Rabu, 23 April 2014

Pantai Santolo Pameungpeuk Garut Dan Fenomena Cilauteureun

Pantai Santolo- Garut adalah sebuah daerah yang memilki topografi yang beragam baik berupa pegunungan, gua, hingga pantai yang indah. Salah satunya adalah pantai santolo yang berada di kawasan cikelet ujung selatan Garut. Hamparan pasir putih, dengan dihiasi pegunungan di sekitar pantai adalah pemandangan yang sobat dapatkan di Pantai santolo. Di pantai ini juga terdapat sebuah tempat peluncuran roket milik LAPAN serta disekitar pantai dijadikan tempat berkumpulnya para nelayan tradisional. Salah satu keunikan disini adalah adanya sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Santolo dan dapat ditempuh menggunakan kapal nelayan.
Pantai Santolo Pameungpeuk Garut Dan Fenomena Cilauteureun
Pantai Santolo Pameungpeuk Garut

Pantai santolo terletak di Pamengpeuk, Cikelet, Garut. Jika dari pusat kota Garut maka berjarak sekitar 80 Km atau dapat ditempuh dalam 3,5 jam perjalanan. Meskipun jaraknya cukup jauh, namun semua tidak terasa melelahkan karena selama perjalanan sobat akan disuguhkan pemandangan yang memukau seperti pegunungan hingga persawahan dengan jalan yang berkelok-kelok. Jika sobat berasal dari Bandung bisa melalui rute raca bali- naringgul-cidaun-rancabuaya dan akan sampai di Santolo. Namun jika sobat dari kota Garut bisa melalui terminal garut dan kemudian kearah selatan menuju Pantai Santolo. Jika tidak menggunakan kendaraan pribadi, sobat bisa menggunakan microbus jurusan Pamengpeuk.

Pantai Santolo Pameungpeuk Garut Dan Fenomena Cilauteureun
Fenomena Cilauteureun
Pasir putih membentang luas dari barat ke timur di Pantai Santolo. Untuk urusan fasilitas bisa terbilang cukup memadai. Di pantai Santolo terdapat beberapa penginapan yang berbentuk losmen, beberapa warung yang menjual makanan serta pernak-pernik souvenir, tempat sewa perahu untuk menuju Pulau Santolo dan lainya. Dengan menyewa perahu tersebu sobat akan dibawa menuju Pulau Santolo. Cara terbaik untuk berlibur disini adalah dengan camping. Selain menikmati ketenangan pantai yang dibalut dengan keindahan pasir putihnya, disini sobat akan menemukan fenomena alam unik yang disebut dengan muara Cilauteureun. Dalam bahasa sunda Cilauteureun bisa diartikan air laut yang berhenti. Kalau pada umumnya air sungai mengalir menuju laut, lain halnya yang ada di muara cilauteureun ini yang air lautnya justru mengalir ke sebuah muara di Pulau Santolo. Dari kabar yang beredar fenomena langka ini hanya bisa disaksikan di dua tempat yakni di Pulau Santolo Indonesia, seta di Perancis.

Pantai Santolo Pameungpeuk Garut Dan Fenomena Cilauteureun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar