Rabu, 30 April 2014

Taman Nasional Ujung Kulon, Habitat Untuk Badak Jawa

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan Taman Nasional pertama di Indonesia yang terletak di paling barat Pulau Jawa. Taman Nasional ini juga merupakan sala satu warisan dunia yang dinaungi oleh UNESCO sejak tahun 1991. Taman Nasional Ujung Kulon merupakan satu-satunya habitat dari hewan langka Badak Jawa atau Rhinoceros sondaicus. Saat ini hewan yang hanya dilacak pada malam hari ini hanya tersisa sekitar 60 ekor saja.
Taman Nasional Ujung Kulon, Habitat Untuk Badak Jawa
 Badak Jawa

Taman Nasiona Ujung Kulon adalah salah satu objek wisata yang menarik. Kawasan ini terdiri dari taman laut, air terjun, hutan hujan tropis, pantai dengan pasir putih, sungai jeram, sumber air panas, hingga benda atau bangunan penginggalan sejarah seperti Arca. Di Gunung Raksa yang berada di Pulau Panaitan terdapat Arca yang bernama Arca Ganesha. Taman Nasional Ujung Kulon terletak di semenanjung segitiga ujung selatan pulau jawa. Ditempat inilah terdapat setidaknya 700 jenis tumbuhan dan 57 diantaranya merupakan tumbuhan langka. Satwa-satwa yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon terdiri dari 142 jenis ikan, 240 jenis burung, 72 jenis insekta, 5 jenis reptilia, 35 jenis mamalia, 22 jenis amfibia serta 33 jenis terumbu karang. Selain Badak jawa, di taman ini juga terdapat hewan-hewan langka lainya seperti kima raksasa, owa, kucing batu, macan tutul, rusa, surili, ajag, dan banteng. 

Taman Nasional Ujung Kulon, Habitat Untuk Badak Jawa
pantai di Taman Nasional Ujung Kulon
Saat sobat berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon maka tempat terbaik untuk mengamati hewan-hewan tersebut adalah di Pulau Handeulum. Jika sobat ingin bersnorkeling, berenang, diving, bermain pasir putih, atau memancing datanglah ke Pulau Peucang. Selain kedua Pulau tersebut masih ada pulau Panaitan. Pulai Panaitan terletak di paling barat dari semenanjung. Vegetasi di Pulau panaitan terdiri dari hutan pantai, hutan mangrove serta hutan hujan. Disini sobat bisa menemukan benda-benda bersejarah seperti Arca Ganesha yang merupakan peninggalan jaman hindu kuno. Sebaiknya sobat datang diwaktu yang tepat, yakni sekitar bulan april hingga September. Untuk menuju Taman Nasiona Ujung Kulon jika dari Jakarta bisa melalui serang melewati jalan Tol kemudian arahkan perjalanan sobat menuju Labuhan. Taman Nasional Ujung Kulon dapat dicapai dari Labuhan menggunakan speedboat yang memakan waktu hampir 5 jam perjalanan.

Taman Nasional Ujung Kulon, Habitat Untuk Badak Jawa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar