Kamis, 05 November 2015

Tari Tradisional Monong Kalimantan Barat Tarian Penolak Penyakit

Tari tradisional monong - Kalimantan Barat. Bumi Indonesia terkenal dengan keanekaragaman budaya, mulai dari bahasa, suku bahkan sampai pada kesenian daerah.

Untuk kali ini sahabat Jelajah Indonesia akan membahas salah satu kesenian daerah. Kesenian daerah ini berasal dari Provinsi Kalimantan Barat berupa tari-tarian kesenian tradisional yaitu tari tradisional Monong khas dari masyarakat Suku Dayak.

Beberapa informasi berkaitan dengan tari kesenian tradisional Monong dihimpun dari beberapa sumber data informasi dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, dan hasil reportase sahabat Jelajah Indonesia sesama penggiat wisata terutama wisata yang ada di Indonesia.

Kesenian Tari Tradisional Monong

Tari Tradisional Monong Kalimantan Barat
Tari Tradisional Monong Kalimantan Barat

Definisi dari tari tradisional

Tari sering diistilahkan dengan ekspresi jiwa yang ditunjukkan dengan sebuah gerakan yang biasanya sering disertai dengan alunan musik. Sebuah tarian sering sekali dimotivasi oleh sebuah peristiwa atau momen, Tarian bisa juga muncul untuk melukiskan suatu keadaan seperti keadaan perang suku zaman dulu, penghormatan pada paduka raja, pada upacara-upacara duka, atau cerminan dari sebuah penghormatan terhadap perempuan seperti yang banyak yang kita temui dalam tarian-tarian khas masyarakat Jawa.

Sedangkan pengertian tari tradisional adalah tari yang berkembang di daerah tertentu yang berpijak dan berpedoman luas pada adaptasi kebiasaan turun-temurun dan dianut oleh masyarakat pemilik tari tersebut.

Tari Tradisional Monong tarian penolak penyakit

Setiap budaya tentu memiliki tarian tradisional, termasuk budaya di Kalimantan Barat. Ada beberapa tarian tradisional yang hingga kini masih dijaga kelestariannya. tapi untuk penjelasan kali ini sahabat Jelajah Indonesia hanya akan mengulas tari tradisional Monong di Kalimantan Barat, untuk tarian kesenian daerah lainnya akan kami bahas dilain kesempatan.

Tari Monong sering juga disebut dengan tari Manang. Tari ini merupakan sebuah tari penyembuhan yang dapat menyembuhkan atau menangkal penyakit yang ada dalam tubuh si sakit. Dalam tarian ini penari bertindak seperti seorang dukun dengan menggunakan jampi-jampi. Tari tradisional ini sering digunakan sebagai tarian pembukaan atau hiburan dalam sebuah upacara atau kegiatan resmi kedaerahan.

Demikian sekilas informasi seputar tari kesenian tradisional monong, semoga informasi bisa menambah wawasan bagi anda tentang tempat-tempat wisata Indonesia atau lokasi wisata di Indonesia yang menarik dan wajib untuk dikunjungi jika anda sedang berlibur di Provinsi Kalimantan Barat.

Jangan lupa beri KOMENTAR dan klik tombol LIKE atau SHARE jika tulisan berikut ini bermanfaat dan layak untuk disebarkan sebagai informasi yang berguna kepada teman anda.

Sumber foto dan informasi :
  1. Wikipedia 
  2. Kementerian Pariwisata Republik Indonesia
  3. Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat

Tari Tradisional Monong Kalimantan Barat Tarian Penolak Penyakit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar