Kamis, 05 November 2015

7 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi

7 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi - Anda penggemar traveling? Anda sering mengunjungi tempat wisata di Indonesia? Bagaimana dengan tempat wisata di Palembang? Jangan mengaku hobi jalan-jalan, jika Anda belum menjajakan kaki di Kota dengan makanan khas pempek ini. Yah Palembang memang mempunyai seribu cerita indah, kota yang merupakan ibokota provinsi Sumatra Selatan ini mempunyai banyak keindahan wisata yang wajib kita kunjungi. Wisata di Palembang memang mengasyikan, dapat memanjakan mata dan memuaskan batin kita. Tak ada salahnya kita mengunjungi tempat wisata di Palembang satu per satu. Mulai dari wisata alamnya, wisata religinya, sampai pada wisata sejarah semua ada di Palembang.

Terdapat banyak tempat wisata di Palembang yang dapat menjadi referensi tujuan wisata kita. Semuanya mempunyai keindahan dan keunikan masing-masing. Wisata alam yang menyajikan keindahan alamnya, wisata religi yang mempunyai dampak possitif bagi wisatawannya dan juga wisata sejarah, yang mana dapat mengingatkan kita tentang kisah lampau serta sebagai bukti peninggalan sejarah di masa sekarang. Tidak perlu lama lagi, sekarang mari kita simak 7 tempat wisata di Palembang yang wajib kita kunjungi.

1. Jembatan Ampera

7 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi
Jembatan Ampera
Tempat wisata pertama diduduki oleh Jembatan Ampera. Kita semua tentu tahu dan pernah mendengar tentang Jembatan Ampera? Yah, ini adalah ikon kota Palembang.Jembatan Merah ini merupakan lambang kota Palembang yang dibangun pada tahun 1962 dan membutuhkan waktu sekitar tiga tahun dalam penyelesaiannya. Jembatan Ampera memiliki panjang 1.177 meter yang dibangun di atas Sugai Musi dan merupakan penghubung antara seberang ulu dan seberang ilir. Wisatawan dapat menikmati keindahan yang menakjubkan. 

Terlebih lagi jika datang pada malam hari, lampu-lampu yang menyala menambah keeksotisan objek wisata ini. Wisatawan yang datang pun tak jarang untuk mendokumentasikan momen indahnya, baik pada saat diterangi cahaya matahari maupun cahaya rembulan. Selain menikmati keindahan tempat wisatanya, di dekat Jembatan Ampera juga terdapat pasar yang menyediakan oleh-oleh atau souvenir khas Palembang. Bagi wisatawan yang lapar pun tidak perlu khawatir karena di pasar tersebut juga menyediakan berbagai macam makanan yang dapat dinikmati dan mengisi kekosongan pada perut.

2. Sungai Musi

Sungai Musi
ruliamrullah.wordpress.com
Sempat disinggung namanya pada penjelasan sebelumnya, Sungai Musi ini memang tidak terlepas keberadaannya dari Jempatan Ampera. Sungai Musi ini merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatra dengan panjang 750 km. Terdapat beberapa objek wisata yang berada di tepi Sungai Musi seperti kampung arab, benteng kuto besak dan restoran terapung. Restoran yang tempatnya unik ini tak jarang disinggahi wisatawan untuk beristirahat dan menikmati sajian masakannya. 

Salah satu tempat wisata di Palembang ini menjadi destinasi wisata yang wajib kita kunjungi, karena seperti pepatah “sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui”, selain mengunjungi Sungai Musi, kita juga dapat menikmati keindahan objek wisata lainnya yang berada dekat sungai ini.

3. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro
Pulau Kemaro
Pulau Kemaro merupakan pulau yang berada di tengah Sungai Musi. Keberadaannya cukup terkenal bagi para wisatawan. Di dalamnya terdapat beberapa hal unik, salah satu contohnya adalah adanya pohon cinta. Konon katanya, sesuai kepercayaan masyarakat setempat jika sepasang kekasih mengukir namanya di pohon cinta ini, maka kisah percintaannya akan langgeng. 

Selain itu, di Pulau kemarau juga terdapat vihara yang sering didatangi oleh umat Buddha untuk beribadah. Di sini juga terdapat makan seorang putri Palembang. Cerita yang terdengar mengatakan bahwa putri ini menikah dengan anak raja dari China dengan mas kawin 9 guci emas. Namun sayang sekali, akhir cerita yang menyedihkan, putri dan suaminya tersebut menerjunkan diri mereka ke sungai dan akhirnya tenggelam.

4. Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Taman Hutan Wisata Punti Kayu
Taman Hutan Wisata Punti Kayu, infokitonian.blogspot.co.id
Tempat wisata di Palembang yang satu ini terletak 7 km dari pusat kota, dikenal dengan nama Taman Hutan Wisata Punti Kayu. Seperti halnya namanya, hutan ini termasuk hutan wisata dan merupakan satu-satunya hutan wisata di Palembang. Hutan wisata punti kayu menjadi tempat favorit bagi liburan keluarga. Suasananya yang sejuk dan damai, membuat keluarga merasa nyaman untuk berlama-lama di sini. Fasilitas yang ditawarkan di taman hutan wisata punti kayu cukup lengkap, kita dapat bermain perahu, bermain di taman dan yang paling penting kita dapat melakukan piknik dengan keindahan alam yang memesona. Dengan begitu, dapat melepas dari beban apapun yang hinggap di pikiran.

5. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak
Benteng Kuto Besak
Tempat wisata benteng kuto besak ini menjadi kebanggan warga Palembang. Kekokohan bangunannya menjadi saksi perjuangan melawan para penjajah pada zaman dahulu. Hal yang unik di sini adalah dinding-dindingnya yang terbuat dari batu. Hal tersebut yang menjadikan benteng ini lain dari pada lainnya karena satu-satunya benteng yang memiliki dinding batu. Pada zaman dulu, benteng ini dijadikan sebagai benteng pertahanan dari musuh. Tapi lepas dari cerita sejarah di dalamnya, Yah, benteng ini berdiri tetap berdiri kokoh, menawarkan keindahan pemandangan. Di sini, kita juga dapat melihat barisan kapal layar yang berada di Sungai Musi menambah nilai keindahan tempat yang menarik untuk dikunjungi.

6. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin
Kita dapat melakukan wisata religi di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin. Arsitektur bangunannya merupakan perpaduan dari Indonesa, Eropa dan China. Masjid ini adalah masjid terbesar di Palembang yang dapat menampung sekitar 15.000 jamaah, tentu tepat sebagai destinasi wisata bagii kaum muslim. Selain tujuan utama yaitu melakukan ibadah di Masjid dan juga mengetahui seluk beluk Masjid beserta sejarahnya, wisatawan pun dapat membeli makanan enak khas Palembang. Tidak jauh dari Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin, terdapat pasar yang menawarkan makanan khas Palembang dan tentu sayang kalau kita lewatkan.

7. Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak
Taman Kambang Iwak, tiket.com
Taman Kambang Iwak merupakan tempat wisata di Palembang yang menunjukan bukti sejarah peninggalan pada masa penjajahan Belanda. Taman Kambang Iwak ini menyuguhkan panorama yang indah, terlebih jika dinikmati pada malam hari, warna-warni air mancur bergoyang memanjakkan mata yang melihatnya. Selain itu, pada pagi hari juga banyak orang-orang berlari pagi mengelilingi taman ini. Sepertinya, tempat wisata ini memang cocok bagi anak muda yang sekedar berkumpul dengan teman-temannya dan berbagi cerita. Di sini juga terdapat berabagai macam permainan dan deretan restoran yang dapat dimanfaatkan untuk berkumpulnya anak muda dan juga keluarga. Tunggu apalagi, segera kita buktikan dengan mengunjunginya segera.

Bagaimana dengan 7 tempat wisata di Palembang yang sudah dibahas di atas? Tertarik bukan untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut? Tergiur bukan untuk segera pergi ke kota Palembang? Selain kekhasan kulinernya, Palembang memang mempunyai daya tarik wisata yang tinggi, sehingga membuat para wisatawan ingin segera mengunjungi di setiap sudut kotanya. Potensi wisata yang ada di sana wajib kita jaga Anda semua tentu sudah selesai membaca informasi di atas bukan? sekarang mari kita laksanakan, kunjungi tempat wisata di Palembang. Kapan? Secepatnya. Buruan datang ke Palembang dan nikmati keindahan tempat wisatanya. Baca juga 9 Daftar Tempat Wisata di Medan yang Menarik Didatangi.

7 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar