Senin, 02 November 2015

Fenomena Keberadaan Hiu Gergaji Sebagai Satwa asli Danau Sentani

Mengenal Hiu Gergaji Satwa Asli Danau Sentani - Papua. Salah satu fenomena Danau Sentani adalah adanya keberadaan satwa asli yang hidup di perairan Danau Sentani.

Satwa asli Danau Sentani tersebut adalah Hiu Gergaji dengan nama latin Pristis microdon, ikan ini yang populer dengan sebutan pari atau hiu sentani ini memang hidup dan endemik di Danau ini. Danau Sentani terdapat di Provinsi Papua dan lebih tepatnya terletak di dekat Jayapura, ibu kota Papua.

Ikan yang tergolong ikan air tawar ini berkembak biak dengan cara ovovivipar. Ovovivipar adalah salah satu cara berkembang biaknya hewan yaitu dengan cara bertelur dan beranak, embrionya berkembang di dalam telur, dan telur tetap berada di dalam tubuh induknya sampai telur menetas. Hiu gergaji memiliki bentuk hampir sama dengan ikan Sawshark.

Hiu Gergaji Danau Sentani

Danau Sentani habitat dari hiu gergaji

Berdasarkan situs Wikipedia Indonesia, Hiu gergaji dideskripsikan sebagai ikan yang senang memangsa ikan-ikan berukuran sedang atau yang berbadan lebih kecil. Ukuran tubuh hiu gergaji sendiri lumayan besar, mampu mencapai 6,6 meter. Mulutnya yang diselimuti gerigi tajam cukup ampuh untuk melumpuhkan mangsanya dalam sekejap mata. Padahal menurut beberapa ahli, pandangan mata hiu gergaji tidak terlalu baik, bahkan cenderung buram. Mereka lebih mengandalkan daya penciumannya yang lumayan tajam.

Ikan ini mempunyai 14 hingga 22 gigi gergaji di setiap sisi, dimana digunakan sebagai alat mencari makanan, dan juga alat pertahanan terhadap musuhnya. Tubuhnya tergolong ramping dibandingkan dengan hiu sejenis. Ini menyebabkan mereka bisa berenang dengan kecepatan di atas rata-rata dan dengan mudah melesat mengejar mangsa. Tubuh hiu jenis ini berwarna hitam keabu-abuan. Bagian bawah tubuhnya berwarna lebih pucat atau keputih-putihan. Warna tubuhnya cukup beragam, tergantung di mana habitat mereka.

Hiu Gergaji Satwa Asli yang Dilindungi

Pada tahun 2013 yang lalu, Ikan hiu gergaji ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2013 sebagai satwa nasional dan termasuk dalam daftar satwa yang dilindungi dan wajib dijaga dari kepunahan dan kelangkaan.

Demikian sekilas informasi seputar hiu gergaji Danau Sentani, semoga informasi bisa menambah wawasan bagi kamu tentang tempat-tempat wisata Indonesia, lokasi wisata di Indonesia dan keanekaragaman satwa atau fauna di Indonesia yang menarik dan wajib untuk dikunjungi jika kamu sedang berlibur di Provinsi Papua.

Jangan lupa beri KOMENTAR dan klik tombol LIKE atau SHARE jika artikel berikut ini bermanfaat dan layak untuk disebarkan sebagai informasi yang berguna kepada teman kamu.

Fenomena Keberadaan Hiu Gergaji Sebagai Satwa asli Danau Sentani Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

2 komentar:

  1. Hiu ini sbenarnya sudah ada sejk era Cretaceous, dan Spinosaurus berburu hiu ini, maka hiu ini termasuk kedalam fossil hidup!

    BalasHapus
  2. Hiu ini sbenarnya sudah ada sejk era Cretaceous, dan Spinosaurus berburu hiu ini, maka hiu ini termasuk kedalam fossil hidup!

    BalasHapus