Rabu, 04 Juni 2014

Indahnya Pulau Lengkuas Bangka Belitung Dari Mercusuar Tua

Hamparan air laut yang berwarna biru jernih dengan berhiaskan tabuaran batuan granit. Itulah keindahan pulau lengkuas yang tampak terlihat dari mercusuar tua yang sudah berumur ratusan tahun. Luasnya memang tak terlalu besar tak lebih dari 1 hektar, namun jangan pernah meragukan keindahan yang ditawarknya. Maka tak heran sekarang Pulau Lengkuas mulai banyak didatangi oleh wisatawan.
Indahnya Pulau Lengkuas Bangka Belitung
Indahnya Pulau Lengkuas Bangka Belitung

Pulau Lengkuas terletak di kecamatan Sijuk, Bangka Belitung. Hamparan pasir putih beradu dengan birunya samudra yang berhias batuan granit dengan aneka bentuk dan ukuran. Sobat bisa menikmati pemandangan tersebut dari atas mercusuar yang telah berusia ratusan tahun. Mercusuar ini merupakan peninggalan Belanda yang dibangun sekitar tahun 1882 dan sampai saat ini masih digunakan sebagai pengatur lalu lintas kapal laut yang akan masuk atau ke luar dari Pulau Belitung. Mercusuar di Pulau Lengkuas ini memiliki ketinggian 50 meter dan mempunyai belasan lantai. Para wisatawan diperbolehkan untuk naik ke mercusuar tersebut. Namun untuk mencapai tempat tertinggi tidaklah mudah, karena harus melewati ratusan anak tangga. Jika sobat tidak sampai puncak, disetiap lantai yang ada di mercusuar tersebut juga tersedia jendela yang mengahadap ke segala arah. Nah jia sobat sampai di puncak mercusuar tentunya pemandangan yang didapatkan jauh lebih eksotis. Tak hanya birunya air laut yang berpadu dengan batuan granit saja, sobat bisa melihat pulau-pulau kecil yang terlihat dari kejauhan.
Pulau Lengkuas Bangka Belitung Dari Mercusuar
Pulau Lengkuas Bangka Belitung Dari Mercusuar

Dulu sebelum Pulau Lengkuas ramai pengunjung dan menjadi wisata favorit di Bangka Belitung, Pulau ini hanya dihuni beberapa orang yang bertugas menjaga mercusuar tersebut. Berenang tentu menjadi aktifitas yang menyenangkan di Pulau Lengkuas, terlebih lagi di sekitar pulau lengkuas ini kedalaman airnya tidak terlalu dalam. Selain berenang, menikmati terumbu karang dengan aneka jenis biota laut juga tak kalah menariknya. Pasir putihnya yang membentang luas, juga selalu menggoda untuk bermain diatasnya atau hanya sekedar berjemur. Sebelum pulang, jangan lupa untuk mengabadikan momen anda diatas mercusuar. Kendati demikian sebaiknya jangan datang ke Pulau Lengkuas pada bulan Desember- Januari, mengingat arusnya besar dan membahayakan pada bulan tersebut. Karena tidak ada warung atau penjual makanan, sebaiknya bawa bekal yang cukup sebelum berwisata di Pulau Lengkuas Belitung.

Indahnya Pulau Lengkuas Bangka Belitung Dari Mercusuar Tua Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar