Jumat, 16 Mei 2014

Pulau Menjangan Bali, Surganya Penyelam Sejati

Pulau Menjangan Bali -Pasir putih disepanjang garis pantai dan keindahan alam bawah laut yang memukau itulah gambaran awal dari Pulau Menjangan yang terletak di bagian barat Bali. Pulau menjangan ini masuk dalam wliayah Taman Nasional Bali Barat atau yang disingkat TNBB. Letaknya sekitar 10 km dari pantai bagian barat Pulau Bali. Tempat ini juga dikatakan tempat wall diving terbaik di Bali. Tak hanya itu Menjangan juga memiliki taman bawah laut yang kaya akan biota laut. 
Pulau Menjangan Bali
Pulau Menjangan Bali

Dikatakan sebagai Pulau Menjangan atau yang dalam bahasa jawa berarti kijang/ rusa karena adanya kawanan rusa yang berenang ke pulau ini setiap musim semi. Ketika sobat menginjakan kaki di Pulau Menjangan tentu akan melihat kawanan menjangan meskipun populasinya telah menurun. Pemerintah sebenarnya telah berupaya untuk melakukan konservasi agar populasi menjangan di pulau ini tidak punah. 
Pulau Menjangan merupakan titik awal dari kegiatan diving/ menyelam di Bali. Adalah Angkatan Laut Indonesia yang mensponsori sebuah acara menyelam bersama pada tahun 1978. Melalui acara inilah Menjangan mulai dikenal sebagai tempat diving atau menyelam terbaik hingga ke kancah internasional. Berkunjung ke Pulau Menjangan tentu kegiatan utama yang dilakukan disini adalah menyelam mengeksplore seluruh keindahan alam bawah lautnya. Sobat bisa menemukan titik Anchor Wreck pada kedalaman sekitar 45 meter. Sebuah bangkai kapal yang sudah berkarat tergelak di dasar laut. Kapal tersebut diduga kapal milik Belanda yang tenggelam saat terjadi perang dunia II pada abad ke-19. Ketika sobat menjelajah ke dalam kapal, besar kemungkinan akan menemukan ikan hiu dan penyu. Didalam kapal ini juga terdapat beberapa peti ang telah ditumbuhi karang lunak. 

Keindahan Bawah Laut Pulau Menjangan
Keindahan Bawah Laut Pulau Menjangan
Ada beberapa titik penyelaman yang cukup favorit di Pulau menjangan salah satunya di Eel Gardens. Tempat ini terletak di sebelah barat Pulau Menjangan dan bisa dikatakan sebagai tempat terbaik untuk menyelam di Pulau Menjangan. Untuk memulai penyelaman, dimulai dari dinding yang memiliki kedalaman 40 meter. Disini sobat akan menemukan gorgonian serta aneka biota laut lainya. Bagi sobat yang tidak suka menyelam, disepanjang garis pantai ini dipenuhi pasir putih yang berkilau. Selain Eel Garden ada juga titik penyelaman lainya yakni Secret Bay. Tempat yang satu ini menjadi tempat favorit bagi para makro-fotografer dan juga ahli biologi kelautan. Ketika menyelam disini sobat tidak akan menemukan terumbu karang, penyelamanyapun tak lebih dari 9 meter. Di dasar laut hanya ada pasir vulkanis yang menjadi habitat bagi biota laut yang endemik. Belum lama ini para ahli kelautan telah menemukan 4 jenis angelrfish. Selain hewan langka tersebut, kawasan Secret Bay terdapat berbagai jenis kuda laut.

Tertarik untuk berlibur di Pulau Menjangan Bali? Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau menjangan adalah bulan april hingga November. Hanya saja karena pulau ini tidak berpenghuni bawalah bekal yang cukup seperti makanan, minuman, hingga obat-obatan yang sekiranya dibutuhkan. Untuk peralatan menyelam sobat bisa menyewa di resort sebelum menyeberang ke Pulau Menjangan. Perjalanan menuju Pulau Menjangan bisa menggunakan perahu yang bisa sobat temukan di sebuah pelabuhan kecil yang bernama pelabuhan lalang. Perahu tersebut dikelola oleh Taman Nasional Bali Barat. Perjalanan dari Pelabuhan Lalang ke Pulau Menjangan setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Pulau Menjangan Bali, Surganya Penyelam Sejati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar