Sabtu, 13 Februari 2016

5 Tempat Wisata di Banjarmasin yang Begitu Menarik

5 Tempat Wisata di Banjarmasin yang Begitu Menarik - Banjarmasin sepertinya bisa menjadi salah satu tujuan berlibur yang menyenangkan untuk dikunjungi. Bagi Anda yang mendengar kota Banjarmasin, pasti teringat dengan pasar apungnya. Memang benar, Banjarmasin yang menjadi ibukota dari Provinsi Kalimantan Selatan dilalui sungai besar di tengah kotanya, yaitu Sungai Barito dan Sungai Martapura. Oleh karena itu, sebagian masyarakat yang berdomisili di Banjarmasin beraktivitas dengan memanfaatkan aliran kedua sungai tersebut. Salah satunya, aktivitas pasar apung. Bagi sebagian orang tentu saja unik dan menarik melihat transaksi jual beli di atas sungai. Oleh karena itu, daya tariknya menjadi wisata air yang mengundang banyak wisatawan, baik lokal, domestik, maupun mancanegara. Mereka ingin melihat dan merasakan sendiri bagaimana bertransaksi jual beli bahan-bahan kebutuhan pokok sehari-hari berada di atas kapal atau perahu.

Masih ada beberapa obyek wisata di kota Banjarmasin yang tidak boleh Anda sekalian lewatkan. Oleh karena itu, rencanakan segera mengunjungi Banjarmasin pada masa liburan berikutnya. Lalu, apa saja tempat wisata di Banjarmasin yang layak dan pantas dikunjungi banyak wisatawan? Berikut sedikit informasinya semoga bermanfaat.

1. Pasar Terapung Banjarmasin

Wisata Banjarmasin - Pasar Terapung Banjarmasin
Source
Sudah sedikit diulas terkait jenis pasar yang satu ini. Pasar terapung sudah menjadi ciri khas kota Banjarmasin. Setiap pagi hari pasar penuh dengan pedagang dan pembeli yang bertransaksi jual beli, tentunya di atas perahu yang saling berdekatan. Hampir semua barang-barang kebutuhan pokok dapat dibeli di pasar terapung. Bahkan, tidak sedikit orang yang menjajakan masakan, makanan, dan minuman juga secara terapung. Pasalnya, mereka yang beraktivitas jual beli tentu saja perlu diisi perutnya. Anda sebagai wisatawan juga bisa sekedar membeli buah, makanan, atau minuman di pasar terapung untuk merasakan sendiri sensasi beraktivitas di atas perahu kayu yang bergoyang-goyang. Namun demikian, Anda yang belum terbiasa harus menjaga keseimbangan tubuh, jika tidak ingin tercebur ke sungai. Begitu banyak wisatawan yang mengunjungi pasar terapung ini sebagai salah satu tempat wisata di Banjarmasin.

2. Taman Siring Sungai Martapura

Wisata Banjarmasin - Taman Siring Sungai Martapura
Source
Taman yang satu ini berada di sepanjang pinggiran Sungai Martapura, tepatnya di Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Kapten Tendean. Di sana Anda bisa menikmati pemandangan sungai yang bersih dan asri. Apalagi jika sore hari, cukup banyak pengunjungnya dari masyarakat kota Banjarmasin. Di tengah sungai Anda bisa melihat aktivitas perahu khas Banjarmasin yang disebut Jukung. Taman semakin ramain oleh pengunjung pada akhir pekan, yaitu di hari Sabtu dan Minggu. Pasalnya, beberapa komunitas anak muda sering unjuk gigi untuk memamerkan keahliannnya masing-masing.

Beberapa bangku disediakan bagi pengunjung di taman Siring. Sementara jika perut sudah keroncongan, Anda tidak perlu khawatir. Ada cukup banyak warung makan atau penjual asongan yang siap melayani Anda. Berbagai masakan dan makanan tradisional hingga yang berbau Asia dan Western siap Anda nikmati untuk disantap secara lahap. Setelah perut kenyang, silakan melakukan aktivitas liburan menyenangkan di taman Siring. Namun perlu diingat, selalu jaga kebersihan di sekitar taman. Jangan membuang sampah sembarangan yang hanya mengotori keindahan taman.

3. Taman Maskot

Wisata banjarmasin - Taman Maskot
Taman Maskot
Disebut taman maskot karena tempat wisata di Banjarmasin yang satu ini menampilkan dua maskot dari kota tersebut, yaitu kera bekantan dan pohon kasturi. Lokasinya berada di pusat kota Banjarmasin, yaitu di Jalan H. Djok Mentaya, sehingga cukup mudah dan dekat mengunjunginya. Di dalamnya, terdapat banyak pohn kasturi yang di atasnya bergelantungan bekantan. Salah satu jenis kera yang juga disebut kera hidung panjang karena hidungnya yang cukup panjang maka disesuaikan dengan sebutannya. Selain kasturi, beberapa jenis tanaman ada di dalam taman maskot, seperti kaktus, lidah buaya, dan lain sebagainya.

Bukan hanya melihat tanaman dan kera saja saat mengunjunginya. Namun, Anda bersama keluarga atau orang terdekay juga bisa bermain di wahana permainan ataupun bersantai sembari menikmati sajian kuliner di beberapa warung makan yang berdiri di dalam taman maskot. Sementara untuk fasilitasnya, terlihat cukup lengkap dan beberapa toilet, bangku-bangku tana, serta mushola bagi mereka yang ingin melaksanakan ibadah sholat. Oleh karena itu, jangan lupa mampir ke taman maskot saat berkunjung ke kota Banjarmasin.

4. Museum Wasaka

Wisata Banjarmasin - Museum Wasaka
Source
Inilah tempat wisata di Banjarmasin yang mengandung unsur sejarah. Pasalnya, di dalam museumnya bisa dilihat dan dinikmati berbagai peninggalan sejarah yang berkaitan dengan perlawanan rakyat Kalimantan dalam melawan penjajah Belanda. Misalnya, koleksi foto, seragam perjuangan, mesin ketik, berbagai senjata tradisional dan modern, dan lain sebagainya. sebuah benda sejarah yang menarik banyak wisatawan yang datang ke Museum Wasaka, yaitu teks proklamasi yang dibuat pada tanggal 17 Mei 1949. Jadi, 4 tahun setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Bung Karno, rakyat Kalimantan baru menyusul kemerdekaannya.

Hal itu dikarenakan pada saat perjanjian Linggarjati ditandatangani pulau Kalimantan tidak termasuk ke dalam wilayah Indonesia. Namun demikian, rakyat Kalimantan juga ingin menikmati kemerdekaan dari tangan penjajah Belanda. Oleh karena itu, mereka melawan dengan sengit hingga akhirnya bisa bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bagi yang menyukai wisata sejarah, Meseum Wasaka bisa menjadi pilihan terbaik untuk berlibur. Anda pun bisa menemukan informasi dan warisan sejarah dari zaman perjuangan kemerdekaan. Sekedar diinformasikan bahwa Meseum Wasaka buka setiap hari, kecuali hari Senin dan hari libur nasional. Ana bisa mengunjunginya mulai pukul 08.30 – 12.30. Satu hal yang pasti, setiap pengunjung tidak dikenakan biaya atau tiket masuk.

5. Masjid Sultan Suriansyah

Wisata Banjarmasin - Masjid Sultan Suriansyah
Atribusi: Arief Rahman Saan (Ezagren)
Selain sebagai lokasi wisata religi, masjid ini juga masih terdapat unsur sejarah yang bisa dipelajari oleh para wisatawan yang berkunjung ke sana. Salah satu tempat wisata di Banjarmasin yang juga disebut Masjid Kuin karena lokasinya di Kelurahan Kuin Utara. Inilah masjid tertua di kota Banjarmasin yang menurut sejarah dibangun antara tahun 1526 – 1550. Bentuknya berupa rumah panggung beserta uliran khas Kalimantan Selatan yan berciri khas atap tumpang. Satu hal yang unik dan menarik wisatawan dari masjid ini, yaitu mihrab atau tempat imam memimpin sholat memiliki atap sendiri. Atap tersebut terpisah dari atap bangunan utama, sehingga terkesan ada dua bangunan.

Selain untuk menjalankan sholat berjamaah, Masjid sultan Suriansyah jua dijadikan pusat kegiatan yang bernapaskan keislaman. Misalnya, pembelajaran Al Qur’an, pengajian, hingga dijadikan pertemuan rutin masyarakat sekitar yang ingin membahas dan bermusyawarah masalah tertentu. Bagi Anda yang beragama Islan, tidak ada salahnya mengunjungi masjid ini sembari sholat dan bisa istirahat sejenak di dalamnya. Dengan begitu, Anda pun bisa menikmati kemegahan dan kejayaam kesultanan Kalimantan pada zaman dahulu. namun perlu diperhatikan, jagalah selalu sikap dan sopan santun saat di dalam masjid. Pasalnya, obyek wisata ini merupakan tempat ibadah umat Islam, sehingga perlu dijaga situasi kondisi yang aman dan nyaman. Itulah beberapa tempat wisata di Banjarmasin.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_tempat_wisata_di_Kalimantan_Selatan#Banjarmasin
https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_Terapung_Muara_Kuin
https://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Wasaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Masjid_Sultan_Suriansyah

5 Tempat Wisata di Banjarmasin yang Begitu Menarik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar