Kamis, 22 Mei 2014

Taman Nasional Meru Betiri, Habitat Bagi Flora Dan Fauna Langka

Taman Nasional Meru Betiri bisa dikatakan salah satu Taman Nasional terbaik yang ada di pulau jawa. Luasnya mencapai 58. 000 hektar yang terdiri dari 5 vegetasi yakni hutan rawa, hutan mangrove, hutan pantai, hutan dataran rendah dan hutan rheopyte. Taman Nasional yang terletak di Jember bagian selatan ini merupakan habitat dari flora dan fauna langka. Sobat bisa melakukan jungle tracking, menikmati pasir putihnya serta menyaksikan beberapa atraksi hewan di Taman Nasional Meru Betiri.
Taman Nasional Meru Betiri
Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri
raflesia di Taman Nasional Meru Betiri
Dinamakan Taman Nasional Meru Betiri karena ditempat tersebut terdapat dua buah gunung yang bernama meru dan betiri. Gunung Meru memiliki ketinggian 500 mdpl sedangkan Gunung Betiri memiliki ketinggian 1200 mdpl. Disinilah dulunya merupakan habitat dari harimau loreng jawa atau yang memiliki nama latin panther tigris sondaica. Namun kini harimau ini sudah tidak ditemukan lagi karena diperkirakan sudah punah. Untuk saat ini di Taman Nasional Meru Beriti terdapat 200 lebih jenis satwa yang dilindungi diantaranya penyu hijau, penyu belimbing, kucing hutan, kera ekor panjang, banteng, macan tutul, rusa dll. Selain itu terdapat juga tumbuhan langka seperti api-api, waru, pulai, bendo, bakau hingga bunga raflesia. 

penyu di Taman Nasional Meru Betiri
penyu di Taman Nasional Meru Betiri
Ciri khas dari Taman Nasional Meru Betiri adalah adanya tempat penangkaran penyu yang terdapat di Pantai Sukamade. Terdapat 4 jenis yang dikembangbiakan disini yakni penyu belimbing, penyu hijau, penyu sisik dan penyu lekang. Sobat bisa mengamati aktifitas penyu tersebut seperti penyu yang sedang bertelur dan berkeliaran bebas di pesisir pantai. Sebelum sampai di Pantai Sukamade ini sobat akan melewati perkebunan karet dan kakao yang jarang ditemukan di dunia. Selepas dari Pantai Sukamade cobalah untuk menuju Rajegwesi yang merupakan wisata bahari dan desa konservasi. Disini sobat bisa melihat aktifitas dari nelayan tradisional serta berenang di pantai yang masih sangat alami. Tak jauh dari sini terdapat dua buah teluk yakni teluk damai dan teluk hijau. Tempat lain yang bisa dikunjungi adalah Bandelait. Disini sobat akan menemukan goa jepang, penangkaran rusa dan habitat rafflesia zollingeriana.

Taman Nasional Meru Betiri terletak di dua wilayah yakni Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember. Sobat bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum dengan rute Jember-Genteng-Jajag-Pesanggrahan-Sarongan-Sukamade dengan jarak tempuh 103 km. Atau bisa juga melalui rute jember-Ambulu-Curahnongko-Bandealit. Waktu terbaik untuk berkunjung di Taman Nasional Meru Beriti adalah bulan mei hinga September.

Taman Nasional Meru Betiri, Habitat Bagi Flora Dan Fauna Langka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar