Minggu, 04 Mei 2014

Pantai Ujung Genteng Sukabumi, Pantai Terindah Di Sukabumi Jawa Barat

Pantai Ujung Genteng -Deburan ombak pantai selatan yang berteman dengan putihnya pasir sepanjang 16 Km akan menjadi milik sobat ketika mengunjungi pantai yang satu ini. Pantai Ujung Genteng menyajikan keterasingan yang tak terlupakan. Sapalah haru biru laut yang beradu dengan langit serta batu-batu karang di lepas pantai tersebut. Sebuah ketenangan yang akan melepaskan kepenatan dalam jiwa.
Pantai Ujung Genteng Sukabumi
Pantai Ujung Genteng Sukabumi

Pantai Ujung Genteng terletak di Kecamatan Ciracap, Sukabumi dan berjarak 120 Km dari pusat Kota Sukabumi. Jika sobat dari Jakarta maka setidaknya harus menempuh perjalanan 220 Km dan jika dari Bandung berjarak 230 Km. Pantai Ujung Genteng kian ramai karena akses jalanya cukup memadai meskipun jalanya berkelok-kelok, apalagi ada sejumlah angkutan umum yang bisa digunakan untuk sarana transportasi. Butuh kesabaran tersendiri untuk menuju obyek wisata pantai di Sukabumi ini. Namun semua itu terbayar lunas ketika sobat sudah sampai di garis pantai. Meskipun berada di samudra Hindia namun ombaknya tidak begitu besar karena sudah terhalang oleh karang-karang besar tepat didepan bibir pantai. Disinilah sobat akan menemukan jernihnya air laut dengan pasir putih yang membentang sejauh 16 Km kearah barat. Beberapa nelayan terlihat sedang asik menangkap lobster. Jika mau sobatpun bisa ikut bersamanya.

Selain keindahan pantainya bersama karang-karangnya masih ada juga keindahan lain yakni adanya sebuah muara bernama Cipanarikan. Muara Cipanarikan merupakan sebuah muara yang mempertemukan air yang mengalir di sungai cipanarikan dengan air laut. Sungai Cipanarakan jika diamati dari atas terlihat seperti ular yang sedang berjalan karena sungainya berkelok-kelok membelah Suaka Marga Satwa Cikepuh. Ketika hari libur tiba tak sedikit wisatawan yang berasal dari luar daerah bahkan dari mancanegara. Berjalan mengitari kawasan pantai ujung genteng sobat akan menemukan puing-puing peninggalan colonial Belanda. Pada masa itu Ujung Genteng dijadikan sebuah dermaga dari kapal-kapal Belanda sehabis berlayar di samudra Hindia. Selang beberapa tahun kemudian ketika Jepang menguasai Indonesia, tempat ini juga dimanfaatkan untuk mengangkut hasil bumi di sekitar Ujung Genteng.
Pantai Ujung Genteng Sukabumi
muara cipanarikan Ujung Genteng Sukabumi

Di Pantai Ujung Genteng Sukabumi ini banyak hal yang bisa sobat lakukan. Mulailah perjalanan anda dari pantai pangumbahan, disana sobat akan menemukan penyu hijau. Penyu ini bisa menghasilkan 100 butir telur setiap kali bertelur. Penyu-penyu tersebut biasanya akan bertelur pada malam hari dengan membuat lubang di daratan. Peristiwa ini biasanya ditungu-tunggu oleh sebagian wisatawan. Bagi sobat yang suka berselancar cobalah untuk menuju pantai ombak tujuh. Disana sobat akan menemukan beberapa peselancar baik dari dalam negeri maupun dari mancanegara yang sedang asik bermain dengan ombak. Pantai Ujung Genteng juga menjadi tujuan bagi para mancing mania. Cukup banyak spot-spot yang biasanya digunakan untuk memancing. Dan jangan sampai ketinggalan juga untuk mengunjungi Cibuaya yang merupakan sebuah tempat untuk berendam. Kedalamnaya bervariasi dari 0,5 meter hingga 6 meter. Jika sobat menyelam kedalamnya akan menemukan terumbu karang yang jelita.
Pantai Ujung Genteng Sukabumi
Berselancar di ombak tujuh  Ujung Genteng Sukabumi

Untuk menuju Pantai Ujung Genteng bisa melalui rute Jakarta –Ciawi-Cicurug-Cibadak-Jampang Kulon (Sukabumi)-Surade-Ujung Genteng. Atau jika sobat berasal dari Bandung bisa melalui Cianjur-Sukabumi-jampang Kulon-Kota Surade-Ujung Genteng. Untuk tiket masuk ke kawasan pantai Ujung Genteng adalah sebesar Rp 5.000 saja. Nah tak jauh dari pantai ujung genteng terdapat destinasi wisata yang tak kalah menariknya yakni Curug Cikaso

Pantai Ujung Genteng Sukabumi, Pantai Terindah Di Sukabumi Jawa Barat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar