Senin, 02 November 2015

Keindahan Pantai Lhoknga Aceh Konon Surga Bagi Perselancar

Pantai Lhoknga - Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam. Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam terletak pada ujung paling utara dari pulau Sumatera.Jika berkunjung ke provinsi yang satu ini, sempatkanlah diri kamu untuk sejenak berwisata alam maupun berwisata kuliner.

Salah satunya adalah dengan mengunjung salah satu pantai terkenal di kota Banda Aceh yaitu Pantai Lhoknga. Pantai yang berpasir putih ini memiliki sangat cocok bagi kamu yang gemar untuk bermain selancar.

Wisata Pantai Lhoknga berada di Kecamatan Lhoknga dan terletak di pinggiran jalan nasional Banda Aceh - meulaboh. Jika posisi kamu sedang di kota Banda Aceh, kamu cukup memerlukan waktu sekitar 30 menit menggunakan perjalanan dengan roda empat maupun roda dua.

Pantai Lhoknga surga perselancar

bibir pantai lhonga yang luas

Bagi para penikmat surfing, tidak ada salahnya untuk menjadikan pantai ini sebagai tujuan liburan. Hal ini dikarenakan ombak pantai Lhoknga memiliki tinggi gelombang kurang lebih 1.5 - 3 meter sehingga cocok dan layak untuk dicoba bersurfing ria disana. Bahkan di Pantai ini telah diselenggarakan event tahunan bertajuk kompetisi Surfing Competition Series, dimana pada series VI yang diselenggarakan tahun 2014 di ikuti 32 peserta yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Pantai Lhoknga surga perselancar
Aceh surfing competition series VI (AhmadAriska.com)

Pantai Lhoknga : Apa yang bisa dilakukan?

Kamu bisa menjadikan pantai ini sebagai pilihan wisata atau rekreasi pada saat hari libur. Hamparan pasir putih yang luas dan landai sangat cocok untuk melakukan berbagai kegiatan seperti halnya bermain pasir, berjemur, bermain layang-layang dan lain sebagainya.

Jika kamu berkeinginan untuk melakukan kegiatan berenang di pantai Lhoknga disarankan untuk selalu memperhatikan daerah zona larangan yang berdasarkan keterangan penjaga pantai zona tersebut merupakan pusaran ombak berada. Dan satu lagi ciri khas dari pantai-pantai di provinsi Aceh adalah diwajibkannya bagi para perenang khususnya wanita untuk menggunakan pakaian renang yang menutupi aurat.

Pantai Lhoknga : Bagaimana akses menuju lokasi?

Lokasi pantai Lhoknga sendiri terletak di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam. Lokasi pantai ini sangat berdekatan dengan pantai Lampuuk. Jika hendak berkunjung ke sana, kamu bisa menggunakan jalur darat dari kota Banda Aceh. Dari ibu kota provinsi ini untuk menuju ke pantai membutuhkan kurang lebih 30 menit dengan jarak tempuh 22 km melewati jalur provinsi Banda Aceh - Meulaboh. Apabila menggunakan akses transportasi umum, kamu bisa menggunakan angkot jurusan Banda Aceh - Lhoknga.

Labi-labi
Labi-labi jenis transportasi umum di Banda Aceh

Pantai Lhoknga : Bagaimana dengan akomodasi dan fasilitas lainnya?

Seperti halnya tempat wisata di daerah lain, di kawasan wisata pantai yang satu ini kamu tidak perlu dipusingkan soal masalah makanan disana. Disana telah banyak kedai makanan maupun warung yang menjual berbagai makanan dan minuman. Sedangkan untuk permasalahan penginapan, untuk saat ini masih tersedia hanya di Banda Aceh.

Demikian sekilas informasi seputar menjelajahi keindahan pantai Lhoknga di Aceh, semoga informasi bisa menambah wawasan bagi kamu tentang tempat-tempat wisata Indonesia atau lokasi wisata di Indonesia yang menarik dan wajib untuk dikunjungi jika kamu sedang berlibur di Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam.

Jangan lupa beri KOMENTAR dan klik tombol LIKE atau SHARE jika artikel berikut ini bermanfaat dan layak untuk disebarkan sebagai informasi yang berguna kepada teman kamu.

Sumber foto dan informasi : travel.detik.com

Keindahan Pantai Lhoknga Aceh Konon Surga Bagi Perselancar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar