Selasa, 27 Mei 2014

G land di Banyuwangi, Tempat Terbaik Untuk Surfing Di Dunia

G land atau yang juga dikenal dengan pantai plengkung di ujung timur Pulau Jawa merupakan salah satu tempat surfing terbaik di dunia. Tak heran banyak peselancar asing yang datang ke pantai yang memiliki pesisir berbentuk melengkung panjang ini. G land memiliki 7 gulungan ombak dan ketinggianya mencapai 6 meter. Oleh sebab itu para wisatawan asing menyebutnya “The Seven Giant Waves Wonder”. Seperti apakah keindahan dari G land atau Pantai Plengkung ini? Mari kita bahas satu-persatu.
G land di Banyuwangi, Tempat Terbaik Untuk Surfing Di Dunia
Ombak G land di Banyuwangi

G Land terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa timur dan cukup dekat dengan hutan tua yang bernama Alas Purwo. Ada beberapa pengertian terkait penamaan G land untuk pantai plengkung ini. Pertama huruf G tersebut berarti “Great” yang mengartikan ombak di G land begitu luar biasa. Kedua huruf G diartikan sebagai “Green” karena lokasi G land ini tak jauh dari hutan lebat nan hijau yaitu Taman Nasiona Alas Purwo. Terakhir huruf G bisa juga diartikan “Grajagan” yang merupakan sebuah pelabuhan untuk menuju Plengkung. G land ini terletak di teluk Grajagan yang menyerupai huruf G. 

G land di Banyuwangi, Tempat Terbaik Untuk Surfing Di Dunia
pantai plengkung di Banyuwangi
Sampai saat ini G land telah digunakan untuk ajang surfing berskala internasional sebanyak 5 kali. Hal ini tak lepas dari barrel yang ada di G land ini yang begitu panjang dan lama, sehingga para peselancar baik yang amatir maupun profesionalpun bisa menikmatinya. Ombak di G land baru akan pecah sejauh 1 hingga 2 Km dari timur ke barat serta ketinggianya antara 4 – 6 meter dalam interval 5 mnt. Ombak raksasa tersebut akan susul menyusul sebanyak 7 lapis. Inilah mengapa G land di Banyuwangi begitu di idam-idamkan oleh para peselancar dunia. Di dunia ini yang memiliki ombak serupa hanya ada di Hawai, Afrika selatan, dan Australia. Maka berbanggalah kita sebagai warga Indonesia yang memiliki G land di Banyuwangi ini.

Hamparan pasir putih yang ada di kawasan G land terisoler oleh lebatnya hutan yang masih alami sehingga jauh dari hiruk pikuk keramaian. Maka jangan kaget ketika sobat berkunjung disini tidak ada sinyal Hp, jaringan televise maupun pedagang kaki lima. Namun disinilah keasyikanya, sobat bisa berselancar ataupun hanya bermain di pinggir pantai dengan suasana yang masih asri dan tenang dan meninggalkan peradaban kota.

Untuk menuju G land ada dua alternatif, pertama melalui jalur darat dengan rute banyuwangi-kalipahit-pasaranyar-trianggulasi-pancur-plengkung. Total jarak yang harus ditempuh dengan rute tersebut adalah 86 Km. Cara kedua bisa melalui jalur darat-laut. Dari banyuwangi arahkan perjalanan sobat menuju Benculuk kemudian Grajagan dengan jarak tempuh 53 km. Dari pantai grajagan untuk menuju G land bisa menggunakan speed Boat. Sebaiknya sobat datang ke G land pada bulan juli sampai September, karena pada bulan itulah sobat akan menemukan ombak yang panjand dan tinggi.

G land di Banyuwangi, Tempat Terbaik Untuk Surfing Di Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar