Jumat, 26 Februari 2016

10 Tempat Wisata di Salatiga dan Sekitarnya

10 Tempat Wisata di Salatiga dan Sekitarnya - Salatiga adalah salah satu kota yang menawarkan beberapa tempat pariwisata menarik di Indonesia. Kota Salatiga sendiri merupakan sebuah kota yang berada di Jawa Tengah, tepatnya berada di perbatasan antara kota Semarang dan Surakarta. Kota kecil yang ada di Jawa Tengah ini, menyuguhkan pemandangan yang begitu indah. Karena terletak tepat di kaki sebuah gunung di Jawa Tengah, yakni gunung Merbabu maka saat cuaca cerah Anda dapat menyaksikan pemandangan gunung Merbabu dari jantung kota Salatiga ini.

Walaupun hanya mempunyai 4 kecamatan, kota Salatiga ini memiliki beberapa objek wisata menarik. Adapun tempat wisata di Salatiga yang bisa Anda kunjungi sebagai berikut :

1. Rawa Pening


Tempat Wisata di Salatiga
Rawa Pening
Rawa Pening merupakan sebuah danau indah yang berada di kota Salatiga, di mana di danau ini ada banyak tanaman enceng gondok yang tumbuh. Nah, di kawasan wisata inilah terdapat 3 titik pertemuan wilayah, di antaranya Ungaran, Ambarawa dan Salatiga. Sembari menikmati indahnya pemandangan alam di danau ini, Anda juga bisa mencicipi berbagai macam kuliner yang lezat yang tersedia di resto-resto sekitar danau. Bahkan, beberapa resto di kawasan wisata ini pun menyediakan fasilitas kolam renang berikut taman berkuda untuk rekreasi keluarga tercinta.

2. Bukit Cinta


Bukit Cinta
Bukit Cinta
Bukit Cinta adalah sebuah tempat wisata yang terdapat di bagian tepi kawasan wisata Rawa Pening. Bukit Cinta ini berada di desa Kebondowo, tepatnya di Kecamatan Banyubiru. Banyak masyarakat sekitar yang percaya pada sebuah mitos di objek wisata ini. Pasalnya setiap pasangan yang belum menikah, jika datang ke tempat ini akan menyebabkan kisah cinta mereka berakhir. Namun di samping mitos yang berkembang, Bukit Cinta ini menyajikan pemandangan yang begitu menawan dengan suasana alam yang sejuk.

3. Pemandian Air Alam Muncul


 Pemandian Air Alam Muncul
 Pemandian Air Alam Muncul
Tempat wisata di Salatiga yang satu ini bisa Anda coba untuk sekedar merilekskan pikiran bersama keluarga tercinta. Pemandian Air Alam Muncul berlokasi di Desa RowoBoni, tepatnya di Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Dari kota Salatiga, objek wisata ini bisa ditempuh dengan jarak 9 km saja. Seperti namanya, Pemandian Air Alam Muncul ini memiliki air kolam yang berasal langsung dari sebuah mata air yang terletak di bagian dasar kolam, wajar rasanya jika air di kolam tersebut sangat menyegarkan. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menyaksikan ikan-ikan berukuran kecil yang sedang berenang bebas.

4. Kopeng


Kopeng
Kopeng
Jika Anda merasa jenuh dengan rutinitas pekerjaan yang semakin menumpuk, maka tempat refreshing paling tepat untuk Anda di kota Salatiga adalah Kopeng. Kopeng merupakan daerah yang ada di Salatiga dengan menyajikan pemandangan yang sangat menyejukkan. Dari pusat kota Salatiga, Anda bisa menuju Kopeng dengan menempuh jarak 14 km. Tak hanya itu saja, di kawasan wisata ini juga terdapat sebuah jalur pendakian ke gunung Merbabu. Hal ini dikarenakan desa Kopeng adalah desa wisata dengan dikelilingi gunung-gunung vulkanik di sekitarnya, seperti gunung Andong, gunung Merbabu dan gunung Telomoyo.

5. Air Terjun Umbul Songo


Air Terjun Umbul Songo
Air Terjun Umbul Songo
Salatiga memang pusatnya objek wisata alam yang eksotis yang patut dikunjungi, seperti halnya salah satu objek wisata air terjun yang dinamakan Air Terjun Umbul Songo. Air terjun ini memiliki ketinggian kira-kira 15 meter, yaitu memiliki ketinggian 1.450 mdpl. Tempat wisata di Salatiga ini tergolong masih sangat asri dan belum banyak terjamah, sebab lokasi wisatanya cukup jauh. Anda akan disuguhkan sebuah pemandangan alam yang begitu indah dan eksotis, hawa sejuk pun akan terasa saat Anda berpijak di kawasan wisata ini. Air Terjun yang banyak dikelilingi pepohonan hijau ini, terletak di desa Kopeng. Selain berjalan kaki, alternatif perjalanan menuju ke air terjun juga bisa dengan menggunakan kuda yang bisa Anda sewa di kawasan wisata ini.

6. Wahana Air Atlantic Dreamland


Wahana Air Atlantic Dreamland
Wahana Air Atlantic Dreamland
Terletak di Jalan Soekarno Hatta, Salatiga, Wahana Air Atlantic Dreamland menyuguhkan sebuah wahana rekreasi keluarga yang layak dicoba. Objek wisata yang satu ini memiliki beberapa macam wahana di dalamnya yang cocok untuk anak-anak maupun keluarga Anda. Adapun wahana yang terdapat di sini adalah Water Toys, Water Ball, Carousel, kolam renang, Water Boom, CircularTrack, FlyingFox, Coaster, ATV, BoomBoomCar dan masih banyak lagi. Adapun harga tiket masuk untuk menikmati wahana-wahana tersebut, cukup dengan membayar Rp.40.000,- sebagai tiket terusan.Tempat wisata di Salatigaini juga menyediakan beberapa fasilitas untuk para pengunjung, seperti restoran, toilet, dan tempat parkir yang luas.

Baca juga 10 Tempat Wisata di Tulungagung Jawa Timur.

7. Umbul Sidomukti


Umbul Sidomukti
Umbul Sidomukti
Sebuah objek wisata kolam renang terletak di ketinggian bukit, Umbul Sidomukti bisa Anda kunjungi bersama keluarga untuk menikmati sejuknya air kolam di sini. Kolam renang di Umbul Sidomukti, menawarkan pengalaman baru tak terlupakan, sebab lokasinya yang terletak di area puncak bukit. Sehingga Anda bisa sekaligus menikmati indahnya pemandangan alam di sekitar tempat wisata di Salatigaini. Saat cuaca cerah, maka pemandangan yang terdapat di sekitar kolam renang ini akan terlihat begitu memesona. Ada hal menarik yang ada di kolam renang ini, karena Umbul Sidomukti menyajikan wahana kolam renang bertingkatdengan 4 buah tingkatan wahana kolam renang yang bisa Anda nikmati. Anda pun bisa mencoba permainan flyingfoxsupaya lebih menikmati indahnya pemandangan sembari meluncur di ketinggian.

8. Agrowisata Salib Putih


Agrowisata Salib Putih
Agrowisata Salib Putih
Terletak di Jl. Hasanudin KM 4, Salatiga – Kopeng, Agrowisata Salib Putih menawarkan ecopark hotel dengan beragam fasilitas menarik, seperti outbound, perkebunan, dan taman bermain. Kawasan wisata di Salatiga ini juga menawarkan campingground sebagai tempat berkemah dengan suasana yang sejuk. Tak ketinggalan pula, di Agrowisata Salib Putih ini terdapat sebuah wahana kolam renang dengan pemandangan yang cantik seperti lampu-lampu malam di kota Salatiga. Selain itu, lokasi Agrowisata Salib Putih juga sangat strategis, karena hanya membutuhkan jarak 4 km saja untuk menuju kawasan wisata Kopeng.

9. Gunung Telomoyo


Jalan Menuju Puncak Gunung Telomoyo
Jalan Menuju Puncak Gunung Telomoyo
Meskipun berdasarkan administratif, lokasi gunung Telomoyo ini tidak termasuk ke dalam wilayah Salatiga namun objek wisata ini justru cukup mudah dilalui dari jalur kota Salatiga. Terlebih lagi, lokasinya begitu dekat dengan kawasan wisata Kopeng. Anda bisa menikmati sejuknya pemandangan puncak gunung di Telomoyo ini. Selain itu mulai dari bawah gunung sampai puncaknya, Anda bisa memakai kendaraan bermotor untuk menikmati suguhan pemandangan di gunung Telomoyo ini.

10. Museum Kereta Api Ambarawa


Museum Kereta Api Ambarawa
Museum Kereta Api Ambarawa
Tempat ini asalnya adalah stasiun kereta api yang digunakan secara komersial. Namun, saat ini Kereta Api Ambarawa lebih difungsikan sebagai sebuah museum ataupun stasiun kereta api untuk para wisatawan. Di tempat wisata di Salatiga ini Anda bisa mencoba kereta wisata dengan menggunakan mesin tenaga uap. Hanya saja, Anda harus menyewa satu gerbong sekaligus. Tak hanya itu saja, di stasiun ini juga terdapat sebuah lokomotif uap di zaman Belanda. Adapun bangunan di Museum Kereta Api Ambarawa ini adalah salah satu bangunan peninggalan saat zaman kolonial Belanda. Jadi, untuk Anda yang gemar berkunjung ke tempat-tempat wisata bersejarah maka Museum Kereta Api Ambarawa ini sangat cocok untuk dikunjungi! Jika kamu ingin tahu apa saja tempat wisata yang populer di Jawa Tengah kamu dapat membuka tautan berikut ini Tempat Wisata Populer di Jawa tengah.[]

10 Tempat Wisata di Salatiga dan Sekitarnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar