Sabtu, 07 November 2015

Nasi Rawon Kuliner Istimewa Khas Surabaya Dan Cara Membuatnya

Nasi Rawon - kuliner khas Surabaya. Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Timur dan kota terbesar kedua di Indonesia. Jika anda atau sahabat Jelajah Indonesia sedang berkunjung ke kota Surabaya, tentunya tak lengkap jika tanpa mencoba mencicipi salah satu masakan khas kota tersebut.

Makanan Rawon atau lebih dikenal dengan nasi rawon merupakan sajian menu makanan berupa sup daging sapi. Dimana kuah dari sup daging sapi tersebut berwarna hitam kecokelatan. Kuah yang berwarna hitam kecokelatan didapat dari olahan bumbu dasar berbahan kluwek.

Untuk racikan bumbu rawon sangat mudah kita temui di pasar-pasar tradisional. Bahan bumbu rawon antara lain bawang merah, bawang putih, lengkukas (laos), ketumbar, serai, kunir, lombok, keluak, kemiri, daun jeruk, dan garam. Untuk menambah aromanya, lengkapi dngan daun bawang merah.

Rawon sendiri biasanya sering disajikan dengan disertai nasi, kecambah pendek dan sambal goreng yang pedas. Sangat cocok dimakan pada saat kondisi hujan sebagai penawar hawa dingin yang menggigil, karena makanan nasi rawon lebih mantap disajikan saat sedang hangat.

Cara membuat nasi rawon di rumah

Anda bisa membuat masakan kuliner nasi rawon sendiri di rumah anda. Karena untuk bumbu dasar rawon sangat mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional dekat dengan tempat tinggal anda. Untuk resep cara membuat masakan kuliner nasi rawon adalah sebagai berikut :

Bahan dan Resep Nasi Rawon

Nasi Rawon Khas Kuliner Surabaya
Nasi Rawon Khas Kuliner Surabaya

Bahan dasar :

  1. 300 gram daging sapi, potong bentuk dadu (sesuai selera)
  2. 4 lembar daun jeruk
  3. 2 lembar daun salam
  4. 1 batang serai, memarkan
  5. 2 centimeter lengkuas, memarkan
  6. garam dan merica secukupnya
  7. 6 gelas air
  8. Minyak untuk menumis

Bumbu rawon (dihaluskan):

  1. 4 butir bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 4 butir kemiri
  4. 5 buah kluwek, ambil isinya
  5. 2 buah cabe merah, buang isinya

Pelengkap :

  1. Tauge pendek warna putih yang masih muda
  2. Sambal terasi
  3. Kerupuk
  4. Telur Asin

Cara Membuat Rawon

  1. Panaskan 2 sendok makan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk hinga harum baunya. Tambahkan garam serta merica secukupnya.
  2. Selanjutnya rebus 6 gelas air pada sebuah panci masukkan bumbu yang telah ditumis, masukkan daging, rebus hingga masak atau daging cukup empuk. Tambahkan air secukupnya.

Saran penyajian:

Untuk dimangkuk, masukkan tauge pada mangkuk, siram dengan kuah plus dagingnya
Untuk nasi rawon, ambil nasi dipiring, taburi tauge diatas nasi selanjutnya siram dengan kuah plus dagingnya

Demikian sekilas informasi seputar masakan kuliner nasi rawon khas surabaya, semoga informasi bisa menambah wawasan bagi anda tentang tempat-tempat wisata Indonesia atau lokasi wisata di Indonesia yang menarik dan wajib untuk dikunjungi jika anda sedang berlibur di Provinsi Jawa Timur atau Kota Surabaya.

Jangan lupa beri KOMENTAR dan klik tombol LIKE atau SHARE jika artikel berikut ini bermanfaat dan layak untuk disebarkan sebagai informasi yang berguna kepada teman anda.

Sumber foto dan informasi :
  1. Wikipedia Indonesia

Nasi Rawon Kuliner Istimewa Khas Surabaya Dan Cara Membuatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar