Selasa, 03 November 2015

Jelajah Pantai Teluk Ijo Taman Nasional Meru Betiri

Jelajah Pantai Teluk Ijo Meru Betiri - Banyuwangi. Berkunjungi ke sebuah daerah tentu tidak lengkap jika tidak mengunjungi tempat wisata atau kuliner dari daerah tersebut.

Kali ini sahabat Jelajah Indonesia akan berbagi informasi mengenai salah satu destinasi wisata yang cukup popular di tahun 2014. Bagi kamu yang sedang bekerja atau perjalanan dinas ke Banyuwangi tentu tidak ada salahnya untuk mengunjungi wisata Pantai Teluk Ijo.

Beberapa informasi berkaitan dengan obyek wisata Pantai Teluk Ijo dihimpun dari beberapa sumber data informasi dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Panoramio.com, Balai Nasional Taman Nasional Meru Betiri dan hasil reportase sahabat Jelajah Indonesia sesama penggiat wisata terutama wisata yang ada di Indonesia.

Pesona Kedamaian dari Pantai Teluk Ijo

Pantai teluk ijo
Obyek wisata Pantai Teluk Ijo

Berkunjunglah ke Banyuwangi, Kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa ini menyimpan begitu banyak pesona pemandangan alam yang belum banyak terekspos oleh masyarakat luas. Di Kabupaten Banyuwangi tidak hanya Kawah Ijen, Alas Purwo, dan Baluran saja sebagai destinasi wisata disana. Tetapi juga terdapat sebuah teluk, dimana teluk sendiri memiliki arti sebuah tubuh perairan yang menjorok ke daratan dan dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya. Teluk di Kabupaten Banyuwangi itu disebut dengan Teluk Ijo atau Teluk Hijau.

Teluk ijo berlokasi di Kecamatan Pesanggaran tepatnya di daerah desa Sarongan. Berjarak kurang lebih sekitar 90 km arah selatan dari kota Banyuwangi. Untuk dapat mengakses pantai ini, dari Banyuwangi kita tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Pesanggaran-Sarongan-Sukamade yang masih satu jalur dengan rute menuju pantai sukamade Taman Nasional Merubetiri. Jalur Banyuwangi inilah yang sahabat Jelajah Indonesia pilih untuk kali ini menuju ke Taman Nasional Meru Betiri.

Sekilas Taman Nasional Meru Betiri

Lokasi Taman Nasional Meru Betiri
Lokasi Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri secara letak geografi terletak pada dua wilayah administrasi yaitu wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur. Karena terdapat dalam dua wilayah Kabupaten, akses menuju Taman Nasional Meru Betiri bisa melalui kedua wilayah tersebut. Kabupaten Banyuwangi bisa melewati jalur Pesanggaran diteruskan ke sungai lembu lalu masuk ke wilayah desa Sarongan. Sedangkan untuk jalur dari Kabupaten Jember, bisa kamu tempuh dengan rute Jember - Ambulu - Curahnongko - Andongrejo.

Dalam taman nasional dengan luas 55.845 Ha, kawasan taman nasional ini dibagi dalam beberapa zona diantaranya zona inti seluas 28.707 Ha, zona rimba 20.897 Ha, zona Pemanfaatan seluas 273,3 Ha, zona Rehabilitasi seluas 2.733,5 Ha, zona Tradisional seluas 285,3 Ha, zona Khusus seluas 345 Ha yang masing-masing zona memiliki peran dan fungsi yang berbeda.

Kegiatan Wisata Taman Nasional Meru Betiri

Kamu bisa menjelajahi keseluruhan dari taman nasional dengan beberapa pilihan suguhan wisata sepeti Pantai Sukamade, Pantai Teluk Ijo, Pantai Rajegwesi, Pantai Bandealit, Teluk Meru, Teluk Permisan, padang savana Sumbersari.

Daya Tarik Wisata Pantai Teluk Ijo

bicara soal daya tarik pantai teluk ijo
Pemandangan pantai yang bersih

Berbicara soal daya tarik yang bisa diberikan dari Pantai Teluk Ijo tentunya adalah keindahan pantai yang masih natural, bersih dari sampah, dan warna air laut yang dampak kehijau-hijauan. Warna air laut yang tampak hijau ini disebabkan karena keberadaan tumbuhan alga yang terdapat di dasar perairannya yang dangkal.

Di Teluk Ijo keindahan pemandangannya yang alami dapat dilhat sepanjang mata memandang. Udara segar dari pantai yang dipadu udara segar dari hutan hutan tropis Taman Nasional Meru Betiri, memberikan sensasi yang mengesankan. Pemandangan dari atas bukit disamping teluk juga mengagumkan. Nah jika kamu kebetulan ada di banyuwangi, Teluk Ijo merupakan tempat yang paling cocok untuk memuaskan kejenuhan kamu dari kesibukan kantor ataupun sekolah kamu sehari-hari.

Perjalanan ke Pantai Teluk Ijo

Seperti penjelasan di atas, bahwa Pantai Teluk Ijo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Maka kebijakan dan peraturan yang berkaitan dengan aktivitas kamu di dalam kawasan diatur oleh Badan Taman Nasional Meru Betiri (BTNMB). Salah satunya adalah tidak diperbolehkannya menginap atau camping dalam area pantai Teluk Ijo. Hal ini didasari atas faktor keamanan kawasan yang banyak dihuni satwa-satwa liar seperti macan tutul, banteng kera ekor panjang, kumbang hitam, dll.

Karena informasi perjalanan disini di lalui dengan memilih jalur lewat Banyuwangi, maka rute tujuan akhir adalah Desa Sarongan. Tidak perlu bingung, dari Banyuwangi kamu bisa mengambil jalur ke arah Pesanggaran, jika sudah memasuki daerah tersebut kamu bisa mengikuti arah petunjuk ke Desa Kandangan.

Pantai rajegwesi Banyuwangi
Pantai rajegwesi Banyuwangi - www.travel.detik.com

Lalu ambil jalur yang ke arah desa Sarongan. Dari Desa Sarongan inilah kamu akan menemui petunjuk papan arah bertuliskan Pantai Rajegwesi. Ikuti saja arah petunjuk pantai tersebut sampai kamu menemui sebuah hamparan pantai Rajegwesi yang luas. Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, disarankan untuk memarkirkan kendaraan di sekitar pantai tersebut. Setelah itu kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Teluk Ijo.

Berjalan kaki / Trekking

Akses jalan setapak menuju pantai teluk ijo
Akses jalan setapak menuju pantai teluk ijo

Kamu harus mempersiapkan fisik untuk melanjutkan perjalanan ke Teluk Ijo karena start point di mulai dari pantai Rajegwesi, Kamu masih harus trekking ke dalam hutan sekitar 1-2 jam. Jalan yang harus kamu lalui lumayan menantang, apalagi jika cuaca sedang hujan karena akses jalan cenderung becek dan berlumpur.

Sebenarnya ada cara untuk mempersingkat waktu tempuh jika pilihan berjalan kaki. Yaitu bisa menggunakan jasa antar ojek dengan biaya sekitar Rp 15.000,- sampai pada batas terakhir kendaraan yang bisa dilalui. Seperti yang tampak pada gambar di bawah ini, adalah jalur dimana kamu tetap harus melakukan perjalanan kaki, karena tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan apa pun.

Menyewa perahu nelayan dari Pantai Rajegwesi

Akses pantai teluk ijo menggunakan perahu
Akses pantai teluk ijo menggunakan perahu

Pilihan untuk menggunakan jasa sewa atau antar perahu bisa menjadi alternatif bagi kamu yang tidak terbiasa untuk berjalan kaki selama 1-2 jam atau untuk sekedar menghemat waktu saja. Kamu bisa menyewa perahu untuk pulang - pergi dari Teluk Ijo dengan start point di Pantai Rajegwesi. Biaya sewa perahu terakhir yang sahabat Jelajah Indonesia ketahui sekitar Rp 35.000, - per orang dengan waktu tempuh 15 menit.

Atau jika kamu ingin menikmati sensasi dari kedua jalur tersebut kamu bisa melakukan tips seperti berikut, untuk awal keberangkatan bisa menggunakan akses jalan darat atau trekking lalu ketika pulang bisa menggunakan sewa perahu. Untuk sewa perahu yang hanya sekali jalan biayanya sekitar Rp 25.000,-
sewa perahu di pantai rajegwesi

Kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Teluk Ijo

Bermain pasir pantai dan menikmati pemandangan laut lepas

Papan lokasi pantai teluk ijo
Papan lokasi pantai teluk ijo

Karena letak pantai yang langsung menghadap Samudra Hindia, pantai ini memiliki ombak yang cukup besar. Namun jangan khawatir bagi kamu yang memiliki anak kecil untuk diajak mengunjungi pantai ini, karena walaupun ombak pantai ini besar, ombak tersebut tidak akan sampai bibir pantai, sehingga aman bagi anggota keluarga.

Berenang atau snorkeling

Bagi kamu yang mahir berenang atau snorkeling, hal ini bisa kamu lakukan di Pantai Teluk Ijo

Memancing

Aktifitas lain yang ditawarkan di pantai ini, selain snorkeling dan bermain pasir, adalah memancing di lautan luas. Kamu akan menemukan dermaga yang dipenuhi oleh kapal-kapal nelayan tidak jauh dari pantai. Di sini, kamu bisa berbelanja ikan segar hasil tangkapan langsung dari para nelayan.

Akomodasi / Penginapan di Pantai Teluk Ijo

Sampai informasi ini di terbitkan, saat ini belum ada informasi berkenaan dengan tempat penginapan di daerah dekat Pantai Rajegwesi. Penginapan hanya ada di Pantai Sukamade dan itu pun jauh dari Pantai Teluk Ijo.

Demikian informasi seputar Pantai Teluk Ijo Banyuwangi , semoga informasi bisa menambah wawasan bagi kamu tentang tempat-tempat wisata Indonesia, lokasi wisata di Indonesia dan keanekaragaman satwa atau fauna di Indonesia yang menarik dan wajib untuk dikunjungi jika kamu sedang berlibur di Provinsi Papua.

Jangan lupa beri KOMENTAR dan klik tombol LIKE atau SHARE jika tulisan berikut ini bermanfaat dan layak untuk disebarkan sebagai informasi yang berguna kepada teman kamu.

Sumber foto dan informasi :
Balai Taman Nasional Meru Betiri
Panoramio

Jelajah Pantai Teluk Ijo Taman Nasional Meru Betiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar