Senin, 02 Juni 2014

Pemandian Air Panas Ciater, Obyek Wisata Dekat Tangkuban Perahu

Pemandian Air Panas Ciater merupakan sebuah obyek wisata yang cukup popular di Subang Jawa Barat. Setiap bulanya, Pemandian air panas ciater mampu menyedot lebih dari 70.000 wisatawan yang berasal dari berbagai daerah. Bahkan tak sedikit wisatawan yang berasal dari luar negeri. Hal ini cukup masuk akal karena selain menawarkan pemandian air panas alami, tempat wisata di subang yang satu ini juga menawarkan keindahan alam sekitar. Selama perjalanan menuju Pemandian air panas ciater, sobat akan disuguhkan pemandangan hamparan kebun teh yang asri dan menyejukan pandangan. Sesampainya di lokasi sobat bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada seperti kolam pemancingan, area outbound, berbagai macam wahana olahraga dan permainan, serta bumi perkemahan.
Pemandian Air Panas Ciater
Pemandian Air Panas Ciater

Lokasi Pemandian Air Panas Ciater

Lokasi Pemandian Air Panas Ciater sangat mudah dicapai karena terletak di jalan utama Subang-Bandung. Lokasinya juga tak jauh dari obyek wisata yang cukup terkeal di Bandung yakni Gunung Tangkuban Perahu. Lebih tepatnya alamat pemandian air panas ciater ini di Ciater, Kecamatan Jalan Cagak, Subang, Jabar. Air yang mengalir di pemandian air panas ciater berasal dari kawah gunung yang popular dengan kisah Sangkuriang tersebut. Air dari Gunung Tangkuban Perahu ini ditampung di kolam yang luas serta di kamar rendam dengan desain yang unik dan eksklusif. Dengan luas mencapai 30 hektar, sobat bisa bebas memilih beragam fasilitas yang disediakan di Pemandian Air Panas Ciater.

Sejarah Pemandian Air Panas Ciater

Pada zaman dahulu, kawasan Pemandian Air Panas Ciater berupa hutan lebat yang dianggap angker. Di hutan inilah terdapat pohon yang bernama pohon ater. Pada suatu ketika ada seseorang yang mencoba menebang pohon tersebut, dan tak disangka pohon ater ini mengeluarkan air. Fenomena ini tentu sangat disukuri oleh warga sekitar karena saat itu sedang krisis air bersih. Seorang peneliti dari Belanda yang bernama Hack Bessel melakukan pengujian terhadap air tersebut. Dan ternyata air tersebut berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Pada tahun 1960 hutan dikawasan ini kemudian dibuka oleh Embah Ebos yang dikenal sakti oleh warga sekitar. Sejak saat itulah kawasan ini dikenal dengan Ciater yang memiliki arti air yang memancar. Tahun 1960, Pemerintah Subang mulai mengembangkan potensi sumber air panas di kawasan ini dan dikemudian dikenal dengan Pemandian Air Panas Ciater sampai saat ini.

Fasilias Pemandian Air Panas Ciater

Selain disediakan kolam untuk umum, di Pemandian Air Panas Ciater juga di sediakan kamar VIP untuk berendam, sehingga privacy sobat bisa terjamin. Air yang mengalir di Pemandian air panas ciater ini sudah diuji secara klinis dan terbukti bisa mengobati penyakit kulit. Dari hasil pengujian air tersebut mengandung chloride, kalsium, mineral, magnesium, sulfat, serta hyperthermia. Tingkat keasamanya cukup tinggi yakni dengan ph 2,45. Suhu dari air yang mengalir di Pemandian air panas ciater adalah 37 sampai 42 derajat celcius. Jika sobat mau bermalam ada juga bungalau dengan harga yang terjangkau. Tak puas dengan pemandian air panas, sobat bisa menikmati berbagai fasilitas lainya seperti memancing, bersepeda, berkuda, arung jeram, berperahu, aneka macam olahraga, berkeliling dengan kuda dan jalan-jalan di area perkebunan teh. 
Pemandian Air Panas Ciater
berkuda di Ciater

Rute Menuju Pemandian Air Panas Ciater

Untuk menuju pemandian air panas ciater bisa dari Bandung atau dari Subang. Jika dari pusat kota bandung berjarak sekitar 32 Km, jika dari Lembang berjarak 15 Km dan jika dari Kawah Gunung Tangkuban perahu hanya berjarak 7 Km. Sedangkan jika sobat dari Subang, Pemandian Air Panas Ciater berjarak 30 Km.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Ciater

Berikut ini adalah harga tiket masuk pemandian air panas ciater, namun harga ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pihak pengelola.
  • Harga tiket @orang: Rp 22.000,-
  • Harga tiket @motor: Rp 11.000,-
  • Harga tiket @mobil: Rp 16.000,-
  • Harga tiket @bus/truck: Rp 22.000,-

Pemandian Air Panas Ciater, Obyek Wisata Dekat Tangkuban Perahu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar