Rabu, 04 November 2015

Festival Budaya Danau Sentani Pesta Papua Nan Kaya Budaya

Festival Budaya Danau Sentani adalah festival pariwisata tahunan yang diadakan di sekitar Danau Sentani. Danau Sentani adalah danau terbesar di Provinsi Papua, dengan luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl.

Festival ini diselenggarakan sejak 2007 dan tercatat sudah 7 (tujuh) kali event festival ini diselenggarakan. Dan festival ini telah menjadi festival tahunan dan masuk dalam kalendar pariwisata utama.

Beberapa informasi berkaitan dengan wisata festival budaya danau sentani dihimpun dari beberapa sumber data informasi dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Sentani Lake Festival dan hasil reportase kawan-kawan Jelajah Indonesia sesama penggiat wisata terutama wisata yang ada di Indonesia.

Festival Budaya Danau Sentani

Festival Budaya Danau Sentani
Festival Budaya Danau Sentani

Festival Danau Sentani diselenggarakan selama lima hari, waktu penyelenggaraannya sekitar pertengahan tahun atau bulan Juni setiap tahunnya. Sebuah festival yang tentunya tidak kalah menariknya dengan festival lembah baliem ataupun festival raja ampat.

Festival Danau Sentani ini banyak diikuti oleh turis Belanda maupun turis lokal. Festival Danau Sentani diadakan pada pertengahan bulan Juni tiap tahunnya selama lima hari berturut. Pada tahun 2014 festival ini telah berhasil menjadi daya tarik wisatawan, hal ini terbukti dengan data pertumbuhan wisatawan mancanegara yang naik sekitar 10 persen dari 7,5 juta orang pada tahun 2013 menjadi 8,9 juta orang pada tahun 2014.

Festival ini diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua dengan total penari sebanyak 500 orang, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, dan sajian berbagai kuliner khas Papua. Festival Danau Sentani diikuti seluruh paguyuban di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Dari masing-masing paguyuban baik dari luar Papua maupun di Papua sendiri yang turut serta dalam pagelaran tersebut menampilkan budaya tradisional, tari-tarian tradisional yang diiringi lagu daerah.

Daya Tarik Kegiatan di Festival Budaya Danau Sentani

Tarian Budaya Isosolo

Tarian isosolo
Tarian isosolo festival budaya danau sentani

Tarian Isosolo adalah seni tarian magis dan semi kolosal khas masyarakat suku Sentani yang menggambarkan tentang kehidupan masyarakat suku Sentani. Tarian ini mencermin perasaan sukacita akan perasaan masyarakat suku Sentani dan dilakukan oleh sekelompok orang di atas perahu berkeliling dari kampung ke kampung. Untuk penjelasan lebih detail mengenai tarian ini, anda bisa membacanya di Tarian Budaya Isosolo.

Pagelaran 1000 Tifa

Tarian gema 100 tifa danau sentani
Tarian gema 100 tifa danau sentani

Pagelaran 1000 Tifa adalah pagelaran tarian yang melibatkan 1000 orang yang masing-masing orang mempermainkan alat Tifa. Alat Tifa sendiri adalah alat musik tradisional yang merupakan simbol jati diri masyarakat Papua yang tinggal di kawasan Danau Sentani. Untuk penjelasan lebih detail mengenai tarian ini, anda bisa membacanya di Tarian Gema TIfa Harmoni Kehidupan.

Berkeliling Pulau-Pulau di Danau Sentani

Berkeliling danau sentani
Berkeliling danau sentani

Danau Sentani adalah danau terbesar di Provinsi Papua. Danau ini memiliki luas sekitar 9 ribu hektar dengan gugusan pulau-pulau kecil yang tersebar di dalamnya. Di Danau Sentani anda bisa melihat salah satu satwa ikan endemik yang hidup di perairan ini, yaitu Ikan Hiu Gergaji. Ada sekitar 22 pulau dan sebagian besar dihuni Suku Sentani. Ada sekitar 24 kampung yang menempati Danau Sentani. Masing-masing kampung begitu unik dan memiliki tradisi masing-masing.

Kerajinan Kulit Kayu Pulau Asei

pulau asei
Kerajinan kulit kayu pulau asei

Pulau Asei merupakan pulau yang terkenal dengan masyarakatnya yang pandai membuat kerajinan dari kulit kayu. Pulau ini letaknya dekat dengan dermaga utama Danau Sentani, sehingga sering menjadi tujuan pertama para wisatawan. Untuk mengakses Pulau Asei anda bisa menggunakan kapal perahu dengan kisaran waktu perjalanan kurang lebih 5 menit. Untuk penjelasan lebih detail mengenai keindahan Pulau Asei, anda bisa membacanya di Pulau Asei, Kerajinan dan Sejarah di Tengah Danau Sentani. Sebuah catatan perjalanan Marischka Prudence seorang jurnalistik TV.

Akses menuju Danau Sentani

Untuk dapat mencapai Danau Sentani, Anda bisa dengan berkendara selama sekitar 30 menit ke arah barat dari kota Jayapura. Bandara Sentani, terletak sekitar 40 kilometer (25 mil) dari Jayapura. Sebagai ibu kota provinsi yang luas, Jayapura juga terhubung dengan kota-kota besar di Indonesia baik melalui udara dan laut. Anda dianjurkan untuk selalu memeriksa detail penerbangan Anda. Di luar bandara, minibus menunggu penumpang untuk pergi ke Jayapura. Harga bervariasi jadi pastikan Anda setuju dengan harganya sebelum Anda naik.

Demikian sekilas informasi seputar Festival Danau Sentani, semoga informasi bisa menambah wawasan bagi anda tentang tempat-tempat wisata Indonesia atau lokasi wisata di Indonesia dan keanekaragaman budaya di Indonesia yang menarik dan wajib untuk dikunjungi jika anda sedang berlibur di Provinsi Papua.

Jangan lupa beri KOMENTAR dan klik tombol LIKE atau SHARE jika artikel berikut ini bermanfaat dan layak untuk disebarkan sebagai informasi yang berguna kepada teman anda.

Sumber foto dan Informasi :
Sentani Like Festival
Catatan Marischka Prudence

Festival Budaya Danau Sentani Pesta Papua Nan Kaya Budaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar