Minggu, 07 Februari 2016

12 Rekomendasi Tempat Wisata di Sumatera Barat yang Wajib Dikunjungi

Seperti wilayah lainnya di Indonesia yang sangat indah, Sumatera Barat mempunyai keindahan dan keunikan tersendiri. Oleh karena itu ada banyak sekali tempat wisata menarik yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Sumatera Barat. Lalu apa saja tempat wisata di sumatera barat yang wajib dikunjungi? Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai tempat wisata indah nan eksotis di Sumatera Barat yang wajib dikunjungi:

1. Wisata Jam Gadang di Bukittinggi Sumatera Barat

Wisata Jam Gadang di Bukittinggi Sumatera Barat
Jam Gadang
Tidak lengkap rasanya jika ke Sumatera Barat tidak mengunjungi jam gadang. Icon kota bukit tinggi ini sudah sangat terkenal dan populer di kalangan masyarakat Indonesia. Jam gadang ini merupakan peninggalan pada masa penjajahan Belanda. Bangunannya yang besar dan megah ini terletak di tengah kota Bukit Tinggi dan tingginya mencapai 26 meter. Jam berukuran besar ini terdiri dari beberapa tingkat. Dari puncaknya, kita bisa menikmati keindahah kota Bukittinggi dari atas ketinggian. Selain mempunyai atap khas Minangkabau, keunikan dari jam ini terletak pada angka 4 yang tertulis pada jam tersebut yang biasanya angka 4 romawi ditulis IV, sedangkan pada jam gadang angka 4 ditulis dengan IIII.

2. Wisata Danau Singkarak di Sumatera Barat

Wisata Danau Singkarak di Sumatera Barat
Danau Singkarak
Tempat wisata di sumatera barat yang kedua adalah Danau Singkarak. Danau ini merupakan danau terbesar di Sumatera Barat dan terletak di dua kabupaten sekaligus, yaitu kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Di danau ini terdapat berbagai fasilitas seperti sampan, boat dan hotel yang disediakan bagi wisatawan untuk menikmati keindahan danau ini. Danau Singkarak dikelilingi dengan bukit hijau dan airnya sangat bersih sehingga menyerupai kaca raksasa. Selain luas, danau ini sangat dalam sehingga dasar danau tidak bisa ditembus cahaya. Ini membuat spesies ikan di danau ini sedikit karena plankton yang menjadi makanan ikan-ikan kecil tidak bisa berkembang dengan subur.

3. Keindahan Danau Maninjau di Sumatera Barat

Keindahan Danau Maninjau di Sumatera Barat
Danau Maninjau
Danau Maninjau terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Danau ini merupakan danau vulkanik indah yang memiliki kedalaman maksimum 495 meter serta berada pada ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Danau ini terletak sekitar 36 kilometer dari Kota Bukittinggi dan 140 kilometer dari utara Kota Padang. Jika ingin menuju Danau Maninjau dari Kota Bukittinggi, Anda akan menempuh jalan berkelok-kelok yang dikenal dengan sebutan kelok 44. Menurut legenda, danau ini berkaitan dengan kisah Bujang Sembilan. Anda tidak perlu khawatir jika berkunjung kesini karena di sekitar Danau Maninjau terdapat hotel dan restoran bagi para wisatawan.

4. Wisata Alam Danau Di Atas dan Di Bawah

Wisata Alam Danau Di Atas dan Di Bawah
Danau Di Atas dan Di Bawah
Tempat wisata di sumatera barat  selanjutnya adalah danau di atas dan danau di bawah atau yang dikenal dengan sebutan danau kembar. Danau ini terletak di Kabupaten Solok dan berada 56 kilometer dari Kota Padang. Disebut dengan danau kembar karena kedua danau tersebut terletak berdampingan dan hanya berjarak sekitar 300 meter. Keunikan dari kedua danau ini adalah jika kita menuju danau di atas, kita akan melewati jalan menurun, sedangkan jika kita menuju danau di bawah, kita akan melewati jalan mendaki. Danau indah ini memiliki kedalaman sekitar 886 meter.

5. Pantai Air Manis

pantai air manis dan legenda malin kundang
indonesia.travel
Pantai air manis sangat populer dan terkenal di kalangan masyarakat karena berkaitan dengan cerita rakyat Malin Kundang. Legenda ini bercerita tentang seseorang yang dikutuk menjadi batu karena durhaka kepada ibunya. Sampai saat ini batu “Malin Kundang” masih ada di pantai ini namun bentuknya sudah agak kurang jelas karena dimakan oleh usia. Pantai air manis atau yang disebut dengan pantai Aie Manih oleh orang Sumatera Barat tersebut berada di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang. Ketika surut pengunjung bisa melewati pantai ini dengan berjalan kaki untuk menuju Pulau Pisang.

6. Wisata Sejarah Istana Pagaruyung di Sumatera Barat

Wisata Sejarah Istana Pagaruyung di Sumatera Barat
Istana Pagaruyung
Istana Pagaruyung dibangun oleh keluarga kerajaan Pagaruyung. Bangunan ini sangat khas dengan bangunan Minangkabau dan terletak di Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar. Dengan berkunjung kesini, Anda bisa mengenal budaya Minangkabau secara lebih dekat. Di dalam istana tersebut terdapat barang-barang peninggalan dari kerajaan yang masih terawat dengan baik.

7. Wisata Pulau Cubadak

wisata pulau cubadak
samsi.wordpress.com
Pulau Cubadak merupakan tempat wisata di sumatera barat yang tidak boleh terlewatkan. Pulau ini terletak di kawasan Mandeh, Kecamatan Koto XI Terusan. Pulau ini telah mendunia karena diolah sebagai objek wisata berskala internasional. Karena sudah dikelola dengan baik, banyak fasilitas yang ditawarkan untuk menikmati keindahan pulau ini, salah satunya adalah penginapan yang di desain menyatu dengan alam yang terbuat dari bahan alami. Atapnya terbuat dari daun rumbia dan dindingnya terbuat dari kayu dan rotan. Selain pasirnya yang putih dan bersih, keistimewaan pulau ini adalah terdapat beberapa teluk dan batu yang berada di sekitarnya. Di pulau ini kita bisa melihat laut biru yang indah dengan ombak yang tenang. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan disini, diantaranya adalah snorkeling, hiking, berlayar dan main canoe.

8. Wisata Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat

Wisata Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat
Ombak di Mentawai
Tempat wisata di sumatera barat yang juga tidak boleh terlewatkan selanjutnya adalah Kepulauan Mentawai. Kepulauan Mentawai terletak di tengah lautan luas dan dikepung oleh Samudera Hindia. Karena berpapasan langsung dengan Samudera Hindia, pulau ini merupakan pulau yang sangat tepat untuk melakukan kegiatan selancar. Tempat ini sudah terkenal di dunia, terutama dalam dunia selancar karena sering diadakan even selancar (surfing) tingkat dunia.

9. Wisata Pulau Sikuai di Sumatera Barat

Wisata Pulau Sikuai di Sumatera Barat
Pulau Sikuai
Pulau Sikuai terletak di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Pemandangan pulau ini sangat indah karena masih terjaga keasriannya. Anda bisa menikmati keindahan pulau ini dengan melakukan berbagai kegiatan seperti snorkeling, bersepeda, panjat tebing, dan berbagai wisata alam lainnya. Lautnya yang bersih dan ombaknya yang tenang serta dikelilingi oleh hutan akan membuat Anda betah berada disini. Tempat ini merupakan tempat wisata di sumatera barat yang tidak boleh dilewati untuk menyaksikan sunset yang indah.

10. Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai
Air Terjun Lembah Anai

Lembah Anai merupakan lingkungan yang mempunyai keindahan yang sangat menakjubkan. Kawasan ini merupakan kawasan konservasi yang dikelilingi oleh hutan tropis yang lebat. Disana terdapat air terjun setinggi 40 meter yang berada dekat sekali dengan jalan raya. Di sekitarnya Anda akan disuguhi pemandangan seperti lembah dan bukit hijau yang ditumbuhi oleh banyak pohon.

11. Lembah Harau

Lembah Harau
Lembah Harau
Lembah Harau merupakan cagar alam yang dikelilingi oleh bukit kapur yang curam dan terjal dan memiliki ketinggian sekitar 150 meter. Disini juga tedapat beberapa objek wisata seperti air terjun, jurang/celah alam, tebing, dan gua. Selain itu di lembah harau juga tedapat beberapa hewan yang dilindungi seperti harimau Sumatera, beruang, siamang, monyet ekor panjang, dan tapir.

12. Gua Jepang

Tempat wisata di sumatera barat terakhir yang wajib dikunjungi adalah Gua Jepang. Gua Jepang adalah gua bawah tanah yang dulunya digunakan sebagai tempat pertahanan Jepang. Dulunya goa ini digunakan untuk menyimpan senjata dan melakukan rapat bagi para tentara Jepang. Selain itu goa ini juga digunakan untuk melakukan kegiatan masak dan memenjarakan serta menyiksa tahanan Jepang.

12 Rekomendasi Tempat Wisata di Sumatera Barat yang Wajib Dikunjungi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar