Sabtu, 13 Februari 2016

8 Tempat Wisata di Pekalongan dan Sekitarnya

8 Tempat Wisata di Pekalongan dan Sekitarnya - Sebagian besar masyarakat mengenal Pekalongan sebagai Kota Batik, sebab memang batik Pekalongan terkenal dengan motifnya yang cantik dan memiliki warna-warna yang menarik. Kota yang berada di jalur utara Pulau Jawa ini merupakan daerah pesisir yang kaya dengan hasil lautnya, bahkan menjadi pelabuhan perikanan terbesar di Pulau Jawa. Secara administratif, Pekalongan masih termasuk wilayah Propinsi Jawa Tengah.

Selain penghasil kekayaan laut yang luar biasa, kota ini juga mengolah hasil laut seperti ikan asin, terasi, kerupuk ikan, dan sarden. Pengolahan ini tidak hanya dilakukan perusahaan besar tapi juga oleh industri rumah tangga. Begitu besar potensi laut yang ada di Pekalongan, sehingga kota di pesisir utara ini memiliki wisata bahari dan wisata kuliner yang sangat populer. Namun, tidak hanya wisata bahari saja yang ada di Pekalongan, wisata pegunungan juga ada dengan pemandangan alam yang tidak kalah indah dari tempat lain. Apa saja tempat wisata di Pekalongan yang perlu Anda ketahui? Berikut ulasannya untuk menambah referensi tempat liburan Anda.

1. Museum Batik Pekalongan

Wisata Pekalongan - Museum batik Pekalongan
Image source
Sesuai dengan sebutannya sebagai Kota Batik, Museum Batik adalah tempat yang harus dikunjungi ketika mengunjungi kota ini. Bangunan yang terletak di Jalan Jetayu nomor 1 Pekalongan, memiliki koleksi batik yang cukup lengkap sejak dari jaman penjajahan Belanda dan Jepang. Selain itu batik yang ada juga berasal dari berbagai daerah di nusantara.

Museum Batik Pekalongan ini memiliki gaya arsitektur bangunan art deco yang merupakan bekas balai kota pada masa Belanda. Tempat wisata di Pekalongan ini bisa menjadi media pengajaran bagi anak-anak untuk lebih mengenal kebudayaan dan kekayaan bangsa Indonesia.

2. Curug Bajing

Wisata Pekalongan - Curug Bajing
Image source
Curug Bajing adalah tempat wisata di Pekalongan yang terletak di Desa Tlogopakis, Kecamatan Petungkriyono. Akses menuju tempat ini cukup mudah apalagi menggunakan kendaraan roda empat. Jarak tempuh dari kota Pekalongan menuju air terjun ini menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam. Hijaunya hutan dan terasering sawah yang bersusun di punggung-punggung bukit menjadi pemandangan indah yang mengiringi sepanjang perjalanan. Untuk mencapai air terjun, pengunjung harus trekking selama 15 menit dari tempat parkir.

Air terjun ini memiliki ketinggian 70 meter dan aliran airnya membentuk tingkatan-tingkatan di dasarnya. Di sini wisatawan dapat menikmati kopi hutan khas daerah ini. Hangatnya kopi dapat mengusir rasa dingin karena tempat ini berada di ketinggian 1300 mdpl.

3. Gunung Rogojembangan dan Curug Muncar

Gunung Rogojembangan masih berada dalam satu lokasi yang sama dengan Curug Bajing yang ada di Petungkriyono dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjarnegara. Menuju puncak Gunung Rogojembangan membutuhkan waktu 3 jam dengan berkendara. Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan hutan yang menghijau dan masih alami.

Gunung ini sering menjadi objek pendakian bagi para pecinta alam. Jalur pendakian yang eksotis menjadi alasan para pendaki untuk menaklukkan gunung yang memiliki ketinggian 2117 mdpl. Puncak Gunung Rogojembangan hanya sebesar lapangan badminton dan memiliki kontur tanah datar. Konon dulu puncak gunung berbentuk cekungan besar, maka dinamakan Jembangan, lama-kelamaan puncak tersebut menjadi datar.
wisata pekalongan - curug muncar
Image source
Di perjalanan, pengunjung akan menemukan Curug Muncar yang terletak di jalur yang sama menuju puncak gunung. Keunikan di tempat ini adalah adanya tumbuhan kantong semar dan anggrek putih yang jarang ditemukan di tempat lain. Dengan segala keindahan alamnya Gunung Rogojembangan layak menjadi salah satu tempat wisata di Pekalongan yang layak dikunjungi.

4. Kebun Teh Pagilaran

wisata pekalongan - kebun teh pagilaran
Image source
Anda yang menyukai ekowisata, kebun teh ini bisa menjadi pilihan tepat. Meskipun letaknya sudah berada di luar wilayah Pekalongan, namun tempat ini wajib dikunjungi ketika berada di Pekalongan. Kebun Teh Pagilaran berada di perbukitan Dieng dan termasuk dalam wilayah Desa Pagilaran, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Jika datang dari Pekalongan, Anda akan menempuh jarak 40 km menuju ke tempat ini.

Perjalanan yang jauh dan melelahkan akan terbayar dengan hamparan kebun teh yang menghijau. Menikmati pemandangan ini akan menghilangkan penat dan menyegarkan tubuh dengan hawa sejuk dan aroma teh yang segar.

5. Desa Wisata Lolong

Wisata Pekalongan - Desa Lolong
Image source
Andalan dari desa wisata Lolong Kecamatan Karanganyar adalah buah durian yang lezat. Desa ini terkenal dengan perkebunan durian yang hampir merata di setiap wilayah desa. Bagi para pecinta durian, Desa Lolong pada musim durian adalah surganya. Di sini Anda dapat mencicipi buah durian yang lezat hingga puas dengan harga murah.

Tempat wisata di Pekalongan ini tidak hanya menawarkan hasil kebun saja, tapi juga pengalaman menyusuri sungai yang berbatu dengan wisata adventure di Sungai Sengkarang. Pengunjung dapat menikmati pengalaman yang memicu adrenalin dengan kegiatan river tubing yang disediakan pengelola. Kegiatan ini sangat cocok dilakukan bersama teman-teman,

6. Pantai Pasir Kencana

Wisata Pekalongan - Pantai Pasir Kencana
Image source
Pantai Pasir Kencana berada sangat dekat dengan kota Pekalongan, hanya berjarak 4 km dari kota. Pantai ini sangat ramai dikunjungi masyarakat Pekalongan setiap hari, terutama pada sore hari. Pemandangan sunset di kala senja sangat indah untuk dinikmati. Selain itu pemerintah sengaja membangun beberapa fasilitas umum dan permainan anak di sekitar pantai untuk menarik minat pengunjung berwisata ke tempat ini bersama keluarga.

Tempat wisata di Pekalongan ini menjadi padat oleh pengunjung ketika hari libur, terutama saat libur hari raya Idul Fitri. Uniknya di tempat ini terdapat akuarium yang berisi berbagai biota laut seperti miniatur Seaworld. Ikon dari pantai ini adalah jembatan kanal yang tidak ada pada pantai lain.

7. Linggo Asri

Wisata Pekalongan - Linggo Asri
Source
Kawasan wisata ini terletak di ketinggian 800 mdpl dan berada di jalur antara Kabupaten Pekalongan dengan Kabupaten Banjarnegara. Akses yang mudah dan berada di pinggir jalan lintas propinsi adalah salah satu alasan tempat wisata ini ramai dikunjungi. Linggo Asri menjadi salah satu tempat wisata di Pekalongan yang populer karena memiliki pilihan wisata yang lengkap. Mulai dari kolam renang, kebun binatang mini, sampai wisata outbond seperti flying fox, arung jeram dan trekking hutan.

Area wisata ini sangat tepat menjadi tempat rekreasi keluarga karena tidak hanya sebagai tempat wisata, tapi juga bisa menjadi tempat belajar, berolahraga dan menikmati hiburan. Suasana pedesaan Linggo Asri juga masih sangat alami dan cocok digunakan sebagai tempat berkemah. Tidak jarang rombongan anak sekolah berkemah di tempat ini untuk menambah pengalaman belajar di alam.

8. Pantai Depok

Wisata Pekalongan - Pantai Depok
Source
Satu lagi tempat wisata di Pekalongan yang bernuansa bahari adalah Pantai Depok. Pantai ini dikenal dengan rimbunnya nyiur yang berjajar di sepanjang pantai. Tempat ini menjadi favorit wisatawan karena suasananya yang romantis. Suara deburan ombak bercampur dengan gesekan daun nyiur membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks.

Pemandangan paling indah di pantai ini adalah pada senja hari, ketika sunset muncul. Bagi para pecinta fotografi, pemandangan ini dapat menjadi objek pemotretan yang sangat menawan. Ombak di pantai ini lumayan tenang sehingga cukup aman bila pengunjung ingin bermain air di pantai. Baca juga informasi Tempat Wisata Menarik di Provinsi Jawa Tengah.

8 Tempat Wisata di Pekalongan dan Sekitarnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar