Selasa, 02 Februari 2016

10 Tempat Wisata di Bandung yang Jarang Diketahui Orang

Berlibur adalah cara jitu untuk menghilangkan stres dan lelah setelah bekerja terus menerus. Bandung bisa menjadi tujuan wisata pilihan, karena hampir setiap sudut daerah Bandung terdapat tempat wisata. Beragamnya wisata di Bandung menjadi alasan para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburannya di kota Kembang ini.

Wisata pemandangan alam bertebaran di wilayah Bandung, beberapa diantaranya menjadi tempat wisata yang sudah mendunia seperti Tangkuban Prau dan Lembang. Begitupula dengan wisata belanjanya yang menjadikan Bandung mendapat julukan Paris van Java, seperti di Cihampelas, Cibaduyut dan jajaran factory outlet di Setiabudi. Sebagai pusat mode, Bandung menjadi surganya para kaum muda untuk berburu fashion trendi terbaru.

Tidak kalah menarik adalah wisata kuliner Bandung yang siap memanjakan lidah. Masakan Sunda dikenal dengan citarasa pedas dan nikmat dengan berbagai macam menu masakan yang menggugah selera. Wisatawan dapat menikmati menu ikan bakar sambil menikmati deretan kebun teh, atau menikmati semangkuk sup buntut di atas perbukitan dengan pemandangan kota Bandung di bawahnya. Benar-benar liburan yang sangat menyenangkan bukan? Berikut rekomendasi tempat wisata Bandung yang jarang diketahui orang, namun sayang untuk dilewatkan.

Tempat Wisata di Bandung

1. Objek Wisata Alam dan Keluarga Dusun Bambu Bandung

Dusun Bambu
photo credit
Lokasi Dusun Bambu berada di jalan Kolonel Masturi km 11 Cisarua. Tempat ini memiliki konsep 5E (Edukasi, Ekonomi, Etnologi, Estetika, dan Etika). Dusun ini direncanakan untuk menjadi desa ekawanawisata pertama di Jawa Barat. Ada beberapa fasilitas yang disediakan pengelola untuk dinikmati pengunjung. Diantaranya adalah,

  • Café Burangrang, sebuah tempat makan yang menyajikan makanan asli Indonesia.
  • Lutung Kasarung, tempat makan yang berada di atas pohon.
  • Purbasari, merupakan restoran yang menyediakan makanan khas Sunda.
  • Pasar Kathulistiwa, pasar yang menyediakan sayur dan buah segar.
  • Kampung Layung, adalah penginapan yang bernuansa pedesaan.

2. Wisata Taman Jomblo Bandung yang Unik

Taman Jomblo
photo credit
Tempatnya persis di bawah jembatan Pasopati. Taman ini bisa menjadi alternatif untuk menikmati suasana kota Bandung. Dikelilingi pepohonan dan tanaman hijau, pengunjung dapat bersantai sambil menikmati pemandangan arsitektur jalan layang yang unik, atau berolahraga dan bermain skateboard di papan luncur berbentuk huruf ‘U’.

3. Tempat Wisata Seni dan Budaya Saung Angklung Udjo Bandung

Saung Angklung Udjo
photo credit
Mengunjungi sanggar seni ini pada sore hari akan disuguhi pertunjukan musik angklung yang luar biasa. Pertunjukan musik yang dimainkan para musisi cilik yang berbakat ini menyajikan lagu-lagu tradisional dan modern. Tempat ini berfungsi sebagai one stop cultural workshop. Pengunjung dapat melihat-lihat berbagai kerajinan dari bambu, sekaligus laboratorium edukasi dan pusat pelatihan budaya angklung. Saung Angklung Udjo berada di jalan Padasuka 118 Bandung.

4. Wisata ke Jalan Braga Bandung

Jalan Braga
Salah satu sudut di Jalan Braga
Berjalan-jalan di jalan Braga pada malam hari seperti menemukan kehidupan yang tak pernah tidur. Latar bangunan tua di sepanjang jalan selalu diramaikan oleh pengunjung yang tidak pernah surut. Para pejalan kaki bisa mampir di toko-toko yang berjajar di sepanjang jalan Braga atau singgah di café atau restoran bergaya Eropa. Di sini pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan musik jalanan yang khas.

5. Tempat Wisata Keluarga De Ranch Bandung

De Ranch
photo credit
Sebuah tempat wisata yang disetting ala koboi. Lokasinya berada di jalan Maribaya, Lembang. De Ranch berada di ketinggian 1242 mdpl. Kesegaran dan kesejukan udara dapat dinikmati diantara pepohonan dan hamparan rumput hijau. Ada hadiah susu segar dengan aneka rasa sebagai welcome drink untuk setiap pengunjung. Berbagai aktifitas menarik dapat dilakukan di sini, seperti berkuda di antara pepohonan cemara, menjajal permainan flying fox, memanah, dan lain-lain.

6. Mountain View Golf Club Bandung

Mountain View Golf Club
photo credit
Menikmati permainan golf di salah satu tempat tertinggi di Bandung merupakan pengalaman yang menyenangkan. Tingkat kesulitan medan permainan golf ini sangat menantang, seperti bunker, jurang, kolam, hutan dan sungai, Dari balkon lantai 2 pengunjung dapat menikmati hamparan pemandangan kota Bandung. Di sini juga disediakan toko perlengkapan golf yang menyediakan berbagai merk golf terkenal dan aksesoris golf. Mountain View Golf Club berada di jalan Dago Pakar Raya.

7. Objek Wisata Alam Ranca Upas

Ranca Upas
Pemandangan Alam Ranca Upas via fromwoman.com
Ingin merasakan hidup di alam terbuka? Menginap di kemah dan berpetualang ala Pramuka? Di sini tempatnya. Di Ranca Upas, pengunjung dapat melakukan kegiatan outbound, memancing ikan di kolam yang disediakan, menyusuri hutan dan melihat-lihat peternakan rusa. Tips untuk mendatangi tempat ini adalah selalu memakai jaket dan membawa pakaian hangat lainnya, sebab tempat ini sangat dingin terutama pada malam hari.

8. Tempat Wisata Alam Air Panas Cibolang

Air Panas Cibolang
photo credit
Tempat wisata ini agak jauh dari kota Bandung, berada sekitar 40 km dari Pengalengan, tepatnya berada di Bandung Selatan. Luasnya sekitar 2 hektar dan memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Suasana sumber air panas ini sangat tenang, cocok untuk melakukan meditasi atau sekedar relaks melepas penat. Air panas Cibolang berasal dari Gunung Windu yang mengandung belerang dan beragam mineral yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Khasiat lain dari air panas Cibolang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit rematik.

9. Tempat Wisata Edukasi Teropong Bosscha

Observatorium Bosscha

Bosscha adalah observatorium yang digunakan untuk pusat penelitian meteorologi dan benda-benda angkasa yang berada di Lembang. Yang terkenal dari bangunan ini adalah tiga buah teropong bintang yang berukuran cukup besar.  Sayangnya, tempat ini tidak dapat dikunjungi setiap saat, maka jika berkesempatan masuk ke tempat ini jangan sia-siakan. Di sini pengunjung dapat melihat benda langit lebih dekat, seperti Matahari dan planet-planet yang berada di sekitar Bumi. Bosscha juga menyajikan video pendek, poster sejarah, dan tayangan edukatif ilmu astronomi bagi pengunjung.

10. Tempat Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung

Flickr/Jose Javier Martin Espartosa
Sekitar 50 km di selatan kota Bandung, terdapat wisata alam yang indah. Di sini ada Kawah Putih yang terbentuk dari letusan gunung Patuha. Yang menarik dari tempat ini adalah perpaduan warna pasir putih dengan dengan air yang berwarna putih kehijauan. Warna air bisa berubah tergantung kadar belerang, faktor cuaca dan suhu. Karena keindahannya tempat ini sering dijadikan tempat melukis, latar foto prewedding, atau kegiatan olahraga mendaki dan berkuda.

Itulah tempat wisata di Bandung yang masih jarang diketahui orang. Padahal pemandangan yang ditawarkan tidak kalah indah dengan tempat wisata lain di Bandung yang sudah terkenal. Bagi wisatawan yang sudah beberapa kali mengunjungi Bandung tidak ada salahnya mengunjungi objek wisata tersebut untuk memperkaya pengalaman berpetualang, terutama di kota Bandung.

Tips untuk berwisata ke daerah pegunungan di Bandung adalah sebaiknya membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan, sebab banyak tempat wisata yang belum terjangkau angkutan umum, apalagi sebagian besar tempat wisata yang telah disebutkan sebelumnya. Tempat wisata tersebut masih jarang dikunjungi jadi belum ada transportasi umum untuk mencapai tujuan.

Jika tidak ingin repot bisa juga menggunakan jasa tour dengan membeli paket wisata. Menggunakan paket wisata justru akan mencakup banyak tempat wisata lain yang bisa dikunjungi dalam sehari. Sebab dalam paket wisata disediakan kendaraan, guide dan tiket masuk tempat wisata.

Sumber Referensi : lamudi

10 Tempat Wisata di Bandung yang Jarang Diketahui Orang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar