Rabu, 14 Mei 2014

Indahnya Jembatan Suramadu Di Malam Hari, Jembatan Terpanjang Di Indonesia

Jembatan Suramadu Di Surabaya ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia yang totalnya mencapai 5.438 meter. Jembatan yang menghubungkan antara Pulau jawa dan Pulau Madura ini dibangun sejak tahun 2003 yang kala itu diresmikan pembangunanya oleh Presiden Megawati. Selang 6 tahun kemudian tepatnya pada 10 juni 2009 Presiden SBY secara resmi membuka jembatan suramadu untuk umum. Total biaya pembangunan Jembatan Suramadu ini menghabiskan 4,5 milyar.
Indahnya Jembatan Suramadu Di Malam Hari, Jembatan Terpanjang Di Indonesia
Indahnya Jembatan Suramadu Di Malam Hari, Jembatan Terpanjang Di Indonesia

Tujuan awal dari pembangunan Jembatan Suramadu tidak lain adalah untuk pemerataaan aspek ekonomi dan infrastruktur di Madura yang relatif tertinggal. Jembatan ini dibangun dengan 4 jalur yakni 2 jalur untuk kendaraan roda 4 dan 2 jalur untuk sepeda motor. Ketika malam hari telah tiba Jembatan Suramadu ini bak naga yang memancarkan sinar-sinar di sepanjang tubuhnya. Ya cahaya lampu yang ada di jembatan memang memberikan kesan romantis. Lampu-lampu disepanjang jembatan suramadu tersebut menampilkan warna yang berubah-ubah sehingga membuat suasana kian menarik. Aktivitas fotografi tentu menjadi hal yang sangat sayang untuk ditinggalkan. Meskipun demikian di siang hari Jembatan Suramadu pun terlihat lebih gagah. Sobat bisa menyaksikan konstruksi Jembatan Suramadu yang terdiri dari 3 bagian yakni Jembatan penghubung, Jalan layang serta Jembatan Utama. Jangan hanya asyik dengan kamera saja, cobalah untuk melintas diatasnya. Nah sekarang sobat sedang berada diatas selat Madura, hanya ada lautan dikanan-dan kiri sobat. Patung Jalesveva Jayamahe yang ada di pantai kenjeran makin lama makin tak terlihat. Terkadang sobat bisa menemui beberapa kapal yang sedang berlayar. Cara lain untuk menikmati keindahan Jembatan Suramadu adalah dengan naik kapal di selat Madura. Jika tertarik untuk naik kapal, sobat bisa naik dari Pelabuhan Tanjung Perak. Selain itu sobat bisa menyewa perahu yang ada didekat kaki jembatan baik dari Madura maupun dari Surabaya.
Jembatan Suramadu, Jembatan Terpanjang Di Indonesia
Jembatan Suramadu, Jembatan Terpanjang Di Indonesia

Seperti yang saya katakan tadi jembatan suramadu terbagi menjadi 3 bagian. Dimasing-masing pulau yakni di Jawa dan Madura terdapat jalan layang. Di Maduran panjang jalan layang mencapai 1.818 meter sedangkan jalan layang di Surabaya panjangnya 1.458. Kemudian jalan layang tersebut dihubungkan dengan jembatan penghubung yang panjangnya 627 meter. Sedangkan bagian terakhir yakni jembatan utama yang berada di tengah-tengah Jembatan Suramadu ini terbagi lagi menjadi 3 bagian.Dua bentang yang berada di samping mempunyai panjang 192 meter sedangkan bentang utama memiliki panjang 434 meter.

Bagi sobat yang ingin melintas di Jembatan Suramadu tentu harus membayar biaya retribusi yakni sebesar Rp 3 ribu untuk sepeda motor sedangkan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 30 ribu. Meskipun sebenarnya setiap yang melintas di Jembatan Suramadu dilarang berhenti, namun ada saja yang berhenti untuk sekedar berfoto-foto.

Indahnya Jembatan Suramadu Di Malam Hari, Jembatan Terpanjang Di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

2 komentar: