamarnya 152. Tahun 1996 dibangunlah sebuah rumah kaca yang digunakan untuk menanam kopi jenis Arabika kerdil varietas Kartika 1. Kemudian selama kurun waktu 1998 sampai 2000 Kusuma Agrowisata menambah jenis tanaman serta membangun rumah kaca satu lagi untuk sayur-sayuran. 

Kusuma Agrowisata Batu Malang, Petik Apel Sendiri Sepuasnya
memetik buah Sendiri di Kusuma Agrowisata Batu
Kusuma Agrowisata di Batu ini buka mulai pulul 8 pagi hingga 5 sore. Disini sobat akan diajak untuk berkeliling di perkebunan yang cukup luas dan akan ditemani pemandu yang akan menjelaskan tentang budidaya tanaman. Sobat bisa sepuasnya memetik buah apel yang masih segar dan memiliki rasa asam manis dengan catatan tidak dibawa pulang. Jika sobat ingin membawa buah apel ini untuk dibawa pulang, tentu harus membayar biaya tambahan lagi. Puas dengan buah apel, cobalah untuk menuju perkebunan buah strawberry. Warnanya yang merah segar membuat para wisatawan tak tahan untuk segera memetiknya. Selain wisata petik buah yang ada di Kusuma Agrowisata Batu ini, sobat bisa menjajal aneka permainan outbound. Beberapa permainan outbound tersebut diantaranya Paintball combat, Flying fox, Fun fishing, mini train, pony house ridem , billyard table, motor cross funride dll. Namun tentunya sobat harus membayar biaya tambahan untuk setiap permainanya. 
Kusuma Agrowisata Batu
Bermain ATV di Kusuma Agrowisata Batu

Setelah puas berkeliling di perkebunan apel dan strawberry serta bermain aneka permainan outbound di Kusuma Agrowisata kini saatnya untuk memanjakan perut yang mulai keroncongan. Sobat bisa menjajal aneka kuliner yang ada di kedai apel atau kedai strawberry. Sesuai namanya semua menu di kedai ini berbahan apel atau strawberry seperti apple chiken steak, nasi goreng apel, ayam penyet strawberry, nasi ayam saus strawberry dll. Nah untuk tiket masuk di Kusuma Agrowisata Batu ini sebenarnya hanya Rp 10 ribu, namun disini tersedia juga beberapa paket wisata diantaranya:
Paket Agrowisata Apel I
  • Harga hari biasa : Rp 45 ribu
  • Harga Akhir Pekan: Rp 50 ribu
  • Fasilitas: tiket masuk, roti bakar, jus buah, wisata petik jeruk, strawberry dan apel
Paket Agrowisata Apel II
  • Harga hari biasa : Rp 55 ribu
  • Harga Akhir Pekan : Rp 60 ribu
  • Fasilitas: tiket masuk, nasi goreng apel/ bakmi goreng apel, wisata petik jeruk, apel, strawberry dan jus buah.
Nah itulah tadi ulasan mengenai wisata yang ada di Batu Malang yakni Kusuma Agrowisata. Berakhir pekan di Agrowisata seperti ini bisa sobat jadikan pilihan untuk berakhir pekan apalagi sudah tersedia penginapan disini yakni Hotel Kusuma Agrowisata Batu.

Kusuma Agrowisata Batu Malang, Petik Apel Sendiri Sepuasnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar