Senin, 15 Februari 2016

8 Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat yang Populer

Kuningan adalah sebuah kota yang berada di lereng Gunung Ciremai dan tidak jauh dari Cirebon. Sebagai daerah yang berada di ketinggian, Kuningan memiliki banyak tempat wisata yang bernuansa pegunungan. Suasana pedesaan yang asri dan udara segar yang sejuk menjadi andalan kota ini untuk memperkenalkan tempat wisata di Kuningan.

Salah satu kabupaten di Jawa Barat ini memiliki beberapa tempat wisata populer yang sering dikunjungi wisatawan. Tidak hanya wisata alam tetapi juga wisata sejarah ada di sini. Berikut ulasan mengenai tempat wisata di Kuningan yang paling sering dikunjungi.

1. Gedung Perundingan Linggajati

Wisata Kuningan - Gedung Perundingan Linggajati
Source
Bangunan ini menjadi salah satu saksi sejarah terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia. Di tempat inilah terjadi perundingan antara Indonesia dan Belanda mengenai pengakuan kedaulatan negara Indonesia. Perjanjian ini dikenal dengan Perjanjian Linggajati.

Tempat bersejarah ini berada di Desa Linggajati, Kecamatan Cilimus. Gedung ini terletak di kaki Gunung Ciremai di bagian tenggara. Menurut sejarah, pada masa pendudukan Jepang gedung ini direbut dan dijadikan Hyokai Ryokai pada tahun 1942. Kemudian pada tahun 1945 gedung ini direbut kembali oleh pejuang Indonesia dan mengubahnya menjadi markas BKR untuk selanjutnya menjadi Hotel Merdeka.

Pada tahun 1985 anak pemilik rumah Dr. Willem van Os dan Joty Kulve-van Os memperjuangkan gedung ini menjadi cagar budaya dan mengubah namanya menjadi Gedung Perundingan Linggajati. Mendatangi gedung ini akan mendapatkan pengetahuan sejarah mengenai perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia dari tangan penjajah.

Tidak hanya belajar, di tempat ini pengunjung dapat menikmati suasana pegunungan yang asri dan sejuk. Taman yang bersih dan hijau sangat nyaman dijadikan tempat piknik keluarga. Itu sebabnya gedung ini menjadi salah satu tempat wisata di Kuningan yang sering dikunjungi.

2. Sangkanhurip Alami

Wisata Kuningan - Sangkanhurip Alami
Source
Tempat ini adalah sebuah pemandian air panas yang memiliki air hangat beryodium. Pengunjung yang datang berendam di pemandian tidak sekedar mendapatkan kesegaran, tapi juga mendapatkan kesehatan. Wisatawan dapat berendam di kolam terbuka atau di ruangan khusus yang disediakan pengelola. Bagi anak-anak yang ingin berenang dapat menggunakan kolam renang khusus anak-anak yang dilengkapi arena seluncur berbentuk naga.

Sangkanhurip terletak di lokasi yang strategis, yaitu tidak jauh dari pusat kota dan berada di kawasan wisata. Bagi pengunjung yang datang dari luar kota dapat dengan mudah menemukan hotel dan penginapan yang berjajar di sepanjang jalan. Berbagai warung makan dengan menu beragam juga tersedia di sekitar pemandian air panas Sangkanhurip Alami.

3. Ikan Dewa dan Sumur 7 Cibulan

Wisata Kuningan - Ikan Dewa dan Sumur 7 Cibulan
Source
Tempat wisata di Kuningan ini dapat ditemukan di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana. Kolam Ikan Dewa dan Sumur Tujuh Cibulan adalah sebuah objek wisata yang menyajikan suasana alam berpadu dengan keunikan tempat tersebut. Kolam Ikan Dewa adalah sebuah kolam yang dihuni ikan Kanra Bodas atau lebih dikenal dengan ikan Dewa.

Menurut cerita yang beredar, ikan-ikan tersebut dibawa oleh murid-murid Walisongo yang datang ke Cibulan. Para murid juga meninggalkan tujuh sumur yang digunakan sebagai tempat berwudhu. Tujuh sumur tersebut berdiri mengelilingi petilasan yang diyakini penduduk sekitar sebagai tempat bersemedi Prabu Siliwangi.

4. Curug Putri

Wisata Kuningan - Curug Putri
Source
Air terjun ini masih berada di lokasi Taman Nasional Gunung Ciremai. Jika Anda datang ke tempat ini tidak untuk mendaki, gunakan waktu liburan untuk menikmati pemandangan di Curug Putri yang berada di wisata alam Palutungan. Merasakan segarnya air terjun dengan bermain di telaga layak dicoba ketika berlibur bersama keluarga atau teman.

Dengan waktu 10 menit dari pintu masuk Palutungan dan menuruni beberapa anak tangga Anda akan menemukan pemandangan Curug Putri. Jika ingin bermain air di air terjun besar, cukup menyeberangi sungai kecil dan sedikit mendaki di tanjakan. Air terjun dengan ketinggian 12 meter akan memberikan kesejukan dan kesegaran air pegunungan. Tempat wisata di Kuningan ini lebih cocok dikunjungi bersama teman-teman, sebab dengan medan yang tidak rata, agak sulit jika membawa anak-anak kecil.

5. Taman Purbakala Cipari

Wisata Kuningan - Taman Purbakala Cipari
Source
Tempat wisata di Kuningan tidak hanya memberikan keindahan alam untuk dinikmati, namun juga menyimpan mitos yang masih dipercaya penduduk sekitar. Salah satunya adalah Taman Purbakala Cipari yang merupakan sebuah peninggalan manusia prasejarah di masa Megalithikum. Objek wisata ini memberikan pengetahuan sejarah perkembangan peradaban manusia.

Taman ini terletak di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur. Tempat ini menjadi bukti peradaban manusia prasejarah di Kuningan. Di area seluas 6.364 meter persegi ditemukan beberapa benda peninggalan seperti tiga peti kubur batu yang berisi bekal kubur berupa kapak batu, gelang batu, dan gerabah.

Di taman ini juga dapat ditemukan tanah lapang berbentuk lingkaran yang berdiameter sekitar enam meter yang dibatasi susunan batu sirap. Tempat ini disebut Batu Temu Gelang dan dipercaya sebagai tempat upacara yang berhubungan dengan arwah para leluhur, serta sebagai tempat bermusyawarah.

6. Lembah Cilengkrang

Wisata Kuningan - Lembah Cilengkrang
Source
Objek wisata ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai dan lokasinya berbatasan dengan Desa Pajambon, Kecamatan Kratamulya. Tempat wisata di Kuningan ini menyajikan pemandangan alam yang masih asri dengan dataran lembah yang bisa dijadikan bumi perkemahan. Di sini juga dapat ditemukan air terjun yang bisa dijadikan tempat bermain air. Tidak jauh dari air terjun terdapat sumber mata air panas yang bisa digunakan untuk mandi.

Dengan semua kelengkapan tempat wisata, Lembah Cilengkrang bisa menjadi pilihan tepat untuk tempat rekreasi keluarga. Akses menuju tempat ini juga tidak terlalu sulit karena masih dalam satu kawasan Taman Nasional.

7. Telaga Remis

Wisata Kuningan - Telaga Remis
Source
Telaga Remis berasal dari kata ‘remis’ yang dalam pengertian setempat adalah nama sejenis kerang yang berwarna kuning dan hidup di sekitar telaga. Pemandangan yang ditawarkan di sini adalah bentangan alam pepohonan berwarna hijau dan tenangnya air telaga.

Tempat wisata di Kuningan ini ada di lokasi Desa Kaduela. Tempat ini cocok sebagai tempat relaksasi karena suasananya tenang dan sejuk. Kesegaran udaranya juga menyehatkan badan yang sekian lama terkena polusi udara dari kota besar.

8. The Mountain Recreation Park

Wisata Kuningan - The Mountain Recreation Park
Source
Sekarang di Kuningan tersedia wahana rekreasi keluarga berupa taman air yang bernama The Mountain Recreation Park. Di sini disediakan fasilitas kolam renang yang bisa digunakan untuk anak-anak dan orang dewasa. Khusus untuk kolam anak dibangun wahana permainan di tengah kolam berupa seluncuran.

Untuk menuju tempat ini cukup mudah, karena akses jalan yang ada sudah cukup bagus dan letaknya tidak jauh dari kota. Wahana air ini terletak di Jalan Cirendang-Cigugur, Meskipun terhitung baru taman rekreasi ini bisa menjadi pilihan tempat wisata di Kuningan yang layak dicoba. Sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga terutama yang membawa anak-anak kecil.

Demikian beberapa tempat wisata di Kuningan yang layak dipertimbangkan sebagai tujuan wisata untuk rencana liburan berikutnya. Selamat berlibur. Untuk Informasi mengenai Destinasi Wisata di Bandung anda bisa membaca di SINI.

8 Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat yang Populer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar