Jumat, 04 April 2014

Cantiknya Pura Ismoyo Di Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang bisa dikatakan pantai terindah di Malang. Sebuah Pura Hindu berdiri diatas sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Ismoyo. Pura tersebut bernama Pura Amerta Jati, namun masyarakat sering menyebutnya dengan Pura Isomoyo. Satu hal yang harus dipahami bahwa ini Bukan Tanah Lot, Bali. Ya pemandangan disini memang mirip dengan yang ada di Bali. Meskipun letaknya agak terpencil, namun jangan salah fasilitas disini bisa dikatakan cukup lengkap mulai dari restoran, penginapan, penjaga pantai, warung makan, hingga toko souvenir.
Cantiknya Pura Ismoyo Di Pantai Balekambang Malang
Pantai Balekambang Malang 

Pantai Balekambang terletak sekitar 70 Km dari kota Malang, atau lebih tepatnya di desa Srigoco, Bantur, Malang. Selain pura, keindahan lain dari pantai ini adalah pasir putihnya yang lembut. Sebenarnya selain Pulau Ismoyo yang terhubung dengan jembatan beton sepanjang 100 m masih ada dua pulau kecil lainya yakni Pulau Wisanggeni dan Pulau Anoman. Kecantikan dari pura Ismoyo semakin terlihat tatkala Matahari mulai terbenam. Siluet dari Pura Ismoyo dibalik senja yang berwarna kuning keemasan menyuguhkan pemandangan yang memukau di Pantai Balekambang.
Cantiknya Pura Ismoyo Di Pantai Balekambang Malang
Cantiknya Pura Ismoyo Di Pantai Balekambang Malang Pada Sore Hari
Pura Ismoyo di Pantai Balekambang ini dibangun pada tahun 1985 oleh Edi Slamet yang kala itu menjabat sebagai bupati Malang. Dilihat dari arsitekturnya memang mirip dengan pura-pura yang ada di Tanah Lot Bali. Di Pura inilah sering diselenggarakan upacara keagamaan salah satunya adalah ritual Jalani Dhipuja. Ritual ini dilaksanakan 3 hari sebelum hari raya Nyepi. Puncak dari ritual ini adalah pada saat Jolen Larung atau melarung persembahan ke laut sebagai wujud rasa syukur atas semua karunia yang diberikan selama ini. Selain itu juga bertujuan untuk mengusir kemalangan pada waktu yang akan datang.

Cara terbaik untuk menuju Pantai Balekambang adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil dari Malang. Ada dua jalur alternatif yang bisa sobat lalui untuk menuju Pantai Balekambang. Pertama sobat bisa melalui rute Malang-Kepanjen-Gondanglegi-Pagelaran-Bantur-Sri Gonco-Pantai Balekambang. Sedangkan rute yang kedua adalah Malang-Bululawang-Gadang-Kendal Payak-Gondanglegi-Pagelaran-Bantur-Sri Gonco-Pantai Balekambang. Sebenarnya dari Kota Malang sudah banyak petunjuk arah menuju Pantai Balekambang, sobat tinggal mengikutinya saja.

Cantiknya Pura Ismoyo Di Pantai Balekambang Malang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar