Kamis, 05 Juni 2014

Hutan Mangrove Jakarta, Wahana Rekreasi Dan Edukasi Yang Lengkap

Tak hanya Surabaya yang memiliki Hutan Mangrove yang menarik dan dijadikan salah satu tujuan tempat wisata. Di Jakarta, sobat juga bisa menemukan tempat serupa. Hutan Mangrove di Jakarta ini bernama Taman Wisata Alam Angke Kapuk yang terletak di kawasan pantai indah kapuk Jakarta Utara. Di tempat ini sobat bisa melakukan berbagai aktifitas seperti konservasi, hunting foto di hutan, wisata air, dll. Fasilitasnyapun cukup lengkap diantaranya tempat ibadah, restaurant hingga penginapan.

Hutan Mangrove di Jakarta ini merupakan kawasan pelestarian alam yang kemudian dimanfaatkan untuk kegiatan wisata. Tempat ini juga bisa dijadikan wisata edukasi, karena setiap wisatawan bisa merasakan bagaimana menanam sendiri menenm bibit mangrove atau bakau. Selain digunakan tempat rekreasi dan edukasi, Taman WIsata Alam Angke Kapuk juga sering digunakan untuk tempat menggelar acara dari berbagai instansi. Luas hutan mangrove di Jakarta ini mencapai 99,82 ha. Keberadaan hutan mangrove di Jakarta tentunya sangat penting karena untuk meredam banjir dan mencegah instruisi air laut ke daratan. Beberapa flora yang tumbuh di Taman Wisata Alam Angke Kapuk diantarnya api-api, bidara, dan bakau. Sedangkan beberapa fauna yang menjadi penghuni hutan mangrove tersebut diantaranya kuntul putih, pecuk ular, udang bakau, kawok maling, biawak dan berbagai jenis ular tak berbisa. 

Apa saja yang bisa di lakukan di Hutan Mangrove Jakarta ?

Konservasi

Rasakan pengalaman menanam bibit pohon bakau sendiri. Kegiatan ini tentunya akan mengajarkan kita bagaimana melestarikan alam. Dengan menanam bibit bakau berarti sobat telah ikut serta dalam mencegah abrasi atau pengikisan daratan oleh air laut.

Wisata Hutan

Berkeliling di hutan merupakan keasikan tersendiri. Bagi sobat yang menggemari kegiatan fotografi, tempat ini juga layak untuk dijadikan spot hunting foto. Tak jarang para pasangan yang menjadikan tempat ini untuk lokasi pre wedding.

Wisata Air

Sobat juga bisa berkeliling di hutan mangrove melalui jalur air. Disini telah disediakan perahu karet dan juga kano. Jika sobat memilih menggunakan perahu karet, nantinya akan ditemani oleh satu orang pemandu. Sobat akan diajak berkeliling menikmati keindahan alam tropis. Bagi sobat yang berjiwa petualang, rasakan berkeliling di hutan mangrove Jakarta menggunakan kano.

Fasilitas di Hutan Mangrove Jakarta

Fasilitas di Taman WIsata Alam Angke Kapuk terbilang cukup lengkap. Mulai dari kantin dengan alam terbuka. Sobat bisa makan di alam terbuka dengan saung-saung yang terbuat dari kayu. Bagi sobat yang beragama musilm juga telah disediakan masjid, untuk tempat beribadah. Ada juga tempat bermain untuk anak-anak. Dan jika sobat ingin menginap disini juga telah tersedia penginapan yang berupa camping ground, pondok alam, cottage dan villa.

Hutan Mangrove Jakarta, Wahana Rekreasi Dan Edukasi Yang Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar