Kamis, 18 Februari 2016

10 Ulasan Tempat Wisata di Bojonegoro Jawa Timur Yang Menarik

Belakangan ini masyarakat di Indonesia sedang gencar gencarnya melakukan wisata ada yang memang hobi bertualang di alam, ada juga yang sekedar mencari tempat yang nyaman dan menarik untuk dikunjungi. Jika anda salah satu yang traveler yang menyukai pemandangan alam sekaligus keajaibannya anda wajib datang ke Bojonegoro. Anda bisa menikmati aneka Tempat Wisata di Bojonegoro yang menyajikan beragam lokasi wisata yang indah. Beberapa tempat wisata di bojonegoro yang wajib anda kunjungi adalah sebagai berikut

1. Kayangan Api di Sendangharjo

Wisata Bojonegoro - Kayangan Api di Sendangharjo
Via alamasedy.blogspot.com
Kayangan api adalah sebuah tempat wisata di bojonegoro yang menyuguhkan salah satu keajaiban alam berupa api yang tidak pernah padam sehingga api ini disebut sebagai api abadi. Kayangan api ini berlokasi di desa kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, tepatnya di desa Sendangharjo kecamatan Ngasem. Api ini sebenarnya adlah perwujudan dari gas alam yang keluar secara terus menerus dan menyebabkan terjadinya api yang tidak pernah padam. Api ini secara ajaib juga tidak padam meskipun hujan deras mengguyurnya. Anda bisa mendapatkan pemandangan menarik ini dengan menempuh perjalanan sepanjang 25 kilo meter dari arah Bojonegoro.

Selain wisata api abadi di kayangan api anda akan dapat menikmati sebuah wisata alam berupa pemandian air yang konon katanya bisa menyembuhkan segala penyakit. Air ini jika di lihat dari kejauhan akan nampak seperti air yang mendidih dan mengeluarkan bau busuk yang menusuk, akan tetapi ketika mendekat bau itu akan menghilang dan air yang nampak mendidih itu akan terasa sejuk dan dingin ketika di sentuh.

2. Waduk Pacal di Kedungsumber

Wisata Bojonegoro - Waduk Pacal di Kedungsumber
Via alamasedy.blogspot.com
Waduk Pacal adalah tempat wisata di bojonegoro berupa waduk hasil peninggalan Belanda yang didirikan sejak tahun 1933. Anda dapat mengakses waduk ini setelah melakukan perjalanan sepanjang 35 kilo meter dari kota bojonegoro. Waduk ini merupakan peninggalan masa penjajahan dan memiliki ukuran yang sangat besar sehingga memiliki nilai sejarah yang tinggi karena masih beroperasi hingga saat ini. jika anda datang ke waduk pacal anda akan merasakan hawa dan juga suasana zaman kolonial yang pekat karena arsitekur dari bangunan waduk pacal yang masih asli dan sangat kental terasa.

3. Wisata Wana Tirta Dander di Dander

Wisata Wana Tirta Dander di Dander
ayokebojonegoro.blogspot.co.id
Tempat wisata di bojonegoro ini akan terasa sangat ramai pada hari minggu. Lokasi ini dapat anda capai setelah melakukan perjalanan ke selatan sejauh 15 kilo meter dari kota Bojonegoro. Tempat ini merupakan sebuah tempat liburan utama yang dimiliki oleh daerah Bojonegoro sehingga banyak sekali keluarga yang datang untuk berlibur di taman wisata ini. hal ini juga disebabkan wisata Wana Tirta ini memiliki wahana yang lengkap dari kolam renang hingga lapangan golf.

4. Bendungan Gerak Bojonegoro

Wisata Bendungan Gerak Bojonegoro
wisata-sambil-kuliner.blogspot.co.id
Bendungan ini adalah bendungan paling besar yang ada di Bojonegoro. Pembangunannya menghabiskan biaya sebesar 351 milyar hasil pinjaman dari Japan International Corporation Agency atau JICA. Berlokasi di kecamatan Trucuk, bendungan ini memiliki banyak kegunaan. Selain untuk menyediakan air bersih untuk rumah tangga, bendungan ini juga menjaga saluran irigasi untuk sawah agar tidak kekeringan pada musim kemarau. Bendungan ini juga berpera sebagai pengontrol air bengawan solo agar tidak meluap dan menyebabkan kerusakan di sekitar sungai ketika musim penghujan datang. Selain itu bendungan in juga dimanfaatkan sebagai jematan untuk menyambungkan antara desa satu dengan desa lainnya. Selain itu bendungan ini masuk dalam tempat wisata di bojonegoro dan memang difungsikan sebagai tempat wisata.

5. Masjid Al Birru Pertiwi

Masjid Al Birru Pertiwi

Salah satu tempat wisata di bojonegoro yang berada di Dander adalah Masjid Al Birru Pertiwi, majid in imemiiki arsitektur yang menawan dan juga indah sehingga banyak digunakan untuk berteduh orang orang yang hendak melakukan ibadah sholat dan juga sebagai destinasi untuk melakukan foto. Masjid ini memiliki kubah berwarna emas dan terdiri dari 3 lantai, lantai pertama merupakan area parkir, lantai 2 untuk jamaah pria dan lantai paing atas yaitu lantai ke 3 digunakan untuk jamaah wanita. Masjid yang luar biasa besar ini di desain oleh salah saru arsitek terkenal dari jakarta bernama Oka Garis Prada.

6. Masjid Agung Bojonegoro di daerah Kauman

Masjid Agung Bojonegoro di daerah Kauman

Selain masjid Al Birru Pertiwi ada satu masjid lagi yang dimiliki oleh Bojonegoro dan merupakan masjid yang sangat luas yaitu masjid Agung Bojonegoro. Masjid ini mampu menampung 1000 orang didalamnya dan memiliki luas sekitar 2.400 meter persegi.

7. Wisata Sejarah di Museum Rajekwesi

Wisata Sejarah di Museum Rajekwesi

Museum rajekwesi merupakan museum yang digunakan untuk menyimpan fosil fosil purba, yang termasuk di dalamnya adalah fosil kepala gajah yang memeilki lebar sepanjang 25 meter. Luar biasa bukan? Fosil ini merupakan sebuah fosil yang diperkirakan dimiliki oleh gajah yang hidup sekitar satu juta tahun yang lalu. Musim ini pada awalnya merupakan kantor biasa yang berguna untuk menampung hasil temuan warga berupa benda benda dari masa lalu. Akan tetapi karen atakut benda benda bersejarah itu rusak maka bangunan atau kantor ini kemudian difungsikan sebagai sebuah lokasi museum yang hingga sekarang disebut dengan museum rajekwesi.

8. Klenteng Hok Swie Bio

Klenteng Hok Swie Bio

Salah satu lokasi wisata yang ada di Bojonegoro adalah klenteng Hok Swie Bio. Klenteng ini termasuk pada salah satu wisata religi. Klenteng ini memiliki ornamen penting berwarna merah termasuk pada kepala naganya. Klenteng ini juga dihiasi dengan bebatuan indah yang dibuat di sepanjang dinging yang menggambarkan bentuk kepala naga. Klenteng ini merupakan salah satu tempat untuk berziarah yang sangat terkenal di Bojonegoro. Klenteng ini akan sangat ramai ketika menjelang imlek. Bagi peziarah dari lokasi yang jauh anda tidak sudah kawatir karena tempat ini memiliki tempat peristirahatan sehingga anda bisa menginap dan istirahat disana.

9. Makam Wali Kidangan

Makam Wali Kidangan
pariwisatabojonegoro.wordpress.com
Di Jawa makam merupakan salah satu tempat wisata di bojonegoro atau lebih tepatnya merupakan tempat ziarah. Apalagi makam dari wali yang terkenal. Di kidangan ini sebetulnya ada 3 buah makam yang dipercaya sebagai makam wali kidangan dan juga keluarganya. Akan tetapi tidak ada yang tau persis mana makam wali kidangan yang sesungguhnya.

10. Makam Buyut dalem

Buyut dalem adalah sebutan bagi seorang pangeran yang bernama Pangeran Raden Aryo. Makam ini terletak di kelurahan Kadipaten. Di makam itu akan dilakukan berbagai upacara serupa ritual yang dilakukan setiap Rabu pahing. Makam ini disebutkan sebagai salah satu lokasi wisata religi yang dimiliki oleh Bojonegoro. Buyut dalem atau Pangeran Raden Aryo adalah putra dari Bupati Tuban. Bupatu Tuban adalah salah satu yang terlibat dalam perang kemerdekaan yaitu pada perang pajang. Beliau meninggal pada perang tersebut, karena Pangeran Raden Aryo adalah putra dari Bupati Tuban sehingga keberadaannya di sakralkan. Baca Juga Destinasi Wisata di Jawa Timur yang Menarik.

10 Ulasan Tempat Wisata di Bojonegoro Jawa Timur Yang Menarik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar