Kamis, 17 April 2014

10 Makanan Khas Betawi Yang Menggugah Selera

Makanan khas betawi memang selalu menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang datang ke kota Jakarta. Meskipun kota metropolitan tersebut terkenal dengan macet dan banjirnya namun jangan sekali-kali meremehkan tentang masakanya. Beberapa kuliner khas betawi ini begitu melegenda dan sudah dikenal seantero negeri. Baik mulai dari kue basah, camilan hingga makanan pokok semuanya begitu menggugah selera. Bagi sobat yang belum mengenal tentang makanan khas betawi yuk simak ulasanya berikut ini.
10 Makanan Khas Betawi Yang Menggugah Selera
kerak telor

1. Kerak Telor

Makanan ini sering dijumpai pada saat Pekan Raya Jakarta (PRJ). Bahkan beberapa orang selalu menyempat untuk membeli kerak telur ketika menghadiri PRJ. Ya, makanan yang satu ini memang sudah melekat dengan agenda tahunan di Jakarta tersebut. Namun dihari-hari biasa sebenarnya sobat bisa membelinya, meskipun agak sulit menemukanya. Karena pedagang kerak telur biasanya menjajakanya dengan berkeliling. Makanan khas Betawi yang satu ini terbuat dari aneka bahan seperti ketan putih, beras, telur bebek, telur ayam, parutan kelapa dan ebi atau udang kering. Rasanya yang gurih dan nikmat ketika masih panas, selalu membuat ketagihan setiap penikmatnya.

2. Kue Rangi

Kue ini terbuat dari parutan kelapa dan sagu kemudian dibakar. Cara menyajikanya adalah dengan dibalut saus gula merah. Perpaduan rasa gurih dan manis ini memberikan rasa yang unik dan nikmat tentunya.

3. Semur Jengkol

Makanan yang satu ini mungkin hanya anda temukan di Betawi saja. Jengkol yang begitu “dibenci” oleh beberapa kalangan mampu diubahnya menjadi hidangan yang lezat. Agar bau pada jengkol ini hilang biasanya di rendam dengan air kapur. 

4. Soto Betawi

Nampaknya makanan khas betawi yang satu ini sudah menjadi primadona di Jakarta. Bahkan beberapa restorant menyajikan soto betawi sebagai menu utamanya. Hal yang membedakan soto betawi dengan soto lainya adalah kuahnya yang menggunakan santan. Soto Betawi sudah ada sejak tahun 1940-an, sehingga namanya sudah begitu melegenda. Sebenarnya banyak yang menjajakan soto betawi di Jakarta namun yang paling terkenal adalah yang ada di kawasan Taman Ismail Marzuki.

5. Gado-gado

Siapasih yang tidak mengenal makanan yang satu ini? Saya kira semuanya sudah mengenal atau bahkan sudah berkali-kali menyantapnya. Ya karena untuk mendapatkan gado-gado tak hanya di Jakarta, dibeberapa kota lainya banyak dijumpai warung-warung penjual gado-gado. Nampaknya makanan ini sudah menjadi makanan khas Indonesia karena sobat bisa menemukanya dimana saja.

6. Laksa Betawi

10 Makanan Khas Betawi Yang Menggugah Selera
Laksa merupakan makanan berbahan mie yang kemudian dicampur dengan aneka bahan dan bumbu lainya kemudian dicampur menjadi satu dengan kuah yang agak kental. Bebearpa bahan yang terdapat dalam laksa betawi diantaranya; Ketupat, tauge, telur, bihun, kucai, udang, perkedel dan taburan bawang goring. Beberapa orang menyantapnya dengan semur betawi. 

7. Pindang Bandeng

Biasanya pindang bandeng disantap saat pagi hari atau untuk sarapan. Penggunaan kunyit pada pindang bandeng membuat kuahnya terlihat kuning. Proses pembuatanya hamper menyerupai semur namun pada pindang bandeng ini menggunakan blimbing wuluh. 

8. Soto Tangkar

Soto dari betawi ini sudah ada sejak jaman Belanda. Dulunya orang-orang betawi hanya mampu membeli iga sapi (Tangkar). Kemudian tangkar tersebut diolah menjadi makanan yang lezat yang kemudian dikenal dengan Soto Tangkar. Kini banyak penjual yang menambahkan bahan lain seperti jeroan. Dengan kuah santanya soto ini tak kalah nikmatnya dengan soto betawi.

9. Es Selendang Mayang

 Es Selendang Mayang
Bagi masyarakat betawi, minuman satu ini mungkin sudah tidak asing di telinga meraka. Selain menyegarkan, es selendang mayang juga mengenyangkan. Pasalnya es terbuat dari tepung beras dan tepung sagu kemudian disiram dengan santan segar. Mungkin keberadaanya sekarang sudah agak jarang ditemukan. Di kawasan Glodok, Kota tua atau kelapa gading mungkin sobat bisa menemukanya.

10. Es Doger

Harganya yang murah meriah namun begitu lezat dan menyegarkan membuat es doger begitu digemari oleh masyarakat. Es Doger berbahan dasar tape, ketan hitam dan santan kemudian ditambah dengan susu serta sirup. Ada pula yang menambahkan roti tawar kedalamnya. 

Itulah 10 makanan khas Betawi yang mungkin bisa sobat coba ketika sedang berada di Jakarta. Adakah makanan yang pernah sobat coba? Jika belum jangan segan-segan untuk mencobanya dijamin ketagihan….

10 Makanan Khas Betawi Yang Menggugah Selera Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar